Monday, February 8, 2016

Saatnya Memperkenalkan Tempat Asal [KOTA TANJUNGPINANG]


Ngeblog kira-kira udah setahunan lebih, tapi belum sempat membahas tentang asal-usul daerah kota tempat tinggal gue sendiri. Lahh 😌

Dan sekaranglah saatnya memperkenalkan diri, πŸ™‹


Haii... teman-teman, Gue ini merupakan keluarga imigrasi, jadi susah misalkan ditanya tentang kampung halaman sendiri, ne yaa orang tua gue asal Padang "pariaman" dan Medan "Deli". Dan gue di lahirkan di kota Duri, Mandau, Riau. Dari kecil hingga sekarang gue menetap dan tinggal di Kota Tanjungpinang. 
  

Sempet sih membahas kota tempat gue, tinggal seperti yang berikut ini. 

Baca ya :  Tanjungpinang is My Town πŸ‘ˆ

Nah kali ini, gue akan membahas kembali kota asal gue yaitu Kota "Tanjungpinang" dengan pembahasan lain.

Kota Tanjungpinang terletak di "Pulau Bintan" bersebelahan dengan pulau Batam dan Ibukota dari provinsi "KEPULAUAN RIAU"

Sumber Gambar

peta kepulauan riau


Sebelum gue membahas tentang kota tempat tinggal gue,

Apakah kalian ada yang tau "Tanjungpinang" dan "Pulau Bintan" itu dimana,??

Kalo ada yang tau alhamdulillah. Berarti kalian sudah ada yang tau tentang Kota Tanjungpinang. Kalo yg belum tau, baiklah gue akan jelasin sedikit, TanjungPinang merupakan kota kecil yang terletak di pulau Bintan dan pulau yang terletak di perbatasan Singapura dan Malaysia. Yah jadi kalo mau ke negara singapura tinggal berenang 🏊aja pasti nyampai. Kalau tak nyampai rumah sakit, yahh nyampai kuburan *Ok ini becanda 😁

www.skyscrapercity.com


Dari kota Tanjungpinang ke singapura kalau menggunakan Kapal 🚀kira-kira : 60 menit dan ke malaysia Satu Setengah jamlah. Kalo Pesawat kira-kira 30 menitan lah, baru mau terbang udah langsung nyampe tu negara singapura. Makanya nga ada rute pesawat Tanjungpinang ke singapura, akan boros Avtur
                                                                     
Dan bukan mau pesimis, iri atau apaya, biasanya kalo gue keluar kota, Masih banyak yang belum tau kota kecil tercinta ini.πŸ˜₯
Biasanya kalo bicara dan ngomongin tentang Kepulauan Riau, banyak orang , lebih mengenal dengan Pulau/Kota Batam dari pada Tanjungpinang dan Pulau2 lain yang berada di Provinsi Kepulauan Riau. Padahal tanjungpinang merupakan ibukotanya.

Kota Tanjungpinang - Batam, sepertinya hal yang sama antara Jakarta dan Banten yang cuma jadi tempat persinggahan kata Pak rano karno di acara Mata Nadjwa.

Memang harus di akui Kota Batam Merupakan salah satu kota industri terbesar yang ada di Indonesia salah satunya Industri Galang/Pembuatan Kapal terbesar yang ada di Indonesia. Dan Kota Tanjungpinang menjadi Kota Administrasinya. Jadi Kalo batam pusat industri nya dan di tanjungpinang tempat pusat pemerintahaannya.

Dari dulu sebelum adanya perjanjian MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Tanjungpinang dan Batam dan daerah sekitar, sudah menjadi daerah kawasan perdagangan bebas, karna tata letaknya stategis, yang terletak antara beberapa negara laut cina selatan.

Jadi dulu sejarahnya di era  orde baru, di saat pemerintah hanya memusatkan perhatiannya ke Kota-Kota besar. Tanjungpinang, batam dan daerah sekitarnya, masih mengunakan sistem pembayaran menggunakan Uang dollar singapura dan uang malaysia. Jadi saat itu, produk luar seperti barang-barang dari singapura dan malaysia, masuk ke batam dan Tanjungpinang, harganya jauh lebih murah dibandingkan dari tempat lain dan lebih gampang di dapat dari pada barang-barang yang ada di kota besar seperti jakarta.

