Sunday, January 8, 2017

Gonggong Icon Baru Kota Tanjungpinang

Gambar Dapat dari : http://gonggongland.blogspot.co.id/

Artikel Ini ditulis di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. Hello semuanya apa kabar, selamat tahun baru ya buat kalian semua. Yeah sudah tahun 2017 aja neh. Kalau bicara tentang tahun baru, iya pasti dong semangat baru tentunya, terutama dalam menulis blog *mudahan yaa, hehe. Semangat 
πŸ™Œ

Tulisan pertama ditahun 2017 ini, enaknya nulis apa iya,???. Hmmp menulis tentang resolusi kali ya, sudah pernah buat sih, di tahun kemaren. Yah intinya berusaha untuk mencapai resolusi yang belum terelalisasi ditahun sebelumnya. 

Ooww iya, berhubung dan dihubungkan pada awal tahun baru ini, kota tempat tinggal gue sekarang ini, yaitu Kota Tanjungpinang-Kepulauan Riau, sedang merayakan hari jadinya lohh, yang ke -233 Tahun. Yaitu tepat pada tanggal 06 Januari 2017 kemaren. Selamat Hari Jadi Kota Tanjungpinang.  πŸŽ‰πŸŽŠπŸŽ‡.



Daan dikesempatan kali ini, ditulisan pertama gue ini, gue akan membahas, berbagi informasi dan membantu promosi untuk pariwisata kota gue ini. yaitu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau, baik kan gue hehe 😹

Disini, tulisan kali ini, gue akan bicara & mengangkat tema tentang Iconic / Maskot baru kota tanjungpinang. 

Disetiap Kota diseluruh indonesia, pastinya semuanya mempunyai icon yang dibanggakan. Misalnya  ne yah seperti Ibukota Jakarta mempunyai icon Tugu Monas "Monumen Nasional". Kota Bandung mempunyai Gedung Sate dan Kota Surabaya mempunyai icon Sura dan Buaya. Nahh dan Kota Tanjungpinang mempunyai Icon Baru lohh yaitu " Gonggong"


Sebelum lebih lanjut membahas tentang Gonggong, dan apa itu Gonggong, pasti kalian disini ada yang sudah tau dan ada juga yang belum tau apa itu gonggong. Disini juga gue ingin sedikit membahas tentang gonggong dan mengklarifikasi sedikit tentang kota yang gue tempati saat ini, dan diartikel gue yang sebelumnya, gue juga sudah pernah membahas tentang kota Tanjungpinang llooh, di artikel gue yang ini :

"Saatnya Memperkenalkan Tempat Kota Asal."


Yahg kalo belum baca, monggo silahkan di baca.

Masih banyak yang belum tau kota gue ini. Masih saja pada salah menyebutkan nama dan tata letak kota tanjungpinang yang sebenar-benarnya. Jadi sedih *tisu mana tisu 😭

Lebih miris lagi Media Masa sebagai bahan informasi yang cepat, akurat dan mencakup seluruh nusantara, masih saja salah memberikan informasi dalam menetapkan tempat yang sebenar-benarnya. Seperti gambar contoh berikut ini :




Ini bukan marahya πŸ˜Œ atau sejenisnya, tapi gue ingin sedikit meluruskan hal yang sebenar - benarnya, tentang Nama dan Tata letak Kota Tanjungpinang ini. Misalnya Tanjung pinang dan Pangkal pinang, Kedua kota ini sangat jauh berbeda loh, teman-teman. Darii nama dan letaknya aja beda, Kota Pangkal Pinang terletak di Provinsi Bangka Belitung sedangkan Kota Tanjungpinang terletak di Provinsi Kepulauan Riau, Provinsi baru yang sudah mekar dan bukan lagi tergabung dalam Provinsi Riau.




Ok.....okk..... Kita Kembali lagi ke leptop  πŸ’» ya ehh topik pembahasan maksutnya. *jadi macam acaranya tukul😽. 

Icon baru kota Tanjungpinang yaitu adalah Gonggong. disini gue akan membahas serba serbi tentang Gonggong. Apa itu gonggong,???.

Gonggong adalah *jeng-jeng-jeng ⏩Sejenis binatang siput laut berukuran kecil, gonggong ini sering disebut juga keong anjing, tidak tau istilahnya berasal dari mana dan bentuk cangkangnya mengingatkan tentang karang besar, yang kerap dijadikan terompet oleh putri duyung di film-film. Nah kalo gonggong ukuran kecilnya.

Gonggong sendiri dalam bahasa romawinya disebut dengan Canarium Strombu. Populasi gonggong ini hanya terdapat di Tanjungpinang, Bintan, Batam dan daerah sekitarnya.



