Friday, November 7, 2014

KUKERTA Di Desa Gading Sari, Kab. Karimun [MAHASISWA PUNYA CERITA] #Dokumentasi

Assalamualaikum, ini adalah tulisan ke dua gue yang baru memulai untuk menulis artikel disini, atau lebih tepatnya menulis Blog kali yahh. Di tulisan kali ini, gue ingin bercerita sedikit tentang pengalaman gue selama menjalankan KKN/Kukerta di desa atau bisa disebut dengan kelurahan Gading Sari, Tanjungbatu, kec. Kundur, kabupaten Tanjungbalai Karimun, Kepulauan Riau.

Setiap mahasiswa neh iiya, dalam kegiatan KKN pasti mempunyai cerita pengalaman tentang kegiatan sendiri, dan kali ini giliran gue yang akan bercerita dan berbagi pengalaman selama menjalani kegiatan KKN .

Sebelum lanjut ke artikel yang akan gue tulis ini, yang harus kita ketahui pertama adalah Pengertian dan Tujuan dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) itu Sendiri.


KKN atau sekarang sering disebut dengan KUKERTA (Kuliah Kerja Nyata) merupakan salah satu program dalam pendidikan perguruan tinggi Negeri maupun Swasta dan termasuklah kampus gue ini Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang, Kepulauan Riau. kukerta merupakan salah satu mata kuliah yang wajib dengan jumlah 4 (empat) SKS, ini bertujuan  untuk mempraktikkan ilmu yang mahasiswa pelajari saat belajar di universitas tsb. 

Melalui kegiatan KUKERTA ini dapat memberikan kesempatan kepada para mahasiswanya untuk belajar dan berbagi pemgalaman dalam kegiatan - kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pengembangan ilmu, teknologi atau seni yang dilaksanakan diluar kampus.

Oleh karna itu mahasiswa KUKERTA mengadakan beberapa kegiatan-kegiatan dalam rangka pengembangan ilmu yang diperoleh. Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menambah wawasan bagi mahasiswa, dapat mengetahui cara bersosialisasi dengan masyarakat yang berada dilingkungan sekitarnya dan diharapkan,  kegiatan ini dapat bermamfaat bagi masyarakat setempat.

Oke sekarang lanjut kecerita Kukerta gue yah, hmm Yang Pertama kelompok kukerta. Kelompok Kukerta gue terdiri dari 21 orang pertama gue sendiri dan temen-temen gue yaitu bg Yandi, Ardi (tulang), Jupisa, Yazir, Riskyandra, wahyuWilman, Rudini (mas roy), Deni, Arofik, bg Dimas, Yuane rizki ak. kiki, Ety, Desi, Dewi, Novi, Mirna, Yusima, Rani, Nanda, Indah dan Pak Said sebagai dosen pembimbingnya. 

Sebetulnya sihh gue ingin membahas lebih lanjut tentang karakter satu persatu teman gue ini, tapi iya dikarenakan belum meminta izin, dan lagi takut apabila ada kesalahan dalam tulisannya. Haha takut πŸ˜‚ *sendal melayang,  jadi gue mengurungkan niatuntuk membuatnya. πŸ˜…

Selanjutnya tempat Kukerta, lokasi, kelompok gue ditempatkan di desa atau kelurahan "GADING SARI" Tanjung Batu, Kecamatan Kundur, Kab. Tanjungbalai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau.


Kelurahan Gading Sari


Berhubung  lagi dan lagi, gue masih belum mahir untuk bercerita, menulis dan merangkai kata, jadi hanya inilah tulisan sederhana, pembahasan tentang pengalaman gue dalam menjalani kegiatan Kukerta, yahg harap maklum, dikarenakan gue baru belajar nulis di blog ini, jadi gue hanya bisa menampilkan beberapa aktivitas selama masa kukerta lewat gambaran Foto atau dokumentasi gue selama menjalani kegiatan kekerta tersebut. 

Kukerta ini terjadi pada tahun 2013 tepatnya di bulan Agustus dan berakhir satu bulan selanjutnya yaitu di bulan September.

Berikut cerita singkat & Dokumentasinya :

Pertama seperti photo dibawah, disinilah tempat kami para Mahasiswa kelompok Kukerta kelurahan Gading Sari, Kabupaten Tanjung Balai Karimun, menghabiskan waktu selama satu bulan penuh.