Dulu tanjungpinang dan sekitarnya masih mengunakan mata uang dolar singgapura. Kemudian setelah itu, mata uang "Dollar" di ubah oleh pemerintah saat itu, menjadi "KRKR" (Rupiah Kepulauan Riau) kemudian di sesuaikan menjadi "Rupiah" mata uang Indonesia yang sekang masih di gunakan.

 *ini beneran gue di ceritain sama saudara dan orang tua  setempat yang sudah lama tinggal di kawasan ini.

Di Tanjungpinang ini juga terdapat Salah Satu Pangkalan Militer Angkatan Laut terbesar. Ini karna terletak dgn perbatasan antara Indonesia - Singapura - dan Malaysia. 
                                                       
Yeh terlalu banyak Intro, oke-oke, gue akan membahas apa aja dan keunggulan dan keindahaan kota kecil tercinta ini.

Tanjungpinang sering di juluki "Kota Gurindam" dan dengan jargon pariwisatanya Negeri Seribu pantun. Tg.pinang  merupakan daerah Pusat kerajaan Riau-lingga-johor pada saat itu.

Jadi Tanjungpinang merupakan suatu pusat peradaban Sejarah dan Kebudayaan Melayu yang ada di Indonesia.

Ada yang tau apa itu "Gurindan 12". Gurindam adalah sebuah karya sastra yang di ciptakan oleh maestro sastawan Raja Ali Haji yang mengugah 12 kalimat puisi yang di sebutnya dengan gurindam 12

Ne kalo belum tau isi dari gurindam 12 tersebut : πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡






Dan salah satu pusat sejarah dan kebudayaan Melayu yang ada di tanjungpinang  yaitu di pulau Penyengat, pulau kecil yang terletak di Kota Tanjungpinang.

Ada yang bilang jikalau datang ke Tanjungpinang tak sah bila tidak ke pulau penyengat.




Pulau penyengat ini adalah pulau sejarah dan kebudayaan melayu yang ada di tanjungpinang, menurut sejarahnya pada jaman dulu pulau penyengat merupakan "Mahar" atau Mas kawin  pernikahan raja Jakfar dan putri Hamidah saat itu.πŸ’πŸ’πŸ’

Untuk sampai ke Pulau peyengat kita harus menggunakan kapal tradisional yang sering di sebut dengan "pompong". dari kota tanjungpinang ke pulau penyengat sekitar 20 menitan.

Di pulau penyengat juga terdapat sebuah mesjid agung yang terbuat dari putih telur. Dan pulau penyengat merupakan suatu benteng pertahanan di saat masa penjajahan belanda saat itu, yang di sebut dengan benteng bukit kursi.


Mesjid Penyengat : Sumber Gambar

Sumber : AZWisata.com

Benteng Bukit Kursi ;riawanisyijoyah.tumblr.com630


Maskot Kota Tanjungpinang

Setiap kota pasti punya maskotnya masing-masing, sebagai tanda  tempat tersebut dan menjadi pusat dan kembanggan masyarakat nya.


Nah kalo di tanjungpinang maskot kebanggaan masyarakatnya adalah sebuah tugu perjuangan yang disebut dengan " TUGU RAJA HAJI FISABILLILAH " Sebuah tugu yang menandakan perjuangan Raja Haji Fisabilillah dalam memperjuangkan kemerdekaan indonesia khususnya daerah tanjungpinang terhadap jajahan belanda.

Sebuah tugu yang di atasnya terdapat patung-patung para pejuang saat itu, salah satunya patung Raja Haji Fisabillilah. Dan sekarang beliau menjadi salah satu pahlawan nasional indonesia. Nah dibawah ini penampakannya :

Munumen RAJA HAJI FISABILLILAH (Sumber Gambar)

Sunguh di sayang sih, beberapa tahun tugu ini berdiri, terdapat insiden, yaitu jatuhnya salah satu patung yang berdiri kokoh, dan kebetulan yang jatuh itu patungnya raja Haji Fisabillilah, jadi secara terpaksa biar tidak terulang kembali kejadiaan yang sama, akhirnya pemerintah setempat menurunkan patung2 yang berdiri kokoh diatas sana, dan Sekarang tugunya menjadi seperti ini :







Tempat Tongrongan favorit Anak Mudanya

Tanjungpinang merupakan sebuah pulau kicil yang di kelilingi lautan, jadi tempat berkumpul saat hang-Out yang di gemari saat ini adalah sering di sebut dengan Tepi Laut, karna di sini terdapat banyak tempat jualan, taman dan kafe yang pas untuk anak muda yang sekarang menyebutnya kekinian.


