Monday, October 2, 2023

Karya Seni dan Popaganda dari Sebuah Negara

 



Hallo semua, apa kabar ? ... Bismillahirrahmanirrahim. Tulisan kali ini saya ingin bercerita dan beropini sesuai apa yang ada dikepala saya saja. Dari pada melingkar dan kepikiran diotak dan tidak tersalurkan, lebih baik saya salurkan ke bentuk tulisan di blog ini, dan yang akan saya tulis adalah Sebuah karya, kenapa bisa menjadi propoganda di suatu negara di dunia termasuk Indonesia

Propaganda menurut orang awan adalah konotasi dari kata perseteruan atau dahulu dipakai sebagai strategi dalam peperangan.

Kalau di era sekarang ini, Propaganda adalah sebuah ide berlian yang dapat menguntungkan sebuah negara.

Propaganda yang akan saya tulis disini dari segi positifnya saja iya, berkaitan tentang sebuah Karya Seni.

ini merupakan luapan kegelisahan yang akan saya tulis di blog ini.


Propaganda menurut beberapa artikel yang saya baca yaitu sebuah penyebaran informasi secara sengaja dan melakukan penekanan khusus ke semua media massa agar dapat mempengaruhi suatu kelompok maupun kesemua yang terkena dampak propaganda tersebut.

Di zaman kemerdekaan indonesia atas belanda, propaganda pernah dilakukan pihak belanda untuk memecah belah masyarakat indonesia agar tidak mempercayai sesuatu dan mereka akan terus menancapkan kekuatannya di negara kita.

Zaman sekarang propaganda dijadikan sebagai strategi jitu pemasaran dan pemberian informasi, sebagai sarana promosi yang dapat dan mengutungkan bagi suatu negara tertentu. Salah satu cara yang bisa digunakan untuk propaganda adalah dengan "KARYA SENI" yang diciptakan orang atau kelompok dari suatu negara.

Nah saya akan membahas ''Bagaimana bisa sebuah karya Seni ini dijadikan propaganda untuk mendapatkan suatu tujuan bahkan keuntungan baik itu secara individual, kelompok bahkan sebuah negara".


Karya adalah suatu ciptaan yang dibuat oleh manusia melalui ide gagasan, kemudian disalurkan ke berbagai bentuk dan Jenis tertentu, sehingga menjadikan sesuatu tersebut terlihat istimewa dan bisa dinikmati banyak orang.

karya Seni yang sering kebanyakan orang ciptakan adalah Film, Sketsa, Drama, Musik, Lukisan, Tulisan, Video dan masih banyak lagi.

Karya Seni inilah tanpa disengaja atau dengan sengaja dapat mempengaruhi seseorang untuk menyukai dan mengikuti karya tersebut. 


Menurut saya, melalui tulisan ini sebuah karya bisa jadi unsur yang kuat sebagai propoganda karena dengan disebuah karya, kita bisa memasukan informasi yg membuat orang langsung mengenali informasi tersebut.

Di semua negara telah melakukan hal tersebut baik itu melalui ide sendiri ataupun perintah strategi dari negara tersebut.

Nah disini saya akan memberikan beberapa contoh negara yang sudah melakukan Propaganda dengan sebuah karya Seni, ini menurut dan versi saya yang hanya sekedar opini lepas. 


1. AMERIKA SERIKAT

Pertama kita terbang jauh ke negara Pamansyam, AMERIKA SERIKAT, di negara ini begitu banyak karya-karya seni muncul dan populer, karyanya sampai membuat kita untuk tertarik menikmatinya dan menjadikan salah satunya karya terfavorit bagi penikmatnya. Karya yg akan saya bahas disini yaitu dari aspek atau perkembangan industri Music, Film, Drama Series, Tulisan, Lukisan dan sejenisnya.

Banyak Karya dan Branding yang sukses mereka ciptakan, mulai dari Buku, Novel, Komik,Animasi,Kartun,Musik, Film Layar Lebar dan Drama Series TV.

Karya Seni pertama yang akan saya bahas yaitu seni tulisan dan seni menggambar, seperti Buku, Novel, Komik yang mereka ciptakan banyak peminatnya dan menjadi populer sampai keseluruhan negara. Salah satunya seperti Komik gambar karya dari DC Comik dan Marvel komik yang bertemakan superhero terkenal seperti Badman dan Advengers dan ada juga dari Disney komik bertemakan imajinasi dongeng khas anak-anak.

"MARVEL dan DC"
Sumber Gambar dari Google


dengan adanya perkembangan teknologi, merubah karya seni dari sebuah seni  gambar komik terus berkembang dan beradaptasi ke gambar bergerak atau animasi dan orang kebanyak sering menyebutnya kartun.

karya Animasi dan Kartun yang diproduseri negara Amerika Serikat ini juga banyak yang populer dan temanya masih menyangkut tentang adaptasi komik Superhero mereka ciptakan seperti Badman, Superman, Iron Man dan Masih banyak lagi, dari segi kartunnya imajinasi ada powerpuff girl, Tom and Jerry dan juga kartun animasi yang sering disangkut pautkan dengan politik amerika dan bisa di bilang terdapat unsur informasi propaganda yang sangat kuat dan terkenal yaitu Kartun The Simpsons sebuah kartun yang bercerita tentang gambaran kehidupan sehari-hari namun disajikan dengan sindiran terhadap sebuah situasi dan kebijakan.

"Donald Trump di Animasi The Simpsons"
Sumber Gambar dari Google

"The Simpsons dan Fenomena yang telah terjadi"
*Sumber Gambar dari : infografis

"The Simpsons dan Virus Corona"
*Sumber Gambar dari : suarasurabaya.net


Kartun The Simpsons ini salah satu hal yang terlihat dan sering diperbincangkan di negaranya bahkan dunia, karena kerap katanya bisa meramal masa depan. Beberapa penggalan cerita yang mereka buat mengandung unsur informasi berbagai hal mengenai kehidupan sosial dan juga terdapat unsur politik yang terjadi di amerika. The Simpsons disebut sebagai kartun peramal masa depan. Secara sengaja atau cuma kebetulan, beberapa adegan dalam kartun tersebut beneran terjadi di kehidupan nyata.

