Wednesday, March 1, 2023

Mengenal Beberapa Kolaborasi yang di Buat oleh OREO


Assalamualaikum ada yang mampir ke blog ini, kalau ada terimakasih, ditulisan ini saya akan menulis dan mengulas sedikit tentang produk makanan ringan atau Biskuit yang dari saya kecil sampai sekarang masih disenangi dan disukai semua orang yaitu OREO, ditulisan ini bukan meriview makanannya, tapi lebih tertarik dari strategi pemasaran dan marketingnya yang membuat berbagai cara agar produk makanan ringan / Biskuit OREO ini terus digemari sampai sekarang.

Oreo merupakan Makanan ringan atau Biskuit yang sangat otentik sejak saya masih kecil hingga sekarang, yang selalu di ingat yaitu kue coklat kering yang bentuknya bulat dan di tengah lapisan oreo dikasi cream berbagai variasi jenis rasa yang membuat daya tarik untuk mencoba memakan biskuit oreo tersebut.

OREO ini merupakan nama brand dari induk perusahaan terkenal yang bernama Mondelez International atau Nabisco yang berasal dari negara pamansam Amerika Serikat. Biskuit kukis Oreo Pertama kali dibuat kalau menurut wikipedia itu sekitaran 1912 dan masih bertahan sampai sekarang. Waw seratus tahun juga ini Biskuit. Dan tersebar keseluruh negara salah satunya di Indonesia.

dan dari segi promosi, mereka cukup mengena ke konsumen dari berbagai kalangan dan penikmat coklat tentunnya. yang selalu di ingat sampai sekarang yaitu sebuah iklan yang berisikan kata "Diputar, Dijilat dan Dicelupin" dan juga artis cilik Afika, iya, masih menempel kata tersebut sampai sekarang. big aplause buat ide marketing tersebut.

ditulisan ini yang ingin saya bahas adalah salah satu strategi dari perusahaan pembuat OREO. Strategi Marketing mengunakan KOLABORASI dari berbagai elemen, beberapa diantaranya sebagai berikut :


1. Oreo X Dunkin' Donuts (Tahun 2017)


Kolaborasi pertama Oreo yang akan saya bahas adalah Oreo X Dunkin' Donuts, dua makanan ringan dan manis ini memutuskan untuk bekerja sama dengan menampilkan sebuah produk gabungan dari kedua belah pihak. Dunkin'Dunuts sendiri adalah sebuah restoran ataupun waralaba yang menyajikan berbagai makanan manis yang menjadi menu utamanya adalah Donat dan kopi, bukan hanya makanan manis, mereka juga menjual minuman dengan sajian unik yang digemari oleh konsumennya. Dunkin'Dunuts adalah sebuah perusahaan waralaba yang kuat dengan branding yang sudah terkenal, tokonya juga sudah tersebar di indonesia. Dunkin'Dunuts merupakan makanan kesukaan Jinny di serial Jinny oh Jinny, lah kok nyambung kesana,anak tahun 90an mungkin paham, haha.

kembali ke pembahasan di tahun 2017 Dunkin'Dunuts memulai berkerjasama dengan Oreo demi mendapatkan ke untungan yang telah mereka sepakati, salah satunya produknya Oreo yang terkenal dengan kue kukisnya dengan rasa cream kini menambah rasa baru dengan menciptakan satu rasa khas milik Dunkin'Dunuts yaitu Kopi Mocca. Yaps, hasil kolaborasinya, bentuk Oreo tidak berubah sama sekali, tapi rasa dan bentuk variannya menyerupai Kopi Mocca produk andalan dari Dunkin'Dunuts.

dari tampilannya saja sudah terlihat gimana rasa ditampilkan oleh kedua produk ini, apalagi makan Oreonya sambil duduk manis di gerai Dunkin'Dunuts.


