Sunday, October 8, 2017

Touring Kecil-kecilan Keliling Pulau Bintan [Wisata Bintan]

Berawal dari secangkir Kopi, gue dan beberapa teman saat itu lagi berkumpul dan bercerita menghabiskan waktu senja di sebuah warung kopi dekat rumah. Disana kami ngobrolin berbagai macam hal dan salah satu obrolannya yaitu tentang jalan-jalan. Salah satu teman gue, mempunyai ide mengajak gue dan teman yang lain untuk mengisi liburan terakhir dengan jalan-jalan keliling pulau bintan. Pada saat itu liburan idul fitri. Berkunjung ke tempat wisata-wisata yang ada di pulau bintan. Dan serentak kami semua setuju dengan usulan temen gue ini. *sambil serut kopi.

Kami-pun mulai berdiskusi tempat mana aja yang akan dikunjungi, jam berapa kumpul dan berangkatnya. Sedikit informasi ini iya, pulau bintan adalah sebuah pulau yang berada di provinsi kepulauan riau.

Singkat cerita, keesokan harinya. Waktu itu kami semua sepakat untuk gerak atau berangkat jam 9 pagi, katanya biar puas jalan-jalannya, gitooh.

Tapi nih iya, gue ini hampir saja batal ikutan dengan mereka, teman-teman gue untuk liburan terakhir di hari raya idul fitri. Berkeliling wisata yang ada di pulau bintan.

Waktu itu, pagi-paginya ada kendala di gue sendiri, yaitu motor gue mogok dan tidak mau dihidupin. Motor gue yaitu Mio lama, biasalahkan permasalahannya, tidak bisa distarter dan tidak mau hidup. Dan pagi-pagi itu gue langsung bergegas ke bengkel yang dekat di daerah rumah gue, untuk memperbaiki motor gue ini. Yaghh gue sampai pesimis tidak bakalan ikutan, jadi gue pun menyuruh teman gue untuk pergi duluan. Gue kira nih motor gue akan di opname di bengkel, tapi alhamdulillah motor gue kembali sembuh dengan waktu yang tidak begitu lama dan baiknya lagi temen gue mau menunggu gue untuk memperbaiki motor. Dan gue pun akhirnya bisa ikutan 😁

Setelah berkumpul, kami semua mulai bergerak Lambat satu jam yaitu jam 10 pagi, yah itu semua karena gue. 🙇🙏

Kami siap untuk jalan-jalan

Disini gue pergi bersama teman-teman gue, kami kisaran delapan orang dan empat motor yaitu gue sendiri, bang Deri, bang Izen, Mas Catur, Wawan buy, Dedek Ijul, Rio dan Febri.

Kami semua mulai menggas motor masing-masing, jalan-jalan keliling pulau bintan pun dimulai. Untuk menuju tempat wisata yang ada di pulau bintan, diperjalanan kita akan terhibur dengan pemandangan di sekeliling jalan pulau bintan. Pulau bintan merupakan sebuah pulau yang menurut gue pulau yang sangat indah, pemandangan dan tempatnya sangat bagus. Jadi selama perjalanan kami memandangi lukisan alam (Pemandangan yang enak untuk dilihat).

Setelah sekitaran satu setengah jam-an lebih, kami semua sampai di ketempat tujuan pertama. Wisata yang pertama atau rute yang pertama kami kunjungi adalah Wisata Danau biru atau telaga biru.

1. Wisata Danau Biru, Sei Lepan- Kabupaten Bintan - Kepulauan Riau

Untuk memasuki tempat ini, setelah melewati jalan aspal Lintas barat - Pulau Bintan, kita harus melewati jalan tanah, setelah itu juga harus menyeberangi sungai, dengan menggunakan getek atau popcay. Karena ditempat ini tidak ada jembatan penghubungnya. Jadi harus menyebrangi sungai dengan getek atau popcay. Biaya geteknya dihitung dengan jumlah kendaraan, bukan orangnya. Cukup murah lah, biaya untuk motor dikenakan tarif Rp. 5000,- permotor dan Rp. 10.000,- Per satu mobil, ini untuk sekali sembrang iya, karena kami semua menggunakan motor jadi dapat tarif Lima ribu rupiah per motor sekali seberang, karena pulang pergi jadi totalnya dikenakan cuma sepuluh ribu rupiah.

Naiki Getek atau Popcay

Setelah menyeberangi sungai melalui sampan getek atau popcay, kita harus jalan lagi beberapa meter untuk sampai ketempat wisata danau biru tersebut.

Setelah beberapa menit perjalanan, dan akhirnya sampai juga ketempat wisata telaga biru atau masyarakat setempat sering menyebutnya Danau biru.