Dari Industri Seni menggambar ini saja pemerintah amerika sudah mendapatkan keuntungan yang lumayan atau bahkan cukup besar, baik dari segi ekonomi maupun sebagai sarana promosi / mengenal dari negara Amerika tersebut.

 

Dari Industri karya seni Musik juga sama, di negara Amerika ini begitu banyak karya tulisan bersuara atau seni bernyanyi dari seorang penyanyi dan musisi yang di gandrungi atau disukai sampai keseluruh dunia. Bukan hanya karya musiknya tapi para musisinya juga mempengaruhi dunia dengan hal lain atau informasi yang mereka sampaikan melalui karya yang mereka ciptakan, khususnya melalui industri musik.

Terbukti hampir semua musisi terkenal asal amerika ini sudah manggung atau konsèr atas seni bernyanyinya sampai keseluruh dunia yang mereka menyebutnya Musik tour word, dengan membawakan karya dari mereka yang di dalamnya juga terdapat unsur yang telah mereka sampaikan melalui karya lagu dan aksi bernyanyi mereka. 

Musisi yang terkenal seperti Taylor Swift dan Bruno Mars pengaruhnya begitu besar, mereka merupakan penyanyi yang sudah hampir manggung ke seluruh dunia dan jasa mereka juga digunakan sebagai sarana promosi bagi pemerintahan Amerika dalam menyalurkan berbagai unsur budaya dan promosi untuk negara amerika tersebut.



Selanjutnya Industri Film, Negara Amerika ini bisa dibilang tempat awal munculnya berbagai film-film terbaik yang kita nikmati sampai sekarang. Contohnya seperti Advengers, X-Man, Superman dan masih banyak lagi dari adaptasi komik. Karya perfilman yang di produksi di negara ini dapat mempengaruhi penikmat film bukan hanya dari penikmat film lokal amerika saja, tapi meluas ke seluruh dunia.

Begitu banyak karya film terkenal di seluruh dunia yang di buat dari negara Amerika ini, membuat kepopuleran Film Hollywood (sebuah julukan film yang di produksi di negara amerika) dapat menguntungkan bagi negara amerika dan beberapa film tersebut menyimpan makna, pesan, informasi dan pengetahuan tentang negara amerika itu sendiri.

Membahas Film produksi Amerika dengan Hollywood-nya, mereka sudah banyak membuat dan memproduseri film-film yang berkualitas dari berbagai tema atau genre  yang beragam. Seperti tema Peperangan, Superhero, Gaya Hidup dan Masih banyak lagi, dan salah contoh film yang pesan propaganda sangat terlihat menurut saya adalah film bertemakan peperangan.

yaps pada sejarahnya amerika salah satu negara yang ikut berkonflik di Perang Dunia II, jadi banyak hal yang bisa mereka ankat menjadi karya produksi film. Film tersebut seperti Red Down di film ini menceritakan mengenai seseorang anak muda yang meuberontak dan mencoba melawan pihak korea selatan yang menginvasi amerika secara tiba-tiba. Black Hack Down film yang menceritakan perjuangan tentara amerika dalam peperangan di Somalia. Pearl harbour Film yang diangkat dari kisah nyata tentang penyerangan tentara jepang di Pearl Harbor saat perang dunia II. dari film-film ini banyak mengandung informasi mengenai gimana perjuangan, gaya perang amerika sampai informasi kekuatan militer amerika tertentu yang di masukan ke beberapa adegan di film-film tersebut.

dan Juga beberapa film bertemakan Superhero yang mengandung unsur informasi mengenai kekuatan dan teknologi dari negara amerika itu sendiri. Film superhero amerika kebanyakan adaptasi dari komik yang mereka ciptakan dan diadaptasi ke live action.

film bertemakan lainnya juga terdapat pesan lebih luas tentang beberapa unsur yang mereka lakukan sebagai media informasi kedunia.

dari sini sudah jelas unsur Propoganda dari mereka dalam sebuah karya seni dengan memasukan beberapa karakter, fashion, gaya hidup, pengenalan tempat ke sebuah karya, dari hal kecil sampai yang besar, agar menjadi daya tarik orang untuk mengenal negara mereka, sehingga bisa mendapatkan keuntungan bagi pemerintahan Amerika sendiri dan juga memberikan informasi tentang kekuatan yang mereka miliki dari berbagai faktor tersebut.


Salah satu faktor atau keuntungan yang terlihat sangat jelas seperti Disney dan Universal, rumah produksi besar ini dengan karya yang mereka keluarkan berkembang sangat cepat dari segi industri Film dan musik bahkan mereka Disney dan Universal dengan inovasinya membuat mahakarya baru seperti tempat hiburan atau Studio. Bertemakan sarana bermain dan juga pameran Miniatur dari tema karya yang telah mereka buat, sehingga membuat pengemar atau penikmat film atau karya mereka tertarik untuk datang ke Amerika, hanya ingin melihat secara langsung tempat tersebut. 

Nama tempat hiburan tersebut adalah Disney Land dan Juga Universal Studios. sekarang ini tempat hiburan Disney dan Universal bukan hanya ada di negara mereka sendiri Amerika, tapi juga meluas keseluruh dunia. Seperti sekarang sudah ada di negara Jepang, Singapura, China dan masih banyak lagi, industri ini terus berkembang sebagai franchise dunia hiburan.

dan satu pembahasan lagi, pemerintah Amerika Serikat ini membuat beberapa tempat yang bertemakan tentang karya produksi mereka, yang ini bukan dari unsur perusahaan, tapi dari kebijakan atau buatan pemerintah amerika sendiri, seperti menempatkan logo nama-nama artis/pemeran seni yang dipamerkan di suatu tempat kota besar amerika, tempat tersebut bernama Hollywood Walk Of Fame dan juga logo atau Tugu Holywood yang di pasang di bukit Los Angles. Ini merupakan hal kecil yang bisa mendapatkan keuntungan bukan hanya produser film tersebut tapi juga pemerintahan amerika dari segi pariwisata.