2. Oreo X Pokemon


Kolaborasi kedua yang dibuat Oreo yaitu, mereka Oreo ini bekerja sama kembali tapi, ini bukan dengan sesama produk makanan di pembahasan pertama, kali ini dengan sebuah animasi yang populer pada masanya yaitu "Pokemon". PIKA...PIKA... Yaps Pokemon ini adalah kartun atau bisa dibilang animasi yang tidak lekang oleh Zaman, sampai sekarang orang masih menonton filmnya sampai ada yang mengoleksi action Figur dari berbagai bentuk Pokemon dan Pokemon sendiri diadaptasi ke berbagai permainan yang bertemakan pokemon, seperti permainan Kartu Pokemon, Pengumpulan Striker Pokemon sampai sekarang ada permainan online,yang tersebar di aplikasi pintar yaitu Pokemon Go. ada yang sudah memainkan bermainan yang di tulis diatas, sudah dong Pokemon Go, nyari pokemon, jalan tidak jelas sampai tersesat, hahah, lah kok jadi itu yang dibahas.

kembali ke topik pembahasan, gimana bisa sebuah produk makanan ringan seperti Oreo bisa berkolaborasi dengan Pokemon, menurut saya pribadi, ini adalah sebuah peluang yang dibuat oleh marketing Oreo, untuk menarik orang mengenal lebih tentang produk dari Oreo ini dan yang tidak tau makanan Oreo dengan adanya kolaborasi bersama pokemon ini, jadi menambah daya tertarik untuk konsumen baru untuk mencoba varian yang bertemakan Oreo X Pokemon ini, berbeda dari sebelumnya pergabungan tentang rasa, kolaborasi ini lebih dari segi bentuk dan kemasan dari oreo tersebut.

Bentuk yang dibuat oreo semua bertemakan karakter dari pokemon, masih tetap bulat, tapi di tengah dilingkarannya terdapat lukisan dari karakter-karakter pokemon tersebut. Menurut sumber yang saya dapat ada, 16 karakter pokemon seperti Pickacu, Bulbasaur, Charmander, Cyndaquil, Dratini, Frookey, Jigglypuff, Lapras, Mew, Pancham, Piplup, Rowlett, Sableye, Sandshrew dan Squirtle. Berbagai bentuk inilah yang menjadi daya jual membuat orang atau konsumen untuk membeli dan mencoba oreo tersebut. apalagi para pengemar dan kolektor Pokemon, pasti langsung diburu.

Edisi kolaborasi Oreo X Pokemon ini di produksi secara terbatas, dengan terbatas ini maka bisa dibilang harga yang ditawarkan tidak seperti biasanya, menurut artikel yang saya baca kolaborasi oreo yang bersama pokemon ini, mendapatkan keuntungan yang besar, menurut Kumparan Food, kolaborasi ini bisa dijual dengan harga 1,4 Milyar di Ebay. dan dijual ecerannya sekitaran 4 USD atau diindonesia setara kisaran 57 Ribu rupiah. Menjanjikan juga iya, apalagi disetiap kemasan kolaborasi ini tidak semua sama, atau ke enambelas karakter langsung ditemui di dalam kemasan ada yang sama ada juga yang tidak sama, jadi konsumen yang beruntung bisa langsung mendapatkan ke empat belas karakter, yang belum beruntung harus membeli lagi agar terkumpul menjadi 14 karakter. bahkan yang paling dicari adalah pokemon legendaris bertipe psychic, Mew. dan untuk mendapatkan Oreo berbentuk Mew ini menurut sumber berbandrol harga 69 USD, bahkan bisa lebih di akun penjualan Ebay. Luar biasa strategi marketingnya.

Kenapa bisa dijual seharga yang luar biasa dan kok ada yang beli ? padahal cuma makanan yang untuk dimakan dan akhirnya bentuknya dikunyah kemudian ditelan. Jawabanya adalah pangsa pasar Oreo tau Pokemon lagi populernya dari pertama kali dibuat sampai sekarang, dari generasi ke generasi. Didunia begitu banyak pecinta pokemon, apabila ada hal yang berkaitan dengan pokemon dengan rasa penasaran pasti mereka mencari tau dan akhirnya mengeluarkan beberapa pun biayanya untuk memilikinya, kalau berbentuk makanan mereka akan berusaha mencobanya.

Jadi Kolaborasi Oreo dan Pokemon ini adalah sama sama tau pasar yang membuat keuntungan dari kedua belah pihak.

ada yang sudah mencoba oreo kolaborasi dengan pokemon? gimana rasanya, apakah sesuai dengan bentuk dan harganya. Makan Oreo X Pokemon enaknya sambil memainka permainan kartu pokemon atau bermain Pokemon Go, biar tidak kelaparan saat mencari pokemon, hahay.