Facebook : Kanza


Facebook : Kanza

Dan sekarang ini, Kota tanjungpinang telah mengalami "Asimilasi"  berubahan yang cukup besar saat ini, khususnya "kebudayaan". telah banyak masuknya kebudayaan dari luar seperti jawa, sumatra, kalimantan dan tidak luput kebudayaan dari cina.

Dan di tanjungpinang juga terdapat beberapa Vihara. Salah satunya Vihara  terbesar se-Asia Tenggara dan vihara 1000 patung seperti berikut :


robbihafzan.wordpress.com
www.panoramio.com

Photo by Barry Kusuma

http://www.backpackerindonesia.com/


klikhotel.com


Nah oke, segitu aja perkenalan kota daerah gue dari  sejarah, kebudayaan , pariwisata yang ada dan terdapat di daerah gue, yah bantu dikit pariwisata di tempat gue.  terima kasih yang sudah bersedia membaca postingan ini, jadi kalo berkesempatan waktu silakan mampir ke kota gue, dahh :-) salam dari masyarakat kota Tanjungpinang.

Dan dipostingan ini juga gue ingin menyampai kan, Selamat Tahun Baru Cina (Tahun Monyet Api) 2016 bagi yang merayakan :-) Gong Xi Fa Cai πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

47 comments:

  1. kalo berenang ke singapura
    kira2 butuh waktu berapa lama?
    .
    kok bisa jatoh sih patungnya
    lo sentil ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sakti kali gue bisa sentil tu batung, sampe bisa jatuh, haha

      kamu mau mencoba berenang ke singgapure ya niki,? sini gue anterin tempatnya, hehe

      Delete
  2. Tanjung pinang ya ?? kayaknya pernah baca di buku IPS tentang kota ini, selebihnya gue kurang tau bang ..
    Ya pandangan gue kalo di kepulauan Riau itu pasti tertuju di Batam ..
    soalnya waktu lulus SMK pernah ditawari kerja disana sebagai kontraktor, kayaknya sekarang di Batam lagi pembangunan besar2an deh .. hmmm

    Yang viara itu asik tempatnya deh, khas banget ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. begitulah batam lebih populer dari pada tg pinang,

      ya memang sekarang batam dan tg pinang lagi pembangunan besar2an kha.

      Delete
  3. Gue lebih tau batam daripada tanjung pinangnya. Lebih terkenal kali yaa, apalagi buat barang barang black market. Wkwkwkw....

    batam setau gue memang banyak industri. Dulu pernah mau daftar disana, tapi keterima kuliah. hehehe....

    btw, kalau dibatam enak yaa kalau malem hari di pantai, bisa ngeliatin kerlap-kerlipnya lampu-lampu singapura. wehehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. sekarang udah tau kan tanjungpinang tu dimana,

      ia kita bisa nampak gedung pencakar langit dan kelap-kelip lampunya singgapura dari kejauhan, keren lah

      Delete
  4. enak dong setiap akhir pekan bisa ke Singapur he he shopping, tapi masjid yang terbuat dari putih telur unik sekali ternyata tidak perlu semen

    ReplyDelete
    Replies
    1. biaya transportasinya juga lebih murah dari sini,

      ya mas begitulah, hehe

      Delete
  5. Ini bagus hehheheh, aku juga menyempatkan menulis tentang tempatku :-D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe,makasih ya mas, kami kan ngikutin blognya kamu :-)

      Delete
  6. hmm saya pengen banget kesini sampe sekarang belum kesampaian :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. mari mampir mbak, biar saya temenin kalo udah sampe kesini hehe :-)

      Delete
  7. gue pernah denger tanjung pinang sama batamnya, kalau pulam bintan baru sekarang hahaha

    itu juga ditanjung pinang ? vihara dengan 1000 patungnya ? yaelah, gue baru tau :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, bintan satu daratan/pulau dengan tanjungpinang dhi,

      ia viara 1000 patung nya di tanjungpinang :-)

      Delete
  8. kok yang paling menarik perhatianku yang vihara paling bawah ya hihihi

    ReplyDelete
  9. enak banget ke singapura dan malaysia bisa sampe kurang dari 1 jam :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha ia dekat, kalo orang rajin bisa mondar mandir tu ke singgapura

      Delete
  10. eh jauh juga yaa kalo dari bekasi.
    itu mesjidnya sering banget muncul di TV.