Penampakan Danau Biru

Telaga biru atau Danau biru adalah dulunya sebuah tempat penambangan pasir, sisa-sisa penambangan pasir yang membuat sebuah kubangan besar yang menjadi sebuah telaga atau danau, warna telaganya berwarna biru, jernih dan sekarang menjadi tempat wisata baru yang sering disebut dengan Danau biru

Lokasi Danau biru terletak di Sei Lepan, Kawal, Tanjunguban, kabupaten Bintan - Kepulauan Riau

Untuk biaya masuknya, masing-masing orang dikenakan biaya sekitar Rp. 5000,-

Ditempat danau biru ini, kita tidak hanya bisa melihat pemandangan danau biru yang cukup bagus, menurut gue. Di tempat ini, juga terdapat berbagai macam wahana tempat untuk bertamasya dan berrekreasi. Ditempat ini terdapat Gazebo-gazebo yang tersebar di pinggir danau. Rumah Pohon yang juga cukup banyak di pinggiran danau, tempat atau View Photogenic atau Instagramble. Dan juga kalau kalian ingin mengilingi danau , tersedia juga sampan kayu, sampan kodok2, dan Sampan Cano.

Untuk memanikan wahanna yang ada disini, pengunjung harus rela membayar lebih untuk menyewa per jam-annya.

Suasana di Danau Biru

Lukisan Alam "Danau Biru"

Gue dan temen gue pun memilih untuk duduk cantik beristirahat dirumah Pohon, sambil menikmati pemandanga danau yang indah. Tempat rumah pohon ini bagus menurut gue. Bicara  tentang rumah pohon jadi keinget dulu pas jaman kecil, masih main hutan, nembak burung pakai ketapel, setelah itu ketemu pohon dijadikan rumah seadanya dengan desain seadanya, abis itu rumah pohon dijadikan markas. Duhh jadi kangen 😂😆

ada yang sama kayak gini ngak iya ?.

Lagi diatas pohon *nyantaii

Nyantaii Dulu

Nyantai sambil lihat pemandangan danau biru

Ini Mas Catur rencananya mau berenang 😂

Setelah rehat beberapa menit, tidak sampai satu jam. Kami semua-pun melanjutkan perjalanan ketempat wisata yang kedua yaitu Wisata Hutan Mangrove.

Berpassan pada saat itu sekitaran jam 12.30 memasuki jamnya sholat zuhur, sebelum berangkat ketempat kedua, kami semua menyempatkan Sholat Zuhur di daerah dekat wisata danau biru tersebut. Selesai sholat kami bergegas, bergerak, melanjutkan perjalanan ketempat yang kedua.

2. Wisata TRC Mangrove, Sei Kecil - Kabupaten Bintan - Kepulauan Riau

Untuk menuju lokasi yang kedua ini, lokasinya lumayan jauh dari tempat pertama, Wisata danau Biru. Kita harus mutar jalan, kembali kejalan sebelumnya melewati lintas barat - pulau bintan kemudian memasuki persimpangan wisata lagoii. Dipersimpangan lagoii, karena belum ada yang makan siang, perut pada bunyi semua, kami singgah sebentar ke warung makan padang atau warung makan yopy, makan siang dulu, Ngisi stamina. Setelah selesai makan dan kami-pun melanjutkan perjalanan. Kisaran jam dua lewat, kami nyampai ketempat tujuan. Tujuannya yaitu Wisata TRC Mangrove resort.

Perjalanan Mau ke Tempat TRC Mangrove

Gerbang TRC Mangrove

Untuk melewati jalan ini, kita melalui jalan aspal teluk sebong. Kemudian lewat jalan tanah dan melewati gerbang wisata mangrove tersebut, gerbangnya unik, seperti rumah. Dan terbuat dari kayu. untuk biaya masuk wisata TRC mangrove ini perorangnya diwajibkan membayar biaya masuk sebesar Rp. 5000,-  setelah melewati gerbang, kita masih harus jalan beberapa meter dan sampai lah ketempat wisata Mangrove.

Tiket masuk

Wisata TRC Mangrove ini terletak di utara pulau bintan, dan di tepi pantai. Jadi selain melihat hutan mangrove kita bisa juga melihat pantai di daerah mangrove tersebut.

Suasana di TRC Mangrove

Pantai di Dekat TRC Mangrove

Di TRC Mangrove ini banyak berbagai wahana dan juga terdapat sebuah resortnya yang menyediakan aneka makanan seafood. Tempat ini juga terdapat gazebo dan pondok yang tersebar di sekeliling mangrove tersebut.

Jadi untuk kalian yang mau piknik kesini, kalian bisa sambil kulineran. Baik itu pesan di tempat ini atau-pun membawa makanan sendiri. Sambil duduk santai di gazebo dan melihat pemandangan mangrovenya.

Bicara Mangorve, gue jadi teringat Pemain sepak bola Cristiano Ronaldo datang ke Indonesia. Beliau di undang Presiden saat itu SBY dan dinobatkan sebagai duta Mangrove indonesia. Didaerah gue ada beberapa Wisata Mangrove, ada yang masih terawat sampai sekarang ada juga yang tidak terurus. Dan lagi Ketika gue blogwalking ke teman-teman Blogger, kayaknya banyak yang menceritakan wisata mangrove di tempatnya masing-masing. Sepertinya Ronaldo sukses jadi duta mangrove.