3. Oreo X Game Of Thrones



kolaborasi ketiga, Oreo merambah kedunia Game, mereka bekerja sama dengan sebuah permainan game yang terkenal saat itu yaitu Game Of Thrones. Lagi dan Lagi beda tema dan unik, kalau dilihat agak tidak nyambung oreo yang sebuah makanan ringan, biskuit berkolaborasi dengan sebuah permainan game, dan inilah yang dilakukan oreo, bentuk kolaborasinya  yaitu oreo berusaha membentuk biskuit yang mereka jual menyerupai khas bentuk permainan Game Of Thrones. Sebuah bentuk tetap lingkaran di tengahnya ada desain karakter dari permainan Game Of Thrones, menarik. tak tanggung-tanggung menurut mbah google yang saya baca, untuk membuat proyek kolaborasi ini, Oreo bekerja sama dengan Elastic.TV, sebuah perusahaan khusus pembuat kredit pembuka yang telah berpengalaman dalam membuat opening credits.

kolaborasi oreo ini ada empat desain biskuti berbeda dengan karakter yang ada di game Game Of Thrones, menurut saya oreo cerdas mereka mencari pangsa pasar yang lebih luas lagi bagi para pecinta game dan film, khususnya Game Of Thrones. enak nih main game atau nonton film Game Of Thrones sambil ngemil biskuit Oreo X Game Of Thrones


4. Oreo X The Badman



Golaborasi Oreo Selanjutnya dengan The Batman, film super hero yang terkenal pada masanya, sekali lagi oreo mebuat tema yang unik yang berhubungan dengan film dan game, kalau dibilang masyarakat luas, siapa yang tidak kenal batman, simanusia kelilawar ini, yang kalau nyerang sembunyi sembunyi dalam kegelapan, yahh namanya juga kelilawar. kolaborasi Oreo sama Batman ini tidak jauh berbeda dengan kolaborasi sebelumnya yang bersama Game Of Thrones, Oreo membuat bentuk yang menyerupai karakter dari superhero kelilawar ini. Tetap mempertahan kan bentuk lingkaran dan ditengahnya ada kelilawarnya, ehh tidak ding masutnya diatas lingkaran oreo tersebut di desain karakter superhero batman. kolaborasi ini merupakan sebuah pertanda dan memperingati hari jadi oreo yang ke 110 tahun. wah sudah lama juga ternyata oreo ini tercipta. kolaborasi ini sama seperti Game Of Thrones Oreo mencari target pembelinya khususnya penggemar dari film The Batman. yang kemungkinan akan membelinya. makan Oreo X The Batman paling nikmat sambil nonton film The Badman. ciaaah.


5. Oreo X LADY GAGA


Kolaborasi Kelima yang saya bahas, untuk ini sepertinya bukan main-main masalah kolaborasi, Oreo kembali lagi menunjukan kreatifitasnya berkolaborasi dengan salah satu tokoh terkenal, penyanyi dengan segudang prestasi yaitu Lady Gaga, Lady gaga adalah penyanyi solois asal amerika, yang telah mengeluarkan banyak karya dan album yang karyanya digemari diseluruh dunia, salah satu karyanya yang selalu nempel yaitu sebuah lagu 'Bad Romance".

kolaborasi atau kerjasama kali ini menyangkut sebuah tokoh hidup, bukan lagi animasi atau superhero di film dan game, Oreo menawarkan produk baru ke konsumen setianya dengan berkolaborasi bersama lady gaga. Kolaborasi ini juga menargetkan untuk menambah konsumen baru yang target pasarnya tidak lain yaitu para penggemar atau pecinta karya dari Lady Gaga, Oreo menambah pasarnya ke daerah yang berbeda. menurut saya ini adalah peluang dari keduanya, buat oreo bisa menarik perhatian pencinta musik terutama pengemar lady gaga yang belum mengenal makanan ringan ini, untuk mencoba biskuit oreo kolaborasi tersebut, dan dari sisi lady gaga pun mendapat keuntungan dan juga kebanggan namanya tersematkan di sebuah makanan ringan biskuit oreo, ketika orang membeli oreo tersebut langsung mencari tau siapa lady gaga dan mencari karya-karyanya untuk dilihat dan di dengarkan. dan ketika memakan oreo ini suara kita bakalan sama dengan suara ledy gaga lah, ngimpi.