Owh iya ada satu lagi nih yang menganjel. Propaganda ada yang bersifat Positif seperti penjelasan diatas, ada juga yang nyeleneh, begitu juga dengan karya seninya, munurut saya belakangan ini agak kurang sreg dengan beberapa film dan juga drama series amerika, ntah kenapa hampir semua yang saya tonton, seperti yg terakhir di Netflix film The Mutan, mereka memasukan hal yang diluar nalar, mempromosikan LGBT yang beberapa negara tidak terima. Adengan cimuman sesama jenis yang ngebuat malas untuk melanjutkan menonton lagi dan berhenti sejenak menonton film karya yang di produserin orang amerika. 

Bukan hanya dari film, tapi juga dari industri musik, beberapa minggu kemaren yang sempat viral di negara Malaysia, Grub Band yang di undang di Festival di Malaysia yang jujur tidak pernah tau lagunya mereka, grub musik band ini sama melakukan hal yang mendukung sesuatu seperti diatas. *paham lah iya.


Jadi misalnya ditanya keuntungan bagi pemerintah amerika itu sangat terlihat dari karya-karya yang mereka ciptakan, dari segi film mereka mengunakan bahasa inggris dengan logat AS, yang menunjukan bahwa itulah bahasa yg mereka gunakan sehari-hari, bukan hanya film, komik dan musik juga sama berpengaruh, dari segi bahasa yang membuat orang untuk menikmati karya mereka setidaknya kita balajar bahasa mereka dari karya filmnya. Bukan hanya bahasa yg mereka gunakan, tapi dari segi branding kota dan unsur unsur tempat yang mereka lakukan dalam syuting produksi karya Membuat kita untuk berkunjung kenegara tersebut.


 ********


2. INGGRIS RAYA

Ceritanya berlanjut, kita terbang ke Eropa. Salah satu contoh sampel kedua yang akan saya ambil dan bahas adalah negara adidaya "Inggris Raya".

sebetulnya negara ini propaganda terkuatnya ada dari segi Olahraga seperti Sepak Bola, tapi tema tulisan saya tidak disana, pembahasan yang saya tulis bakal sama dengan negara Amerika yaitu mengenai karya seni.

Salah satu propaganda mereka yang akan saya bahasa yaitu melalui karya seni seperti Buku, Novel, Film, Musik, Seni Lukisan dan lain-lain. Beberapa karya mereka juga dapat mempengaruhi dunia dan juga meletakan informasi mengenai Inggris raya tersebut.

Pertama, Novel, di Negara Inggris industri seni menulis juga sangat populer sampai ke seluruh dunia, dan mempunyai unsur tema bacaan yang beragam, seperti bertemakan sejarah kerajaan Inggris Legendaris dan juga novel terlaris yang pernah mereka liris yaitu Novel Harry Potter, Narnia dan masih banyak lagi.

Inggris Raya terkenal dengan adidaya kerajaannya yang hampir menguasai dunia. Kalau dilihat sejarah, Inggris Raya merupakan salah satu negara yang mempunyai kedudukan tinggi dalam menguasai suatu negara, bahkan sampai sekarang menjadi sebuah serikatan antar negara yang disebut Negara Sepemakmuran Inggris. Sebuah asosiasi bebas negara-negara berdaulat yang terdiri dari Inggris dan sejumlah negara Jajahan atau bekas kekuasaan Inggris sebelumnya, yang telah memilih untuk mempertahankan ikatan persahabatan dan kerjasama praktis. 

Negara persemakmuran Inggris juga mengakui Raja Inggris sebagai kepala simbolis asosiasi mereka. Sistem Hirarki Kerajaan ini menjadi suatu hal atau tema yang menarik untuk dijadikan sebuah karya seni. Dan dalam filmnya terdapat banyak pesan tersirat mengenai unsur kerajaan Inggris Raya.

Berbicara mengenai kerajaan inggris itu menurut saya sangat populer sampai keseluruh dunia. Saya pribadi sampai mengenal beberapa tokoh dan mengikuti perkembangan di istana Inggris melalui media dan karya yang mereka ciptakan, sampai sekarang saya masih mengikuti dan sedikit mengikuti bahkan hapal beberapa tokoh istananya. Mulai dari kehidupan Ratu Elizabet II sampai kematiannya, pernikahan putra mahkotanya charles III dengan putri diana, kemudain meninggalnya putri diana dan terakhir pernikahan cucunya pangeran William

Lanjut ke industri Musik, ada beberapa musisi terkenal yang berasal dari Inggris yang telah mempengaruhi dunia dengan karya mereka. Seperti The Beatles,Coldplay Jhon Lenon, Adele, Ed Sheeran dan masih banyak lagi. Para musisi terkenal ini secara tidak langsung membantu mempromosi, memperkenalkan negaranya melalui karya dan tur dunianya.

Selanjutnya lagi dari Industri Perfilman yang bertemakan sejarah kerajaan, peperangan, fantasi dan adaptasi Novel seperti Film 1917 yang bertemakan perang dunia Pertama, Sky Fall yang berceritakan tentang seorang agen. Film Harry Potter adaptasi Novel yang bertemakan tentang dunia penyihir dan juga ada The Crown film yang bertemakan tentang keluarga kerajaan inggris, sama ada serial televisi terkenal seperti Mr.Bean yang walaupun cerita komedi ringan tapi banyak pesan yang tersampaikan dari film tersebut dan juga beberapa industri film lainnya yang bertemakan tentang kejayaan Kerajaan Inggris dalam keberasilan menguasai dunia dan membuat negara ini menjadi negara yang sangat dihormati seluruh dunia.

"Salah satu film dari Netfix bertema kerajaan Inggris"

Sama seperti Amerika, negara inggris juga mendapatkan keuntungan dari karya seni yang mereka keluarkan, dari berbagai faktor, mereka juga mendapatkan keuntungan dari segi ekonomi dengan penjualan dari industri diatas, karya seni dengan balutan informasi yang membuat masyarakat dunia melihat dan mengenal negaranya. Beberapa Film Buatan Inggris juga melakukan hal yang sama seperti Disney yang ada di amerika, salah satu contohnya film paling terkenal harry potter juga membuat tempat khusus, museum, pegelaran seni, miniatur khas mereka, membuat penggemar penasaran dan ingin mengunjungi tempat tersebut dan imbasnya negara ini mendapat keuntungan dari sektor pariwisata. 


