Friday, June 22, 2018

Selamat Hari Raya Idulfitri 1439 Hijriah



Assalamualaikum,

Hallo, teman-teman semua, ditulisan ini, khususnya saya pribadi Septian sebagai yang punya blog ini, "Blog siUnthel" ingin mengucapkan Selamat Hari Raya Idulfitri 1 Syawal 1439 Hijriah. Minal aidil walfaizin iya, Mohon maaf lahir dan batin. Apabila di tulisan-2 saya ada kata-kata yang menyinggung atau menyudut teman-teman sekalian, saya mohon maaf πŸ™. Semoga di idulfitri ini, kita semua diberikan kelimpahan kesehatan dan rezeki aamiin.


Biar tulisan ini sedikit lebih panjang, saya akan bercerita beberapa tradisi atau apa aja yang di lakukan selama lebaran ditahun ini.

Pertama, Pawai Takbiran. Ditempat saya, biasaya ini sudah menjadi agenda tahunan, baik itu takbir keliling kota tanjungpinang, mengunakan mobil hias. Ataupun dengan keliling komplek/perumahan, takbiran sambil membawa obor. Nah kalau di komplek tempat saya tinggal, kira kira suasana takbirannya kayak Gini



Selanjutnya Sholat iidd, alhamdulillah ditahun ini, saya masih bisa berkumpul bersama keluarga dan teman-teman di perumahan tempat saya tinggal. Biasanya nih iya, setelah sholat iidd di dekat perumaahan, saya dan teman-teman menyempatkan diri untuk menyimpan momen-momen saat lebaran. Jarang-jarang bisa berkumpul semua, yaps hanya di hari idulfitri aja semuanya bisa berkumpul. Yoyo di umur segini, teman-teman saya, sudah pada sibuk kerja, merantau, kuliah di luar kota dan pindah ke kota lain. Karena pekerjaan yang mengharuskan untuk tinggal disana. Dan mereka kembali lagi ya pada idulfitri ini aja. Nah berikut momen-momen lebaran saya bersama teman semasa kecil yang sekarang sudah tidak kecil lagi, hehe 😁😁😁😁

Suasana di Mesjid Baitul Mukminin

Kumpul Bersama


Suasana Lebaran




Bukan hanya berkumpul dengan teman-teman semasa kicil aja, tapi juga dengan keluarga, yaps. Seperti keluarga cemara, harta yang berharga adalah keluarga 😁. Saling memaafkan dan dapat THR, ehh salah ding, sekarang giliran saya yang bagiin THR πŸ˜– . Kalau suasanya lebaran gini, rasanya ingin kembali ke masa kecil lagi, dan dapat THR dari saudara, paman dan tante saat berkumpul. Sekarang harus menghitung jumlah ponakan saat berkumpul, yang makin tahun makin ramai. Semasa kecil tidak ada pertanyaan Horor. Palingan biasaya dibilang, sekarang sudah besar iya, tambah cekep. Sekarang pas ngumpul, si A sudah nikah, si U sudah punya anak, nah kamu kapan ??.  πŸ˜ͺ palingan jawabanya doain aja 😌

Bicara tentang THR, masih ingat saat itu, semasa kecil dulu, setelah dapat dari saudara masih aja kami mencari ke tempat lain, seperti tetangga, bahkan ketempat orang-orang yang tidak dikenal 😏 yang penting saat itu tujuannya dapat THR atau ampau. Saat itu kami ber genk, genk-ngan gitu. Ada genknya, jadi setiap ketemu menginformasikan le genk yang lain.

Woyyy di rumah bertingkat warna merah dapat 5000, dirumah biru dapat 1000. Buruan kesana gih, keburu ampaunya habis. Begitu juga dengan genk yang lain. Kami saling memberikan informasi hanya untuk mendapatkan THR/ampau. Kalau diingat sekarang, gitu amat iya, saya nyari uang. Tapi seru sih, momen-momen kayak gitu hanya ada saat semasa kecil aja. Kalau sekarang mah udah pasti malu melakuin hal kaya gitu lagi.

Nah berikut momen lebaran saya bersama keluarga





Ini dia yang paling bahagia di idulfitri ini



Bicara lebaran, tak lepas dengan kulinernya, nah berikut kuliner-kuliner yang disajikan di rumah saya πŸ˜™

Kulinernya sama sih dengan yang lain, seperti lontong ketupat, lontong sayur, dan opor ayam. Biasanya sih, lontongnya itu, ibu saya memasak Lontong Medan. Lontong yang isinya ada tauco, rendang, sambal bilis , sayur nangka dan serondeng. 



Dan juga teh manis. Ini tetap dan ditambah lagi kue bolu broniss, dan Juga kue kue lebaran baik itu buatan emak saya sendiri maupun kue tunjuk * beli maksutnya, kue nya seperti : Nastar, kue bawang, epok abon, kue coklat dan masih banyak lagi.