Bentuk desainnya oreo tidak merubah penampilannya, tetap lingkaran tapi biskuitnya dibuat berwarna merah muda dengan ada desain tema degan gaya khas karakter dari lady gaga, isinya berwarna hijau dengan rasa khasnya. Sehingga menambah daya tarik dari biskuit tersebut. Makan biskuit oreo X Lady Gaga sambil mendengarkan lagu Lady gaga, mungkin seru juga iya.


6. Oreo X NBA (National Basketball Association) 



Kolaborasi selanjutnya, Keenam Oreo bekerjasama dengan salah satu penyelengara Liga Basket yang paling terkenal di dunia yaitu NBA, bagi pecinta orahraga basket liga NBA adalah liga basket Amerika yang paling diminati untuk di tonton ataupun bermain di klub yang ada di dalam liga NBA. Oreo kerjasama dengan tema olahraga, wah beda lagi ini oreo bener-bener dah. Yang menariknya, Oreo ini kan jenis makanan ringan, kemudian berkolaborasi dengan sebuah organisasi olahraga, sangat berbeda jauh dunianya, tapi oreo menjadikan ini sebuah peluang untuk memperkenalkan produknya kelebih luas lagi, terutama targetnya yaitu pecinta dunia olahraga seperti olahraga basket.

kolabolasinya dalam bentuk tetap makanan biskuit lingkaran, desain saja ditengah lingkaran Oreonya dibentuk berbagai bentuk club - club yang bertanding di liga NBA. 

sayangnya menurut sumber kolabolasi ini dibuat hanya terbatas, jadi tidak dijual secarahmenyeluruh dan banyak, oreo ini juga menerapkan paket khusus dengan harga jual makanannya juga cukup mahal, tapi menurut sumber yang dapat membeli oreo ini dapat mengikuti undian khusus untuk menonton langsung pertandingan NBA All Starts. Ada yang pernah nyobain, hehe. karna terbatas dan mungkin di jualnya hanya dinegara tertentu. mungkin setelah makan kolaborasi oreo ini kita bisa langsung pandai bermain basket. Mungkin.


7. Oreo X RITZ 



Kolaborasi oreo Ketujuh yang saya bahas, kali ini kembali ke sesama makanan ringan, Mereka berkolaborasi dengan RITZ. RITZ sendiri makanan ringan yang hampir sama dengan oreo, sebuah biskuit cracker dengan rasa sandwich dan kejunya, bentuknya hampir sama menyerupai oreo. Lah... seharusnya mereka bersaing kok malah berkolabirasi, gimana ini kok bisa ? iya gitulah bisnis, terkadang untuk mendapatkan pasar dan konsumen yang sama, tidak hanya dengan bersaing, tapi bekerja sama pun keduanya bisa sama-sama mendapat keuntungan.

kolaborasi kali ini emang benar-benar kolaborasi, mereka menggabungakan kedua rasa dari ciri khas mereka masing-masing, dan terjadilah bentuknya seperti makanan ringan, lah emang iya karena sama-sama lingkaran, lingkarannya tetap dipertahankan dengan menggabungkan dua rasa, di sisi kanan dengan rasa khas Oreo disisi sebalknya dengan biskuit cracker andalan dari RITZ

Disini yang ngebuat daya tariknya dan orang bakal nyobain adalah pergabungan rasanya, percayalah dari rasa penasaran komposisi yang digabungkan, orang bakal tertarik untuk mencobanya.

8. Oreo X Suprime



Nah ini yang kemaren sempat viral dan dibicarakan di berbagai tempat yaitu kolaborasi Oreo Ke Delapan, mereka berkolaborasi dengan produk atau retail merek pakaian terkenal bernama Suprime. Pegiat Dunia Fashion nama Suprime sudah tidak diragukan lagi kualitasnya, baik itu baju, tas dan asesoris yang nilai jualnya cukup mahal, tapi berkelas, target konsumen pasar ritail ini pun bisa dikatagorikan kelas atas. Bicara sedikit tentang suprime sebelum ke kolaborasinya, masih ingat dulu di tahun 2020 suprime ini lagi naik naiknya bahkan menjadi gaya bagi kaum elit atau kelas atas, yang pakai suprime ini menjadi strata atas ketika melihatnya. Bahkan jadi perbincangan banyak orang dari yang original sampai KW.

