Wednesday, May 31, 2023

Pulau Akar, Sebuah Tempat Wisata yang ada di Selatan Pulau Natuna

Objek Wisata Pulau Akar, salah satu tempat yang kemaren pernah saya kunjungi saat berada di Pulau Natuna. Kenapa bisa sampai ketempat ini dan mengunjungi objek wisata pulau akar ini, ceritanya bermula dari cerita salah satu teman tempat saya bekerja dan emang tinggal di Pulau Natuna. Mereka selalu bercerita tentang tempat ini, katanya ada sebuah pulau kecil yang tidak berpenghuni yang di kelilingi akar - akar pohon dan bebatuan laut langka, yang menjadi daya tarik keunikan terpancar di pulau tersebut, pulau itu di beri nama " Pulau Akar"

Pulau Akar Natuna, begitulah mereka menyebutnya, pulau yang sekarang ini menjadi salah satu kawasan wisata natuna yang telah menjadi Geopark Nasional, pulau ini terletak di pesisir pantai timur tenggara natuna. lebih tepatnya ini berlokasi di desa cemaga, kecamatan bunguran selatan, Natuna.

Kebetulan di hari yang senggang saat berada di Natuna kemaren, saya berkesampaian mengunjungi tempat ini, berhubung saat itu pekerjaan tidak terlalu banyak yang dikerjakan dan masih masa senggang, saya berdua teman kerja, mengunjungi tempat tersebut, apakah emang betul sesuai cerita atau tidak, kami pergi di sore hari kisaran jam 2 sore, eh bukan sore iya ini, haha. kami berangkat dari Kantor dan juga mess tempat tinggal, mengunakan motor, dan kisaran hampir satu jam saya sampai ke lokasi tujuannya yaitu wisata Pulau Akar. selama perjalanan kami disugihi indahnya pesisir pantai yang ada di natuna.

Kisaran jam tiga sore kami tiba di lokasi, karena bukan hari libur, jadi tidak ada orang, saat itu hanya kami berdua saja.

Owh iya ini cerita dokumentasi saya yang terarsip, ketika saya berada di Natuna di Tahun 2018 lalu, tulisan ini sudah terarsip lama dan baru terselesaikan sekarang, hehehe.

Lanjut ke cerita, pandangan pertama saya setelah melihat tempat ini, waw satu kata "Unik", sebuah pulau kecil, tidak ada penghuni tetapi dikelilingi akar-akar pohon dan bebatuan.

Sesampai disana kami memakirkan motor, Karena jarak pulau dan pesisir pantai tidak terlalu jauh, dan disana terdapat jembatan penghubung juga, maka kami berjalan kaki menuju pulau tersebut.

Jarak antara pulau Akar dan Pesisir Natuna hanya 50 meter. dan menurut sumber pulau ini hanya berdiameter kurang lebih hanya 10 meter.

Di daerah pesisir pulau akar ini juga terdapat pelantar tempat nelayan memakirkan sampan atau kapal mereka, sebelum dan sesudah pergi melaut jadi terdapat dua fungsi yang menarik di daerah sini.

Tidak mengunakan waktu lama, kami mulai mengeksplor pulau Akar yang sering di bicarakan oleh masyarakat di sekitaran natuna.

Pulau akar ini kalau terlihat di batu  nisan pengesahan di pugar atau dirapiin di tahun 2016 oleh pemerintah setempat.

Pulau Akar keunikan selanjutnya yang terlihat dimata saya yaitu seperti kolaborasi alam antara pulau kecil, akar pohon dan bebatuan laut, di tambah air laut yang sangat jernih dan ombak kecil yang menghempas mengelilingi pulau ini.

disini kami hanya mengabadikan foto, duduk santai sambil melihat pemandangan laut yang sangat-sangat luar biasa, keren.

Review tentang  tempat ini, yah seperti yang saya telah saya tulis diatasi, sebuah pulau kecil, untuk menuju ketempat pulau ini bisa berjalan kaki melaui jembatan warna warni, kemudian di tempat ini terdapat tiga gazobo kayu yang sepertinya sudah disiapkan oleh pemerintah setempat untuk beristirahat, di pulaunya terdapat pohon kelapa, pohon mangrove dan akar akar pohon yang bertebaran di pulau ini, ditambah pulau yang dikelilingi batu laut yang sangat cantik plusss air laut ditempat ini sangat jernih, jadi kalau mau relaksasi atau mediasi tempat ini sangat cocok, kalau sepi pengunjung seperti kami.

saat itu kami hanya berdua saja, jadi seperti memiliki pulau itu sendiri.

Tidak banyak yang bisa saya ceritakan di tempat ini hanya bisa bilang keren, pengen balik lagi, haha

oke beginilah cerita singkat dari saya, yang saya bagikan, dan sayang kalau tidak saya bagikan, walaupun telat 5 tahun untuk memposting ini, lebih baik di posting dari pada terarsip, yang penting bisa mendokumentasikan sekecil perjalanan ini.