***


3. INDIA

Setelah Amerika dan Inggris Raya, pembahasan selanjutnya ke Negara Asia, saya akan terbang ke Negara Asia bagian Selatan, Negara INDIA, caiya...caiya...caiya.... Karya Seni yang mereka negara India ciptakan cukup mempengaruhi dunia, mulai dari karya seni atau industri Musik dan perfilemannya yang sangat kental dengan unsur kebudayaan dan Sejarah.

Yang paling terkenal yaitu sebuah film dipadukan dengan unsur Musik, kemudian memasukan lagi diadegan filmnya beberapa unsur-unsur Budaya, ciri khas dan gaya hidup orang India.

Industri perfilman India sampai saat ini mampu menyaingi film buatan negara Amerika dan juga Eropa. Kalau di negara Amerika mereka mempunyai atau karyanya dijuluki dengan film-film HOLLYWOD, nah di negara India juga mempunyai julukan tersendiri dengan sebutan BOLLYWOOD. 

Di negara India yang membuat orang tertarik untuk melihat/menonton film mereka itu karena yaps pengabungan unsur yang mempunyai kultur khas Seni Budaya seperti tarian, musik tradisional, unsur keagama, gaya hidup sehari-hari mereka dan juga tema film yang mereka sajikan dipadu dengan pemeran yang bertalenta sehingga mampu menciptakan karya yang luar biasa, sehingga dapat mempengaruhi orang yang ada di India bahkan seluruh Dunia untuk menonton atau menikmati film produksi mereka dan dengan ada industri ini sangat berdampak besar dalam segi pertumbuhan dan penyebaran budaya bagi negara India itu sendiri. Mereka, negara india ini dengan sangat mudahnya memberikan informasi dalam memperkenalkan beberapa hal yang positif di India melalui karya seni-nya yang bisa jadi menguntungkan bagi negaranya tersebut.

Masih membahas tentang perfilman di negara India, mungkin sekarang saya pribadi sudah jarang menonton film India, tapi saat dulu sepertinya sering menonton beberapa dari film negara India tersebut. Begitu banyak film terkenal dan sangat laku di pasar internasional dam penyebaran filmnya sampai di seluruh dunia, termasuk negara Indonesia, seperti Kuch Kuch Hota HaiKabhi Khushi Kabhie Gham, film bertemakan percintaan dan perpaduan dengan seni tari dan musik, Koi Mil Gaya, 3 Idiot dan masih banyak lagi.



Cerita sedikit, masih masih samar teringat saat beberapa tahun belakang walaupun tidak terlalu mengikuti beberapa filmnya, tapi film karya negara india ini sempat menjadi penghibur saya saat itu. Film india dulu sangat populer dengan penjualan kaset DVD-nya jadi bisa  menghabiskan waktu menonton film india tersebut, sekarang di Negara india sudah tidak ada lagi penjualan film mereka melalui kaset DVD, mungkin ada, tapi tidak banyak. Di era saat ini mereka telah merubah strategi pemasaran film mereka ke bentuk Digital yang lebih praktis.

Bentuk digital seperti Youtube dan beberapa platfom nonton film perbayar, owh iya fun fact salah satu perusahan produser karya seni film dan juga musik di negara india ini yaitu T-Series menjadi salah satu bahkan menepati posisi pertama dalam jumlah pelanggan atau subscraiber terbanyak didunia, dan ini lah salah satu yang membuat industri karya seni India terus berkembang.

Kembali kepembahasan, seperti yang saya cerita diatas, pergabungan unsur menjadi keunikan tersendiri dari film-film yang diproduseri di negara India ini, mereka selalu memasukan beberapa unsur budaya, gaya hidup yang sering terjadi di setiap adegan filmnya.


kebanyakan ada unsur seni tarian dan bernyanyi nyanyian khas India yang membuat film tersebut tambah menarik untuk di tonton atau dinikmati dan di film-nya yang memasukan beberapa unsur tradisi keagamaan ditambah katakter tokohnya yang unik dan juga beberapa kali adegan film yang memperkenalkan/pamerkan Pakaian dan Makanan khas tradisional India. 

dari segi Karya Musik, tidak terlalu banyak yang saya bahas karena dengan perpaduan dalam sebuah film itu sudah menjadi daya tarik tersendiri dan juga karya musiknya dimasukan sebagai sountrack itu juga sudah cukup bagi seseorang atau penikmat karya seni untuk mengenal karya musik dari negara India ini, ditambah aransemen alat musik tradisional dari lagu mereka membuat orang tertarik untuk mendengarkan lagu tersebut, walaupun mereka tidak mengerti artinya.


Dampak berkembangnya Karya Seni seperti Film dan Musik ini cukup besar pagi Negara India, karena karya seni ini sangat mampu dalam membantu perekonomian di negara Tersebut, dengan menyebarnya beberapa film Bollywood ke berbagai negara membuat negara india semakin dikenal banyak orang dan pemerintahhan india menjadikan Bollywood sebagai alat promosi yang di balut sedikit unsur propaganda dengan nilai budayanya dan juga dijadikan sebagai media diplomasi pemerintahan negara india untuk mempererat hubungan ke berbagai negara, termasuk negara kita indonesia. Industri Bollywood tujuannya tidak sekedar menghibur penonton, namun telah menjadi salah satu motor perekonomian bagi India, dengan mempekerjaan jutaan orang dan menghasilkan pendapatan miliaran dolar setiap tahun.

Menurut Penelitian dari kampus UPN Veteran Jakarta, menyebutkan bahwa karya industri Bollywood merupakan salah satu penopang perekonomian negara India. ini sangat terlihat dari beberapa pengaruhnya terhadap dunia, termasuk di negara indonesia. Dengan banyaknya yang menonoton atau penggemar film bollywod, menjadikan pangsa pasar baru bagi negara india dalam penyebaran budayanya. Meluasnya budaya - budaya dan tempat di India menyebabkan perkembangan pertumbuhan ekonominya meningkat. 

Sebut saja industri makanan, baju adat menjadi banyak yang berminat dan kemudian akan membeli prodak asli negara india tersebut dan juga tempat-tempat terkenal yang ada di India karena adanya industri seni tersebut membuat pengemar karya mereka untuk tertarik berwisata kenegara ini. 