Dengan gaya elitnya, merk supreme ini berklolaborasi dengan produk makanan dan lagi lagi yaitu Oreo, Njir dari tulisan diatas oreo sudah beberapa kali kolaborasi dengan berbagai sektor baik personal orang maupun brand sebuah produk, baik makanan sampai ke industri fasion.

Setelah kolaborasi ini keluar atau rilis, kembali viral, dikarenakan harga jualnya yang cukup tinggi, bagi yang sudah mengikuti perkembangan Oreo yang telah melakukan kolaborasi dengan berbagai hal sudah tidak kaget, tapi kolaborasi ini muncul ketika Sebuah produk retail fashion ini  dibicarakan oleh banyak orang, muncullah semuah kolaborasi yang cukup jenius menurut saya. dan harga jual Makanan Oreo ini disamakan dengan branding Suprime yang relatif mahal.

bentuk dari kolaborasi ini adalah tetap dengan bentuknya yang lingkaran tapi ada sentuhan khas Supremenya, bentuk berwarna merah dan dilingkaran atas ditulis nama Supreme.

menurut sumber, harga Oreo X Supreme ini bisa mencapa 18.000 dollar AS atau setara 269 Juta, dan ada yang beli. bahkan ini sampai ke indonesia, banyak dari kalangan atas atau review seperti konten creator youtube mencoba Biskuit ini dan mebuat kontem tentang Kolaborasi antara Oreo dan X Supreme ini.

ini menarik dari segi bisnis, yang didapat diambil ilmunya adalah sebuah brand dengan inovasi itu sangatlah penting, dan sebuah brand itu harus mempunyai khas yang menonjol yang mengikat orang untuk mengingat dan mengunakannya. dan ini terjadi dua brand yang kuat, yang satu dari makanan ringan yang satu dari fashion disatukan dan menjadi karya yang luar biasa.

ada yang pernah nyobain, kalau saya tentu saja tidak pernah, hahaha.


9. Oreo X Blackpink (Tahun 2022)


Ini yang terakhir dan masih baru, yang ke Sembilan saya bahas di blog ini, Oreo berkolaborasi untuk kedua kalinya dengan industri entertaiment khususnya penyanyi Grup, kalau yang sebelumnya personal, penyanyi solo lady gaga kalau yang ini langsung satu grup, yang sangat populer di korea dan juga hampir seluruh dunia.

Blackpink Masanya besar, pendukungnya militan, dan oreo cukup dikenal dikalangan pecinta makanan berkolaborasi, sudahlah pecahkan saja kacanya, hahaha

Kolaborasi ini juga viral, selalu muncul di FYP tiktok milik saya, dengan sebuah konten tiktok, mungkin dari fans berat Blackpink, seseorang datang ke sebuah supermarket hanya mencari kolaborasi Oreo X Blackpink. Bukan hanya makanan ringannya tapi juga isi hadiah foto para personil Blackpink itu sendiri. mereka memborong semua kolaborasi ini, kemudian di Unboxing direkam, dimasukan ke tiktok dan berseweran di lama tiktok saya, dan muncullah ide untuk menulis artikel ini, hehe.

Disaat mereka ngeoborong Oreo Blackpink ini, di pikiran saya, kalau jadi bos Oreo, wah cuan ini, ayo borong terus, biar saya dapat cuan, hehe, becanda ding.

Tidak tau kenapa suka saja dengan stategi marketing kolaborasi kayak begini, sebagai penikmat, ini membuat rasa penasaran konsumen akan terus mencoba dan mengkonsumsi Oreo tersebut, baik itu dari segi rasanya ataupun hanya sekedar penasaran karena kolaborasinya.

bahkan bukan hanya kolaborasi saja, oreo sekarang menjadi pokok rasa, toping atau list rasa dari setiap Minuman cepat saji yang dijual di indonesia. 

sampai disini tulisan saya yang membahas tentang sembilan kolaborasi oreo yang saya tau, dan  bentuk kolaborasi tersebut bisa dibilang yang saya sukai, jadi apakah dari kalian yang baca artikel ini ada yang menyukai makanan ringan oreo dan karena membahas tentang kolaborasi oreo, kolaborasi mana yang pernah kalian mencobanya. Sekian tulisan saya apabila ada kata dan kekurangan mohon dimaafkan terimakasih.


No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...