Ini TKP nya
di sisi kiri Posyandu, disisi kanan rumah pak RT 
Tempat inilah yang menjadi Posko kami selama kukerta

Seperti yang telah dijelaskan tadi, kedua rumah inilah yang menjadi posko kami. yang rumah sebelah kiri cat warna kuning itu sebetulnya adalah tempat posyando, sedangkan rumah yang disebelah kanan dengan cat warna biru adalah rumah salah satu RT setempat, yang dengan berbaik hati meminjamkan rumahnya dan ditempatkan oleh kami, rumah tsb dijadikan posko untuk kami beristirahat dan menjalankan aktivitas selama Kegiatan KKN berlangsung. Posko kami terpisah antara laki-laki dan perempuan. 

Untuk laki-lakinya menginap atau tinggal di posyandu sedangkan untuk wanitanya di rumah pak RT yang meminjamkan rumahnya ke kami tersebut.
dan kadang disini juga

Rumah pak RT setempat juga yang dengan baik nya mengizinkan kami menginap dirumahnya.

Rumah ini sebetulnya bukan  tempat posko kami, tapi terkadang kami sering menginap di rumah tersebut sampai keseringan numpang mandi di rumah ini. Rumah ini merupakan rupah Pak RT juga yang tidak jauh dari posko kami, beliau  ini juga dengan senang hati membantu kami dalam menjalankan kegiatan selama kami kukerta.

Kedua, setelah   posko kami dapatkan, kemudian barulah   memasang   sepanduk yang  telah di berikan   oleh pihak    kampus kepada para mahasiswa, yang katanya diperuntukan  untuk   tanda pengenal bahwa ada mahasiswa kukerta  di tempat ini, dan inilah  spanduknya CIKIDOT

Spanduk kukerta UMRAH, Kelurahan Gading sari


dan ini hmm sebelum spanduk di pasang,,, (Sempat-sempatnya moto dulu πŸ˜… )

Spanduk dan para modelnya πŸ˜€


yang ini setelah dipasang,,,,

Para Laki-Laki Tangguh πŸ’ͺπŸ‘¨

Daaan ... setelah spanduk terpasang rapi, posko juga sudah di dapatkan barulah kami bisa memulai aktivitas. 

Dan berikut ini adalah aktivitas-aktivitas yang kami lakukan selama menjalani masa-masa KUKERTA atau KKN. Banyak hal yang kami lakuin selain numpang tidur dan makan di posko ya,,

CIKIDOT

 # photo bareng pak lurah  dan staf kelurahan gading sari

# memberi kan less ato bimbingan dan sejenisnya

Nah ini, disetiap malam kami kedatangan para tamu yang luar biasa, para anak - anak di tempat kami tinggal desa gading sari, disini biasanya kami berkumpul sama mereka, bermain dan juga memberikan sedikit batuan pendidikan kepada mereka, istilahnya seperti bimbingan atau less. Mereka dengan semangatnya hampir tiap malam mengunjungi posko tempat kami tinggal.

# Makan bersama
dengan apa kata pepatah Makan tak makan asal Kumpul


Hal yang paling di kangenin saat kegiatan KKN atau KUKERTA salah satunya adalah makan bersama, pastinya ini yang dikangenin juga bagi mereka yang sudah menjalankan kegiatan KKN. Ini biasanya kami ada tugas masing-masing, bergiliran, ada yang ditugaskan membeli perlengkapan makanan di pasar ada juga tugas yang memasaknya.


# Melaksanakan kegiatan tausiah setiap abis magrib

Nah ini, setiap magrib menjelang Isa, biasanya kami mengadakan acara pengajian dan tausiah di mesjid daerah tempat kami KUKERTA, untuk tausiahnya kami semua dapat giliran satu persatu.



# Mengadakan rapat dengan tetua setempat, tentang!!!!!!!



# Mengadakan seminar kesekolah 1 (SMA)

# Seminar ke sekolah 2 (SMP)

Salah satu kegiatan kami selama KUKERTA yaitu kami diberikan kesempatan dan berkunjung ke sejumlah sekolah yang ada di tanjung batu ini.

# Mengadakan Pesta Rakyat
Perlombaan pesta rakyat antar satu kelurahan gading sari, ini juga merupakan salah satu kegiatan kami bersama kelurahan Gading Sari. Acara dan bentuk perlombaannya seperti lomba balap karung, panjat pinang dan masih banyak lagi.