Salah satu negara penikmat karya film india yaitu indonesia, perkembangan Industri Bollywood di Indonesia dapat dilihat dari banyaknya minat akan produk India di Indonesia hingga ke pariwisatanya. Budaya India yang disebar melalui industri Bollywood ini kemudian berdampak pada meningkatnya perekonomian India dilihat dari meningkatnya pembelian akan barang produksi India oleh Indonesia. Bollywood yang sangat kental akan budayanya kemudian menarik minat masyarakat seperti kain Saree yang dikenakan salah satu artis India hingga ke manisan khas India, yaitu makanan yang terdapat di film yang kemudian menarik masyarakat untuk mencoba manisan tersebut. Pakaian Saree yang dikenakan tidak lengkap rasanya jika tidak ada hiasan tangan berupa “henna”. Henna merupakan hiasan tangan dari India yang biasanya digunakan pada acara khusus seperti pernikahan sebagai aksesoris pelengkap seorang perempuan. Dapat dikatakan dengan menyebarnya Bollywood di Indonesia juga kemudian menaikkan tingkat impor akan barang-barang India di Indonesia Bukan hanya tingginya akan minat produk India di Indonesia, Bollywood juga menaikkan pariwisata India.

Jadi dengan adanya serial drama televisi, film-film dan musik India tersebut, pemerintahan India tidak harus bekerja terlalu keras dalam segi promosi negaranya. karena dari segi karya film dan musik yang sangat menjual dan mempengaruhi negaranya tersebut.

 

***


4. CHINA  ATAU  TIONGKOK

Setelah India terbang lagi keatas Benua Asia, Negara dengan penduduk terbanyak yaitu CINA atau TIONGKOK. Pembahasannya bakalan sama perihal Karya Seni, karya seni dari negara tirai bambu ini juga sangat mempengaruhi dunia dari berbagai karyanya seperti Film, Drama televisi, musik dan karya seni lainnya. Sama halnya dengan negara India, negara Cina juga memiliki unsur budaya yang kuat dan banyak. di beberapa film mereka juga memasukan beberapa adegan  yang berunsur budaya, tradisi khas dan juga di beberapa film atau drama tv mereka memasukan atau memberikan informasi teknologi terbarukan yang mereka ciptakan. 

Negara China kalau dilihat dari sejarah itu unsur kerajaan atau kekaisaran Dinasti Cina sangat besar mempengaruhi negara tersebut. 

Jadi berbagai macam tema perfilaman mereka banyak yang mengenai tentang cerita kekaisaran, yang tak luput di dalam cerita-nya juga terdapat unsur-unsur budaya dari negara tersebut. Contoh filmnya seperti Film Cina Three Kingdoms: Resurrection of the Dragon, film yang bercerita tentang sejarah lampau kerajaan Shu dan dinasti han dan juga Film House of Flying Dagger sebuah film yang sangat kental dengan unsur percintaan dan politik pada zaman kekaisaran china, kedua film ini dibintangi artis terkenal asal china yaitu andy lau.


Sumber Gambar dari Google


Selain bertema tentang kekerajaan atau kekaisaran, Negara China juga membuat film atau drama televisi bertemakan dongeng masyarakat khas negara mereka seperti, Kera sakti, Mulan dan masih banyak lagi film asal negara china yang mengambil latar unsur dongeng khas di negara tersebut. 

ada juga tema terkait dengan kebudaan china, salah satu kebudayaan china yang sangat kental  dan diankat sebagai genre film yaitu Seni Bela Diri khas Negara China dan beberapa film mereka mengangkat tema perihal bela diri seperti The Legend of Drunken Master, Fearlees, IP Man, The karate kid, Kungfu Hustle  yang diperankan tokoh terkenal china yaitu Jackie Chan, Donnie Yen dan Jet Li yang nama mereka hampir sudah dikenali di industri perfilman dunia. beberapa film ini sangat terlihat jelas unsur budaya khas dan gaya hidup yang ada di negara china, salah satunya kebudayaan seni bela diri yang bahkan sangat populer di seluruh dunia.

Owh iya ada lagi ini film yang bertemakan Shaolin, sebuah perkumpulan biksu atau keagamaan khas negara china, dan Shaolin ini memiliki unsur kebudayaannya dan ciri khas sendiri seperti cara berpakaian dan juga terdapat sebuah jurus bela diri bernama Kungfu Saolin. Ada beberapa tema film tentang ini beberapa telah saya tonton seperti Shaulin Temple sebuah film yang mengakat cerita peperangan di awal terbentuknya republik tiongkok. Shaolin Popey nah ini bisa di bilang film yang saya tonton saat masih kecil yaitu sebuah film yang menceritakan kisah dua anak kecil dalam mempelajari ilmu Kungfu shaolin, dua bocah tersebut sangat terkenal tokohnya seperti Boboho dan juga Xiao long Chen, film ini mengandung unsur beladiri yang digabungkan dengan unsur komedi. Kungfu Hustle juga film bertemakan bela diri dipadu dengan komedi. Shaolin Soccer ini juga film berlatar kungfu shaulin dipadu dengan olahraga sepakbola, alur ceritanya unik dan banyak terdapat unsur komedinya.



Di Era sekarang beberapa film atau drama film mereka banyak memasukan unsur teknologi terbaru khas buatan mereka sendiri yang sering terlihat di beberapa adegan film atau drama televisi mereka. Jadi intinya Cina menerapkan strategi ekonomi seperti "Cinta Terhadap Produk Lokal". Kebijakan ini sangat terlihat dari beberapa industri perfilman mereka mulai memasukan unsur lokal kedalam adegan yang mereka produseri, seperti mulai dari Handphone, Sosial Media yang dibuat sendiri oleh mereka, terlihat jelas di adegan-adegan perfilman negara china ini. Unsur Karya Seni dijadika media promosi produk  jadi juga membuat keuntungan bagi negara itu sendiri dan juga sebagai media promosi keuntungan untuk negara cina.