Di tempat ini, kita tidak cukup lama, hanya kisaran setengah jam. Cekrek-cekrek ngabadiin foto, istirahat sebentar dan duduk santai di tempat duduk kayu yang di sediakan di tempat tersebut.

Lagi duduk Nyantaii

Setelah di wisata hutan mangrove ini, kami pun melanjutkan perjalanan ketempat ketiga yaitu orang setempat menyebutnya Patung Penyu Raksasa. Penasaran dengan tempatnya tungguin cerita di part 2 nya iya 😄😊

Oppss sampai disini dulu iya ceritanya, perjalanan kami masih panjang sih, hehe 😂 gue nyambungin ke postingan Part Duanya iya  😁😂 ngikut trend seperti blogger-blogger lain 😅 piss

1. Untuk aja temannya mau nungguin ya, Mas, dan itu si mio bisa segera sembuh untuk bisa di ajak otw..hehe

Naik geteknya cukup terjangkau juga ya, Mas, masuknya. Benar-benar biru ya airnya, wajar namanya danau biru.

Jadi pengen ngadem di rumah pohon gitu, Mas, asik kaykanya..he
    Aku jadi lebih penasaran sama wisata Patung Penyu Raksasa. Ditunggu part 2 nya, Mas..

1. Iya ndi, untung mau ditungguin.
      Jadi bisa ikutan

2. Itulah sahabat, Mas, kalau mau nungguin kan jadi bisa liburan bareng :)

2. Danau Birunya cantik banget....
    Jadi pengen ke pulau Bintan deh.
    Oh iya, saya juga penasaran tuh sama penyu raksasa. Ditunggu cerita selanjutnya.

1. Tunggu iya mbak, hehe patung penyu raksasanya nanti di ceritakan di postingan selanjutnya

3. Itu danau biru emang biru banget ya? Bagus pemandangannya :)
    Touring naik motor emang the best lah :D

Ditunggu cerita part 2 nya ya mas ;)

1. Iya nih bayu touring naik motor, emang mengasikan, hehe

4. Saya lebih suka dan tertarik dengan danau birunya. Benar-benar biru. Belum pernah saya menjumpai danau seperti ini. KAdang ya itu bikin jengkel jika tiba-tiba motor ngadat tidak tahu permasalahan dan penyebabnya. Mau tidak mau harus kebengkel. Bikin jengkel.

1. Haha, betul betul tu mas. Motor mogok bikin jengkel, hehe :-)

5. SERU BANGET! Danau birunya cakeeeep!

6. wah baguuus
    aku suka mangrovenya
    seger itu meski panas
    ajak aku mas ajak aku heuheu

1. Sini mari ke Pulau bintan mas ikrom. Ntar di ajak deh, hehe :-)

7. Danaunya yang berwarna biru pasti jadi daya tarik tersendiri..

1. Iya nih mang, danau birunya yang menjadi daya tarik wisatawan.

8. suka dengan hutan mangrovenya, asyik touring konvoi motor
    Sedikit kendala teratasi si mio akhirnya nggk ngambek lagi hehe

9. Sumpah aernya biru benerrrr, jd agak nyaru sama warna langit euy.
    Bole lah mampir klo pas main ke pulo seberang

10. Replies
    1. Kepulauan riau mas lebih tepatnta, hehe. Iya emang mempesona :-)

11. Asik, turing tipis-tipis bareng temen. Untung motornya udah beres dibenerin ya. Bisa batal touring kalo musti opname motornya....

1. Iyw mas asik, hehe. Untung aja motornya tidak jadi di diopname

12. Bintan kota yang seru ya, kalau ada temen lokal pasti menyenangkan. ntar klo aku kesana aku hubungi ya mas :)

13. Seru dan pastinya mengasyikkan ya mas, kapan ya bisa mampir kesana???

14. Touring naik motor memang mengasyikan ya kalo rame-rame sama teman :)

Salam kenal!

Regards,
    Dee - heydeerahma.com

15. bagus juga ya bintan, besok-besok bena bikin listing vakansi ke bintan dan sekitarnya ah. hahaha.

16. danau biru, kedalaman airnya nyampe berapa puluh m? selain sisi indah yang biru dan tenang, ami ngeri kalo kepikiran nyebur ke danau kaya gitu :D

1. Airnya dalam mbak, tidak tu betapa M, jarang2 jg ada orang yang berenang disitu. Hehe

17. Setiap inget Riau, pasti saya pengen ke Bintan. Pantai-pantainya bagus! Someday pengen kesini sekalian touring. :)

1. Asiik nih, yoks kita touring bareng mas, keliling bintan. Hehe

18. Haha buka efek kamera. Itu asli loh mayang ☺

19. This comment has been removed by a blog administrator.

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...