Nahh satu lagi, tentang minuman, ini ada yang unik di daerah tempat gue tinggal, Yaitu di kota tanjungpinang.  Biasanya di hari lebaran idulfitri ini saya mendapatkan banyak minuman kaleng. Baik itu bersoda atau yang tidak bersoda, di daerah saya ini, biasaya banyak orang-orang, tokoh masyarakat dan perusahaan tempat bekerja kami pun memberikan air kaleng, biasanya itu masing-masing memberikan satu Kess air kaleng, bahkan ada yang lebih. Dan saya alhamdulilah di tahun ini dapat 7 (Tujuh) Kess Air kaleng, yang di dapat dari perusahaan tempat bekerja, tokoh masyarakat dan dari lembaga kemasyarakatan lainnya. Biasanya Air Kaleng ini, sebagai tanda ucapan Hari lebaran selain kartu lebaran. Berbagi air kaleng ini, sudah menjadi tradisi di daerah saya, ditahun kemaren saya cuma dapat empat kess air kaleng, dua tahun sebelumnya banyak lagi, bahkan lebih dari sepuluh air kaleng.




Misalkan kalian semua bertandah atau main-main ke kota tanjungpinang, bersilahturami pada saat lebaran, pastinya yang di sajikan oleh pemilik rumah yaitu air kaleng, baik yang bersoda maupun tidak bersoda.

Dan air kaleng ini kebanyakan produksinya dari Malaysia. Iyaps karena tempat tinggal saya kota tanjungpinang dekat dengan negara malaysia, jadi produk malaysia banyak masuk ke sini, termasuk salah satunya air kaleng ini.

Makanya saya kalau bertamu dan lebaran itu pasti perut isinya kue lebaran sama air kaleng yang berbagai macam rasanya. Ada rasa leci, air tahu cincau, teh bunga dan juga rasa mantan, iya jika  meminumnya di depan mantan. Oke lupakan mantan.

Dan lagi ini iya, di lebaran ini ada rasa Piala Dunia dan Politik. Yaps lebaran berpasan dengan Pertandingan Sepakbola antar dunia yang memperebutkan Piala Dunia dan siapa negara yang terkuat di dunia dalam sepakbola. Jadi iya kita bisa lebaran sambil nonton bola. Prediksi saya Jerman Menang dan jadi Juara. Tapi ding, kemarin aja kalah sama Meksiko, tidak apa, setaring India eh Jerman maksutnya, memang kalah awalnya aja, kedepannya pasti kalah lagi πŸ˜–. menang maksutnya, semangat Jerman πŸ’ͺ.
makan ketupat gih, biar tambah jago main bolanya.

Dan lagi satu, lebaran rasa politik 😏, jadi misalkan ada yang hmm, ahh sudah lah, Sekarang lagi malas bahas Politik. Tapi cuma mau ngigetin aja tanggal 27 kita libur lagi. Lah maksutnya tanggal segitu kita mengadakan pemilihan kepala daerah di tempat masing-masing, jangan lupa pilih calon pemimpin yang sesuai dengan selera kalian, apapun pilihanya, minumnya tetap teh galon sosro * bukan iklan.

Ok baiklah, sekian tulisan ini, sekali lagi mohon maaf lahir dan batin, dan selamat hari raya idulfitri πŸ™

20 comments:

  1. mohon maaf lahir dan bathin mas septian merih ya lebarannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sama-sama. Mohon maaf lahir dan batin jg πŸ˜€

      Delete
  2. mohon maaf lahir dan bathin dah lewat nggak apa apa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, sama2. Tidak telat kok, kan lebarannya sebulan, hehe πŸ˜€

      Delete
  3. Mohon maaf lahir batin jg Utha.., itu ga nahan deh air orennya sekalian ada kampanye calegnya wkwkwk

    ReplyDelete
  4. Meski agak telat, but no problem lah ya. Mohon maaf lahir batin juga ya. Salam kenal.

    Btw, seru ya. Bajunya kompakan lagi.😊

    ReplyDelete
  5. Asyiknya punya keluarga besar kayak gitu... mudah2an bahagia selalu dan menjadi keluarga sakinah mawadah warahmah...

    ReplyDelete
  6. Lebarannya seru sekali.
    Foto-fotonya juga keren.
    Jadi iri melihatnya, heheheh.

    Iya. Jangan lupa besok ke TPS.

    ReplyDelete
  7. Selamat Lebaran juga mohon maaf lahir dan bathin. Wah makanannya lengkap banget, pasti momennya menyenangkan banget ya, bisa kumpul bareng keluarga plus makan besar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, momen yang paling seru sama keluarga, hehe

      Delete
  8. Suguhan minumnya air kaleng dari malaysia ya, Mas... Mohon maaf lahir dan batin yaaa....

    ReplyDelete
  9. Waaaa emg tu lebaran kl bareng keluarga teman sahabat udah pasti damai dan sejahtera.. Jd pengin main ke situ biar dapat minuman kaleng, buahahah

    ReplyDelete
  10. mohon maaf lahir batin juga ya Baang

    Ooooh jadi khasnya Medan itu air di kaleng yaa..
    ah keren ya, ada khas suguhan lebaran

    hihiihiii, itu masa kecil membahagiakan, dapat THR banyak. Nanti kalau udah punya anak, nggak akan marah kan kalau anaknya pada nyari2 angpau ke tetangga2?
    hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sama2. Haha. Jari THR adalah masa kecil yg paling menyenangkan 😊

      Delete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...