1. Gonggong Sebagai Kuliner Khas Tanjungpinang dan Kepulauan Riau 


Di pembahasan pertama ini yaitu tentang kuliner. nyami-nyami. Tanjungpinang itu terkenal dengan aneka seafoodnya, dan salah satunya yaitu siput Gonggong. 

Banyak orang berpendapat bahwa jikalau kalian berkunjung ke kepulauan riau, tanjungpinang khususnya, tidak sah, bila tidak mencicipi aneka masakan siput gonggong. Siput gonggong ini memiliki protein yang sanggat tinggi serta terdapat omega 3 nya. 

Cara memakan dan penyajiannya pun cukup unik, penyajiannya yaitu daging atau isi dari gonggong, saat penyajiannya, tidak dipisahkan antara gonggong dengan cangkangnya.

Kitalah yang berupaya mengeluarkan isi dari canggangnya, dengan menggunakan lidi/tusuk gigi yang telah disiapkan sebelumnya. Jadi, jika kalian para pecinta kuliner, ini gue rekoment deh siput gonggong buat kalian semua hehe. Tetapi bagi kalian yang mempunyai kolestrol tinggi. Gue saranin jangan banyak-banyak ya memakannya. hehe πŸ˜‹πŸ™


http://www.akalil.com


http://lifestyle.okezone.com


Sumber



2. Tugu atau Patung Gonggong yang ada di Tanjungpinang

Jika kalian berkesempatan berkunjung ke kota Tanjungpinang, kalian akan menemukan begitu banyaknya tugu penanda atau lebih tepatnya patung yang menyerupai siput gonggong dan berikut ini, bentuk tugu yang menyerupai siput gonggong :

Terletak di Hotel Aston TanjungpinangSumber : Google

Terletak di Taman Tepi Laut Tanjungpinang .
(Sumber : Gambar Pribadi)


Terletak di Taman Pamedan Tanjungpinang.
 Sumber : Gambar Pribadi




 3.  Batik Motif Gonggong

BATIK, jika bicara tentang batik, seluruh dunia telah mengetahui apa itu batik. karena batik sendiri sudah tercatat di UNISCO, sebagai sejarah budaya warisan dari indonesia. WAW dan batik sekarang tersebar keseluruh indonesia dengan motif-motif nusantaranya, dan batik paling terkenal di indonesia yaitu di pekalongan pastinya. 

Bicara motif batik, kepulauan riau, khususnya kota tanjungpinang, juga mempunyai ciri khas motif batiknya tersendiri Motifnya yaitu berbentuk gambar dari siput gonggong. Kerajinan batik gonggong ini hasil kreasi dari seorang seniman dari tanjungpinang juga looh yaitu bapak fiyarlu amin. Dan berikut gambar ini motif Gonggong :


Sumber

http://gonggongland.blogspot.co.id

http://gonggongland.blogspot.co.id



4. Cendramata dari kulit Gonggong

Selain sebagai makanan yang lezat dan bergizi, gonggong juga memiliki banyak fungsi loh. Kulit atau cangkangnya juga bisa dibuat beragam aneka kreasi seperti dijadikan bunga, gantungan kunci dan masih banyak lagi. Berikut  ini gambar kreasi seniman tentang bahan dasar dari kulit/cangkang gonggong tersebut.

gonggong ini bisa buat cendramata  bagi pengunjung yang datang kesini.

Sumber

rumahgonggong.blogspot.com



5.  Gedung Gonggong (Tourisem Information Center)

Nahhh.. Yang terakhir ini adalah gedung gonggong, gedung yang dibuat menyerupai bentuk Siput Gonggong. Gedung gonggong ini baru diresmikan lohh πŸŽ‰πŸŽŠ pada Tanggal 29 Oktober 2016 kemaren oleh menteri pariwisata saat ini yaitu bapak Arif yaya. πŸ‘ˆπŸ‘πŸ‘

Seperti yang sudah gue ceritakan diatas, alasan mengapa gonggong menjadi Icon Maskot kota Tanjungpinang, dan inilah salah satu alasannya. πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘πŸŽ‰πŸŽŠπŸŽ‡


Gedung Gonggong. Seperti namanya, gedung ini dibuat menyerupai bentuk dari hewan siput gonggong. yahh walaupun bentuk dari gedung ini, masih menjadi perbincangan PRO dan KONTRA di kalangan masyarakat kota tanjungpinang, yaitu tentang mirip atau tidaknya terhadap hewan laut tersebut. 

Terlepas dari semua ini, kita mesti bersukur, berfikir positif,  dan bersama-sama menjaga agar gedung gonggong ini tetap aman, nyaman dan bersih.
  
Gedung gonggong ini terletak sangat strategis, yaitu di dekat tepi laut, dekat taman kota, taman laman bunda yaitu taman kota tepi laut lebih tepatnya. Jadi kita bisa melihat indahnya pemandagan yang ada disekitarnya dari gedung gonggong ini. 