Kedua foto diatas ini, kami lagi mengadakan kegiatan gotong royong  membersihkan pantai di pantai gading, bersama Pak lurah, staff kelurahan dan juga masyarakat setempat. Satu lagi tempat dibelakang kami yaitu merupakan tempat untuk membakar batu, bakar batu sering menyebutnya pemecah batu adalah salah satu pekerjaan yang ada di desa gading sari tempat kami KKN ini.

Kenduri πŸ˜‹



dannnnnnnnnnnn
yang ini :


Ini adalah foto dimana kami menjadi panitia dalam acara Perlombaan pesta kemerdekaan Indonesia di desa gading sari πŸ’ͺ

Piece ✌

Juara Umum "Gading Sari"
Perlombaan Rakyat🎊


Foto dengan anggota DPRD, yang katanya,????

dan begitulah kir-kira aktivitas yang kami lakukan selama KUKERTA di Desa Gading Sari.





Disetiap pertemuan PASTI ada namanya pisahan.

dan beginilah cara perpisahan nya CIKIDOT 

Yang dibawah ini adalah panggung atau pentas pertunjukan untuk perpisahan kami.


Pangung Acara perpisahan kami.
Kukerta "Kelurahan Gading Sari"

Dan hal yang paling mengharukan adalah kami harus  berpamitan dan berpisah pada masyarakat, keluarga baru di desa gading. 😟😭😭😭


Salaman Perpisahan Dengan Keluarga baru.
Masyarakat Gading Sari 😭😭


Dahh πŸ™‹πŸ™‹ Sampai Jumpa lagi.
 See You Again "Masyarakat Gading Sari"

Itu aja ceritanya.


Tak Ada yang Abadi

Untuk teman-temanku, Kelompok KKN Kel. Gading Sari tahun 2013
    
Semua cerita pasti ada akhirnya, setiap pertemuan pasti ada yang namanya perpisahan, yang tertinggal hanyalah kenangan manis yang terukir bersama selama satu bulan penuh.

Tidak lama memang sebulan waktu yang singkat, tapi dari situlah kita dapat merasakan hangatnya sebuah keluarga kecil, didalamnya terdapat kebersamaan, kekeluargaan dan cerita-cerita yang tidak mungkin bisa terlupakan.

Akhir kata, do'aku bagi kalian wahai teman seperjuangan KKN Kel.Gading Sari, semoga kalian tetap dalam lindungan dan ridha-Nya. Masalah sukses, silahkan kalian tentukkan sendiri jalannya. Semoga pengalaman ini menjadi kenangan disaat kita Tua nanti. Aamiin.


Untuk Masyarakat gading sari :

'' TERIMAKASIH ATAS DUKUNGANNYA YANG TELAH MEMBERIKAN KAMI BEGITU BANYAK PELAJARAN HIDUP NYA ATAS KEBAIKANNYA,KESEDERHANAAN NYA YANG MEMBERIKAN KAMI ILMU UNTUK MENUJU MANUSIA YANG SUKSES DI KEMUDIAN HARINYA ''
"AAMIIN"
  
SEBUAH PENGALAMAN SEBUAH CERITA
KEBERSAMAAN ADALAH HAL YANG PALING INDAH
SEBUAH PERTEMUAN SEBUAH PERPISAHAN
SEBUAH SENYUMAN DAPAT MERUBAH DUNIA
Yahh NGA NYAMBUNG 



Bonus Foto :

Ijadh ak. Shinchan πŸ‘¦

Anak-anak Kel.Gading Sari - Penerus Bangsa

Edisi Jagung Bakar 🌽


Cheess πŸ“·


Foto terakhir paska / setelah KUKERTA  (Mudahan kita semua tetap terus bersilahturturahmi dan juga bisa lagi kembali dan menceritakan kisah kita bersama di Desa Gading Sari)

Ceritanya Ngoopii dulu 🍡🍸

Karokean 🎀🎢


Jalan-Jalan


✌✌ Lanjalan πŸš—


BONUS VIDEO






demikianlah artikel nya dari si penulis  : KUKERTA "Mahasiswa Punya Cerita"



MAKAN CENDOL BELI DI BEKASIH "SEKIAN TERIMA KASIH"


No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...