Cinta  terhadap Produk Lokal merupakan kebijakan yang dibuat pemerintah china, dengan membatasi atau melarang beberapa teknologi luar seperti sosial media masuk negaranya, china membuat produk teknologi pesaing dan sosial media pesaing yang hampir sama fungsi dan kegunaannya. jadi mereka memasukan kebijakannya di beberapa karya seni mereka seperti drama televisi dan juga film yang mereka produseri. Ini sangat terlihat di beberapa adagan film dan drama televisi mereka kental dengan produk khas cina. dan produknya yang mereka buat bukan hanya untuk negaranya dengan adanya penyebaran informasi melalui beberapa karya seni mereka salah satu melalui industru film dan drama series, cina berhasil memperkenalkan teknologi terbarunya keseluruh dunia dan menjadikan persaingan pasar umum dan juga teknologi dunia.


5. JEPANG

Dari Cina kita langsung berangkat ke negara Jepang, nah ini salah satu karya seni mereka yang sangat saya sukai. Dilihat dari sejarah walaupun dulu jepang pernah menjajah negara kita, tapi karya seni mereka cukup diakui dunia, dan merubah paradigma dunia terhadap negara jepang. Terutama itu semua tidak lepas dari karya seni menggambar dan juga seni gambar bergeraknya, yaps di jepang karya seninya disebut dengan nama Manga dan Anime.

Pertama perihal manga atau di kita sebutnya komik di indonesia, banyak judul yang mereka keluarkan dengan berbagai macam tema atau genre yang awalnya diproduksi dinegara mereka sendiri dan kini sudah di jual  dan dinikmati ke seluruh dunia, termasuk indonesia. Komik yang beragam tema seperti olahraga, fantasi, superhero sampai profesi sangat menarik untuk dibaca.

Saya salah satu penikmat manga jepang, bahkan manga / komik Jepang ini merupakan salah satu atau bisa dianggap teman yang menemani masa kecil saya dulu, hiburan pada saat itu. 

Manga dari Jepang ini mempunyai ciri khasnya sendiri dan mereka juga memasukan berbagai unsur budaya mereka yang di padukan dengan imajinasi penulis. beberapa judul komik jepang ada yang berisi tentang informasi kondisi negaranya dan juga informasi luar yang menguntungkan bagi negara jepang itu sendiri.


beberapa karya komik jepang yang mengenang bagi saya pribadi dan awal saya mulai membaca komik itu dari masih kecil, kalau tidak lupa saat itu masih di bangku Sekolah Dasar (SD), yaps salah satu komiknya seperti komik Crayon shinchan, Doraemon, Dragon Ball, saya rela mengumpulkan uang jajan hanya untuk membeli komik di toko buku yang menjual komik tersebut dan membaca komiknya sampai lupa waktu, hingga sekarang pun ada beberapa komik yang saya ikuti seperti Naruto dan Onepiace. Karena naruto sudah tamat, jadi tinggal Onepiace saja yang masih saya ikuti dan membaca komik tersebut sampai sekarang. Yang awal mula dari sebuah komik berbentuk buku fisik, setiap seminggu sekali membeli atau meminjam komik di toko sewa komik tempat saya tinggal dan dengan dengan perkembangan zaman sekarang membaca komiknya melalui digital dan web internet resmi komik tersebut.

beberapa komik karya dari negara jepang ini sudah banyak yang terkenal atau laku di pasar lokal maupun internasional. Karena banyaknya peminat, kemudian komik tersebut diadaptasi lagi dengan karya seni gambar bergerak atau animasi, kalau dijepang disebutnya Anime. Nah animasi jepang ini juga cukup mempengaruhi negaranya dan berdampak besar dalam pergerakan pertumbuhan ekonomi negara jepang saat ini. 

Komik dan Animasi jepang ini adalah salah satu pesaing komik dan animasi dari negara Amerika, bahkan menurut saya pribadi, komik dan animasi jepang untuk saat ini dari berbagai judul cerita yang mereka keluarkan masih lebih unggul dari negara Advengers eh Amerika maksudnya.

sama perihal komik, animasi Jepang perkembangannya sangat cepat, anime jepang juga menjadi salah satu media hiburan semua orang di dunia dari dulu hingga sekarang, orang tersebut salah satunya termasuk saya. Flashback lagi, dulu waktu jamannya sekolah itu di hari senin sampai dengan hari sabtu, untuk bangun pagi saja susah banget, ehh tapi di Hari minggu tiba-tiba mata ini melek sendiri, bangun tidur langsung duduk depan televisi hanya untuk menonton beberapa animasi jepang tersebut. banyak pilihan animasi yang disajikan di beberapa stasiun tv nasional saat itu. *Jadi kangen masa kecil.

Karya Seni menggambar dan gambar bergerak ini sudah terlihat seberapa pengaruhnya di negara jepang ini. Dari sektor budaya, beberapa komik dan animasi yang mereka produseri terdapat unsur budayanya seperti terdapat beberapa tampilan gaya berpakaian, gaya seni bela diri, gaya hidup, tulisan dan bahasa jepang, yang membuat pembaca atau yang menontonnya tertarik akan hal jepang dan mulai mempelajarinya. 


"One Piece dengan Konstum Tradisional Jepang"
Sumber Gambar dari Google

"Doraemon dan Makanan Khas Jepang Doreyaki"
Sumber Gambar dari Google

"Narutu dan Mie ramen khas Jepang"
Sumber Gambar dari Google

"Dragon Ball dan Seni Bela Diri Jepang"
Sumber Gambar dari Google



Di negara Indonesia saja begitu banyak orang-orang yang menyukai karya seni dari jepang ini, mereka membuat sebuah perkumpulan atau komunitas sendiri, yang mereka menyebutnya dengan nama WIBU.  di dalam komunitasnya, mereka membuat beberapa event yang bertemakan animasi jepang tersebut dan mencoba meniru gaya atau khas kostum pakaian disetiap animasi.

Gaya adegan itu menjadi terkenal dengan sebutan Cosplay, peniruan karakter sebuah animasi dan masih banyak lagi kebudayaan lain yang masuk di indonesia seperti makanan dan minuman khas jepang, dari mana kita mengenalnya iya salah satunya dari membaca atau menonton animasi jepang tersebut.