Fungsi dari gedung gonggong ini pastinya dong, sebagai suatu destinasi pariwisata baru bagi kota tanjungpinang.


Dok : Pribadi

Dok : Pribadi


Dok : Pribadi

Dok : Pribadi

Dok : Pribadi


Dok : Pribadi




Dan kebetulan lagi ne yah, gue ada pada saat peresmiannya, yang dihadiri para pejabat penting. Acaranya, kalau gue tidak lupa, selain peresmian gedung gonggong, ada terdapat perlombaan lain, yaitu : lomba kayak, perahu naga dan ada parade kapal hias seni dan tradisi budaya melayu kota tanjungpinang.

Lampu Sorot saat Peresmian Gedung Gonggong Dok : facebook Tanjungpinang

Suasana Di Malam Hari.  Dok : facebook Tanjungpinang

Parade Kapal Hias. Suasana Di Malam Hari.  Dok : facebook Tanjungpinang






Nahh sekian artikel dari gue, tentang icon baru kota tanjungpinang. Alasan dan kenapa gonggong bisa menjadi icon baru kota tanjungpinang.


Dan jika kalian penasaran, sini mari datang ke kota tanjungpinang, mengenal lebih dalam tentang kota tanjungpinang, disini kalian bisa jalan-jalan, kuliner serta mendapatkan cendramata yang unik.

Untuk sampai ke kota tanjungpiang kalian bisa menggunakan jalur laut maupun udara, melalui bandara tanjungpinang, atau melalui bandara batam hang nadim international, lalu ke perlabuhan punggur batam dan menggunakan kapal fery untuk sampai ke tanjungpinang. Okk ini hanya membantu promosi pemerinta kota tanjungpinang ya 
.



Selamat Hari Jadi Kota Tanjungpinang yang ke-233 Ini kado dari gue,🎁 dan kalian yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel gue gue ucapkan terimakasih dan selamat tahun baru, semoga apa yang menjadi resolusi tercapai di tahun ini, dahh.

by See you again :-)

34 comments:

  1. Hbd y bang buat kotanya
    Hmmm emang siput enak bang?

    ReplyDelete
  2. Keren juga ya kang icon barunya kota tanjungpinang, saya kira tadi bawang bombai eh ternyata bukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha bukan bawang bombai kang tapi siput gonggong heheπŸ˜„πŸ˜‚

      Delete
  3. gonggongnya
    serem amat kalau dimakan yak,
    yekkssss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, ngak kok, hanya butuh perjuangan sikit aja makannya hehe πŸ˜…

      Delete
  4. iconic banget ya, dimana-mana ada gonggong.

    gonggong itu mirip keong ya?

    ReplyDelete
  5. Terima Kasih Informasinya, Sangat Bermanfaat


    Sukses Selalu

    ReplyDelete
  6. hastagaaaa.. yg no 1 ntu.
    jam segini belum sarapan dan dikasi gambar cak ituu..
    endeeeeesss..

    ReplyDelete
  7. Wah... keren iconnya.
    Kulinernya juga menggoda selera banget tuh, apalagi makannya pake sambal pedas gitu.

    ReplyDelete
  8. GEDUNG GONGGONGNYA EPIC BANGET, MAS :D hihi sukaaaak :D

    ReplyDelete
  9. Huwooo kerang gitu disebute gonggong ternyata ya sep, aku baru tau sumpah, aku suka motif batik honggong yang paling bawah, kuning semi voklat dengan pola gonggong merah bata, ceraaahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia mbak nita nama gonggong.
      Hmm bagus kan motif nya hehe 😊

      Delete
  10. Keren mas iconnya.. Asik juga buat background foto ya mas..
    Baru dengan namanya, gonggong, itu smacam siput gitu kan ya mas ?
    di batik juga keren mas (y)

    Selamat Hari Jadi Kota Tanjungpinang yang ke-233 ya mas..

    ReplyDelete
  11. Ditempatku namanya kakul, biasanya dijadii sate

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wih, enak juga kayaknya tu di jadiin sate, hehe πŸ˜‹

      Delete
  12. Gonggong emang enak dan penduduk tanjung pinang emang jago ngolah beginian. aku pernah makan. enakkkksss

    ReplyDelete
  13. salam buat bang gonggong, bilangin dong, ajak aku makan gonggong, hehehe

    Keren-keren foto2nya ;)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nanti di sampein, hehe,
      Makasih mbak eka πŸ˜€

      Delete
  14. Ya ampun, itu gonggong beneran bisa dimakan? Di sini kayaknya belum ada yang makan itu deh... Kapan-kapan kalau ke Tanjung Pinang mesti nyobain nih hehe

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  16. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...