Wednesday, June 7, 2023

Melihat Langsung Danau Biru dan Juga Viara Baru Gunung Kijang

Hallo, Assalamualaikum teman semua, beberapa minggu lalu pas lagi masa liburan, dan lagi gabut-gabutnya, sempat bertanya kepada diri saya sendiri, tempat apa iya yang menarik untuk dikunjungi selagi waktu kosong, berhubung masih suasana liburan dan terelisasikan lah tempat yang saya kunjungi saat itu yaitu Vihara Galang Batang dan Danau Biru, Kijang.

awal niat kepikiran untuk mengunjungi tempat ini adalah dari beberapa postingan orang di sosial media dan beberapa akun promosi pariwisata setempat, jadi kepengen meliat secara dekat, langsung dan penasaran gimana bentuk dari tempat ini. Berawal dari penasaran itulah saya mengujungi list tempat yang saya ingin kunjungi, sambil jalan jalan sore di hari minggu. Melupakan besok adalah senin yang mengharuskan untuk bekerja. haha

saya perginya tidak sendiri, kebetulan abang saya juga lagi dirumah dan tidak ngapa-ngapain, dari pada tidur dirumah terus pas masa liburan, jadi saya mengajak abang saya ini untuk menemani saya mengunjungi tempat-tempat tersebut.

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Vihara Gunung Kijang, yang terletang di kawasan Pulau Bintan, Kepulauan Riau.

kisaran jam setengah tigaan saya meluncur dari rumah menuju tempat tersebut menggunakan sepeda motor.

ini adalah pertama kali saya mengunjungi tempat vihara galang batang, dan buta map, kalau dilihat dari aplikasi google map lokasinya tidak terlalu jauh dari rumah, lokasi yang di daerah sini emang jarang sekali saya kunjungi, jadi agak tidak tau jalan, ehh bukan agak sih, tapi emang tidak tau jalan, dengan modal google map, ngecek dulu dan mengaktifkan menu navigasi, barulah berangkat.

menurut google untuk menuju ketempat ini kisaran 30 Menit. Dan diperjalanan setelah melewati jalan raya yang beraspal, dikasih petunjuk atau plang di pinggir jalan untuk masuk menuju Vihara tersebut, jalannya keluar dari jalan aspal, Karena masuk ke dalam, arus masuknya masih jalan tanah, entah kenapa padahal satu daratan loh, karena masuk ke tempat ini masih semi hutan dan jalannya setapak tanah, jadi saya tergocek oleh google Map.

Di persimpangan terdapat dua ruas jalan kiri dan kanan, dan si googlenya mengarahkan ke arah kanan yang jalan buntu, rupanya di ruas kiri, dan sedikit kesel sama google akhirnya saya mutar balik dan sampailah saya ke tempat pertama yang ingin dikunjungi. tempat pertama tersebut bernama ''Vihara Galang Batang Gunung Kijang''.

Vihara Galang Batang
Sumber Gambar dari Google map

Owh iya sebetulnya vihara ini bukan tempat pariwisata resmi setempat, melainkan tempat ibadah umat budha, tapi tempat ini mempunyai daya tarik yang membuat penasaran untuk mengunjunginya. keunikan tempat ini adalah desain bangunannya yang sangat mirip bangunan - bangunan khas kuil yang ada di negara tetangga Thailand.

dan mengunjungi Vihara bukan yang pertama, ditulisan saya yang sebelumnya saya juga sudah mengunjungi beberapa tempat yang hampir mirip dengan tempat ini dan mempunyai keunikannya tersendiri.

Di pulau bintan sendiri begitu banyak Vihara yang unik-unik dan layak untuk dikunjungi salah satunya vihara ini, vihara gunung kijang.

Vihara Galang Batang
Sumber Gambar dari Dokumen Pribadi

Sesampai di tempat ini, bangunannya belum sepenuhnya jadi, masih kisaran 80% proses pembangunan, jadi saya berdua abang saya, kami berkeliling dan berfotoria di tempat- tempat yang pas dan menarik untuk diabadikan, yaps orang kekekinian menyebutnya Instagramnable.

karena masih belum jadi sepenuhnya, jadi tidak banyak orang mengunjungi tempat ini, dan beruntungnya tidak banyak orang saat itu. jadi bisa eksis tanpa malu ada orang yang ngelihatin.

ditempat ini kami hanya berkeliling melihat keunikan bangunan vihara saja dan duduk-duduk santai sambil menikmati pemandangan yang ada di vihara Galang batang ini. Karena kami perginya sorean jadi kami memutuskan untuk pulang kerumah.

dan ada satu tempat yang tidak jauh dari tempat ini yang menjadi list saya, dan juga karena penasaran ingin saya kunjungi, yaitu tempat kedua bernama Danau Biru Kijang, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau (Pulau Bintan)

Danau Biru Kijang
Sumber Gambar dari Google Map

Kami melanjutkan perjalanan, hanya sepuluh menit nyampai ketempat danau biru tersebut. Danau Biru bukan tempat pariwisata sama hal dengan Vihara Gunung Kijang, danau biru ini adalah suatu keunikan tersendiri. Pada awalnya Lokasi danau Biru ini adalah sebuah lokasi tambang pasir.

Karena penambangan, Pengerokan pasir, bekas tambang tersebut menampung air hujan, dan tidak digunakan lagi untuk tambang pasir, jadi airnya itu berkumpul dan menjadilah seperti danau dan uniknya, ini danau tercipata tersendiri, perpaduan pasir putih dengan air biru, Jadi masyarakat setempat menyebutnya Danau Biru.

Danau Biru Kijang
Sumber Gambar dari Dokumen Pribadi

Ditempat ini sama seperti sebelumnya, karena bukan tempat pariwisata hanya kami saja yang ada disana, keliling sebentar, mengabadikan Foto, untuk kebutuhan instagram.

Setelah dari danau biru, kami singgah sebentar suatu lokasi tempat makan di daerah kawal, nama daerah setempat, kemudian setelah selesai makan kami kembali kerumah.

berawal dari penasaran, akhirnya kesampaian mengunjungi tempat ini, dan melihat secara langsung gimana bentuk kedua tempat ini, pertama Vihara Galang Batang Gunung Kijang dan Tempat Kedua Danau Biru bekas galian tambang pasir.

dan segitu saja cerita dari tulisan saya, cukup terhibur dan hampir melupakan bahwa besok adalah senin, dan penutup apabila ada salah dalam penyampaian cerita saya mohon maaf dan terimakasih yang sudah bersedia membaca tulisan ini.