'COSPLAY"
Sumber Gambar dari Google


Dari segi Ekonomi, nah ini sudah mulai masuk tipis-tipis unsur propagandanya. Penjualan industri komik dan juga animasi jepang keseluruh negara saja, negara Jepang ini sudah mendapatkan keuntungan yang besar dan bukan hanya itu saja Pemerintahan jepang sampai membuat sebuah kebijakan yang dinamakan “Cool Japan” merupakan sebuah strategi untuk Memaksimalkan unsur-unsur Budaya yang dimiliki Jepang, Khususnya untuk konstribusi secara ekonomi. 

Seperti yang saya jelaskan diatas mengenai kebudayaan khas Jepang mempunyai daya tariknya sendiri sehingga dapat merambah ke faktor lain yaitu dari segi ekonomi dan juga pariwisata.

Misi Cool Japan sendiri adalah untuk mempromosikan berbagai budaya Jepang, baik secara domestik maupun internasional. Dengan Cool Japan ini Jepang secara fundamental melakukan ekspor budaya ke negara lain. Hal ini tidak hanya dapat menambahkan kesadaran dunia terhadap budaya Jepang, namun juga dapat memberikan peluang ekonomi melalui berbagai komoditas yang terpengaruhi oleh adanya budaya tersebut.

dari Karya Seni menggambar saja pemerintahan Jepang sampai membuat lembaganya sendiri yaitu Lembaga Anime Tourist Association (ATA), sebuah lembaga yang mencanangkan program untuk mengintegrasikan dunia pariwisata mereka, dengan industri anime dan mangga. Salah satu programnya adalah ATA berencana untuk menawarkan paket tur wisata ke tempat-tempat yang muncul di dalam anime dan manga terkenal Jepang. Hal ini dilakukan dengan memanfaatkan popularitas anime dan manga yang sangat tinggi di luar negeri. 

Pembahasan sekarang masuk ke sektor pariwisata, yaps...sama seperti Disneyland dan Universal yang dimiliki negara amerika, Negara Jepang pun melakukan hal yang serupa, mereka membuat beberapa objek animatur, miniatur, museum atau studio yang bertemakan Animasi/Anime yang di produseri negara jepang. 

Contoh tempat tersebut dan terkenal sampai sekarang beberapa diantara-nya seperti Studio Ghibli, sebuah studio pembuat aninasi terkenal di jepang, Studio atau Museum Ghibli diketahui telah memamerkan karya-karya mereka produksi dan terdapat informasi sejarah Studio Ghibli yang sudah berdiri sejak puluhan tahun silam. Museum Fujiko F Fujio atau Museum Doraemon, sebuah museum yang memajang karya-karya Fujiko karyanya kebanyakan adalah karakter dari anime legendaris Jepang terpopuler yaitu Doraemon. 

Pokemon Center Tokyo, sebuah terdapat hiburan dan perbelanjan berbagai macam action figur dan marchendaise yang bertemakan animasi Pokemon dan beberapa barang di tempat ini bisa dibeli untuk dibawa pulang kerumah. Tokyo Anime Center difungsikan sebagai tempat untuk mempromosikan budaya anime Jepang dengan memberikan hiburan berupa pengalaman virtual yang nyata kepada orang-orang. 

Odaiba Gundam Sebuah patung raksasa Gundam di DiverCity Tokyo telah menjadi sebuah ikon bagi daerah Odaiba yang menarik banyak wisatawan untuk datang. fun fact Serial anime Gundam sudah menemani para pecinta animasi hampir selama 40 tahun. 

Sario Polorand adalah satu-satunya taman hiburan di mana pengunjung dapat menikmati atraksi bertema, permainan, pertunjukan, toko, dan restoran tema taman hiburan ini terkait karakter Sanrio. 

Naruto & Boruto Shinobi-Zato di Hyogo. Sebuah tempat wisata yang di dalamnya terdapat miniatur desa konoha, sebuah perkampungan di Animasi Naruto. Jadi berkunjung kesini dapat melihat secara langsung Naruto dan kawan-kawannya.



dari faktor ekonomi dan pariwisata sudah, tapi juga masih ada yang tidak kalah penting, karya seni jepang dikarenakan sudah banyaknya masuk ke beberapa negara termasuk negara indonesia. Jadi karya seni ini dijadikan sebagai sarana media diplomasi ke berbagai negara-negara . Salah satu bentuk diplomasi-nya yaitu kerja sama dari beberapa bidang termasuk industri karya seni ini. 

Owh iya ini saya ada mau bahas yang lain lagi, masih dari Negara Jepang dan ada unsur karya anime. pembahasan saya ini mungkin bisa menjadi unsur Propaganda yang sangat terlihat dari beberapa adegan di setiap cerita animasi jepang ini. Bukan hanya beberapa faktor yang saya ceritakan di atas, tapi animasi dan komik jepang ini digunakan sebagai penyampaian informasi baik itu tentang negara jepang, tentang kritik sosial ataupun masih banyak lagi, dan saya akan membahas beberapa animasi tersebut, Contoh pertama Onepiace, sebuah animasi yang mengisahkan pertualangan seorang remaja muda bernama Monkey D Luffy yang tidak sengaja memakan buah setan membuat tubuhnya menjadi karet. Cita-citanya adalah sebagai seseorang yang bebas, dan secara mengejutkan langkah yang dia ambil bukan sebagai pahlawan seperti angkatan laut melainkan melalui dan menjadi Bajak laut. cerita nya cukup komplit, alur yang panyang bahkan sudah sampai di episode seribuan masih belum terlihat akan berakhir animasi ini. Kalau yang sudah nonton onepiace dari lama pasti sudah dapat beberapa informasi unsur krits sosial dan yang berhubungan dengan keadaan di dunia nyata mengenai beberapa alur cerita anime ini. Kalau di amerika mempunyai The Simpsons di Jepang ada Onepiace. salah satunya adegan rapat antara beberapa negara yang diceritakan di animasi onepiace terjadi di kehidupan nyata.





Lanjut ke Karya seni lainya seperti Industri Film dan Juga Musik. Negara Jepang karya seninya bukan hanya Komik atau Animasi saja yang memperngaruhi dunia, tapi ada karya lain seperti Industri Televisi, Film bahkan musik juga cukup populer ke seluruh dunia.