    ReplyDelete
    Replies
    1. dekat kok, kalo naik pesawat, hehe

      ia beberapa stasiun tv udah mampir kesini

      Delete
  11. gue tau kok tanjung pinang.. ada temen gue yang dari situ juga. temen gue ada 2 orang dari daerah sumatera situ, yang satu tanjung pinang yang satu lagi bagan siapiapi

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow gitu ya, alhamdullilah lah kalo kamu udah tau jev :-)

      Delete
  12. Tenang, gue tau tanjung pinang, karena punya temen asal sana. Temen gue di natuna dan batam juga ada, dan alhamdulillah gue dikasih kesempatan buat nginjek batam pas acara MTQ nasional 2014

    ReplyDelete
    Replies
    1. alhamdulillah, wah udah nyampe batam ya, enak dong bisa ikutan acara MTQ nya, hehe

      Delete
  13. uda kayak singapore ya, kayaknya ada satu area yang dibangun mirip singapur, bener ga sep

    ReplyDelete
  14. Wah keren, kamu berhasil memperkenalkan kota asalmu dengan baik! Selamat :D
    Membuat aku berhasil kenal akan dawrah di mana kamu berasal ini. Pada awalnya mah saya hanya mengetahui Batam saja hehe. Eh tapi kalau tidak salah ada sirup yang dari tanjung pinang ya? Apa bukan?
    Duh itu gurindam 12 menurutku keren dan unik ih. Mau buat juga ah yang kayak gitu.
    Viharanya juga kereeeeen!

    ReplyDelete
    Replies
    1. terimakasih,
      bukan sirup sih,tanjungpinang lebih terkenal dengan makanan seafoof nya seperti goggong.

      boleh tu di coba, mana tau kamu jadi sastrawan terkenal

      Delete
  15. Bentar... Bentar... Emang belum banyak yang tau Tanjungpinang, ya? Gue malah lebih tau Tanjungpinang dan lebih sering dengar Tanjungpinang ketimbang Batam. It means.... gue keren, kan? Okey, fix.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  17. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  18. Btw jauh juga kalau dari daerah saya. ehh iya saya juga belum pernah buat artikel tentang kota asal sih :D eh eh itu mesjid qo serasa gak asing lagi deh di lihatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang kamu di daerah mana ndi,?

      Haha, ia mesjid nya udah seri di ekspos oleh media

      Delete
  19. *ini beneran gue di ceritain sama saudara dan orang tua setempat yang sudah lama tinggal di kawasan ini.

    Iye iye gue percaya. Haha... Salam kenal ternyata kita tetangga ya. Gw di batam.

    Nice artikel, just info gue sudah 2 kali jln2 ke Tj Pinang.

    Btw suka banget liat templatenya :D

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Abis baca postingan ini baru ngeh kalo oh ini toh yang Bintan yang dulu pernah dibaca di RPUL waktu SD.

    ReplyDelete
  22. Aaaah akhirnya jumpa blogger dari Tanjungpinang juga :"D
    Salken bang Septian~
    Abang tinggal kad mananya pinang? Hehe

    Abis baca ini serasa dijitak, kemana aja aku dah lama ngeblog juga ga ada ceritain ttg Tanjungpinang haha

    Keep blogging ya bang!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali adrian,
      Kamu juga dari tanjungpinang ya,

      Ak tinggal di batu 11, kamu tinggal dmana,?

      Delete
  23. wahhh tanjugpinang ya, kalo saya tanjungpandan heheh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah iya, kita sama2 dari tanjung.
      BTW tanjungpandan itu dimana ya?

      Delete
  24. salam kenal dari subang jawa barat mas hehe

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...