Walaupun industri ini masih kalah saing dengan animasinya, tapi menurut saya pribadi sangat patut untuk di bahas.


Emang dari industri film beberapa tahun terakhir di Jepang itu lebih mengarah ke kenegatif dengan maraknya film yang bertemakan tentang Kemesraan atau labelnya 18+ sebut saja dengan singkatan FILM BOKEP, Kalau menurut saya ini juga menjadi faktor berpengaruh, tapi mempunyai resiko buruk bagi jepang itu sediri. kalau kita mencari pencarian di internet atau google perihal film jepang lansung mengarah ke sana. 

tapi menurut saya pribadi ada beberapa film lain yang nilai budaya dan informasi khas jepangnya sangat melekat. Jepang itu sama perihal negara China, pada sejarahnya mereka juga merupakan negara Kekaisaran paling besar saat itu dan beberapa film jepang ada yang mengangkat tema tentang kekaisaran disetiap filmnya. Di dalam adegan filmnya ini tergambar jelas bagaimana budaya khas ala kerajaan di negara Jepang, termasuk gaya hidup segi pakaian kekaisaran Jepang, seperti pakaian kekaisaran dan juga kimono. Sampai yang legendaris perihal budaya adat seni berpedang atau orang jepang menyebutnya dengan Samurai

contohnya film yang memiliki unsur kekaisaran berjudul Ran, film yang bercerita tentang peperangan zaman Kekaisaran Sengoku, yang kala itu sering berkecamuk perang saudara. Film ini dianggap menjadi salah satu film sejarah Jepang terbaik yang mampu memberikan penggambaran sempurna dan klasik dari periode Sengoku.

13 Assassins, sebuah film masa pemerintahan pada masa Shogun Tokugawa Leyoshi. Dikisahkan 13 orang bersiap untuk merencanakan misi membunuh Matsudaira Naritsugu. Kaisar yang kejam saat itu.

47 Ronin, samurai tanpa majikan, samurai ronin ini cerita balas dendang terhadap pembunuhan mantan pemimpinnya. 

Lanjut film yang bertemakan dramanya modern khas jepang juga tidak kalah bagusnya, ada beberapa yang saya tonton cukup menarik dan unsur jepang-nya juga dapat, seperti pertama bertemakan sekolah ini mungkin tidak mengambarkan jepang jaman sekarang, tapi ada unsur yang menarik dan unik untuk ditonton seperti Crows Zero, ada juga film yang bertemakan tentang kelompok Gank seperti film Yakuza Apocalypse, cerita gangster kejam yang ada di jepang. dan juga High And Law cerita film ini sangat mirip dari kedua cerita diatas.

Di Jepang karena banyak yang memproduseri Anime, dan laku dipasaran lokal maupun internasional, jadi ada beberapa animasi/anime tersebut diadaptasi lagi ke sebuah adegan real yang diperankan manusia, bukan lagi gambar bergerak, sekarang berbentuk real live action seperti Rurouni Kenshin, Blade, Gintama dan terakhir yang lagi ramai diperbincangkan yaitu Onepiace.

Terakhir mengenai industri Musik, Musik di jepang mungkin tidak terlalu terkenal seperti negara tentangganya, tapi musik jepang ini mempunyai cirikhas-nya sendiri, sama perihal dengan di india, soundtrack musik jepang sangat menyatu dengan film, drama maupun anime yang ada di jepang.

Jepang Negara yang pertumbuhan teknologinya cukup tinggi, jadi industri perfilman atau animasi bukan hal yang utama bagi negaranya dalam pertumbuhan ekonomi, tapi menjadi wadah bagi mereka memberikan informasi perihal Jepang melalui ciri khas, budaya gaya hidup yang membuat negara lain tertarik dan bekerja sama bagi negara jepang tersebut.

 

5. KOREA SELATAN

Lanjut lagi ke Negara penghasil gingseng terbesar atau tetangganya Jepang yaitu Korea Selatan, Nah Industri atau karya seni Korea Selatan ini saya baru memulai menyukai dan tertarik dari karya yang dihasilkan oleh negara korea ini sekitaran Dua tahun belakangan, kisaran tahun 2020an. Saat itu hanya sekedar tahu saja dan tidak mengikuti secara keseluruhan karya seni di negara ini, tapi semenjak perkembangan zaman ada beberapa aplikasi menonton online yang menampilkan beberapa karya dari negara korea selatan, membuat saya tertarik dengan hal-hal di korea selatan ini termasuk karya seninya.

Sama seperti di negara lain, Karya Seni dari negara korea selatan juga terkenal dan mampu bersaing dengan karya seni dari negara lain. Karya seninya menjadi sumber kekuatan di negara ini. Karya Seni yang menurut saya berpengaruh besar yaitu seperti Karya di industri Musik, Perfilman dan juga Drama televisinya.

Karya seni terkenal di Korea Selatan urutan pertama yaitu Industri Musiknya, hampir di seluruh dunia termasuk negara indonesia sudah menikmati karya yang diproduseri di negara korea selatan ini. Industri musik dari negara korea selatan cukup diterima bagi penikmat musik dunia. Selain negara Amerika dan Inggris, negara korea adalah pesaing industri musik dunia. dengan gaya khasnya mereka mampu menunjukan beberapa hal yang menonjol dan terbaruan dari korea itu sendiri. sehingga yang saya lihat ada industri musik dengan karakter baru. Mengabungkan beberapa unsur dari budaya dan bahasa korea di padukan dengan gaya khas musik internasional.

Datangnya industri ini menambah daya saing musik dan bagi penikmat musik adalah suatu hal yang baru, yang bukan hanya monoton dengan lagu atau musik gendre khas Amerika,  dengan nyanyian berbahasa inggris. 

Bahkan negara korea selatan ini berani menampilkan nyanyian lagu dengan gaya dan bahasa mereka sendiri dan menjadi daya tarik dunia untuk mengenal negara korea selatan.

Industri Musik mereka atau bahkan dunia menyebutkanya dengan nama K-Pop, industri musik khas Korea selatan dengan beberapa pelaku seninya yang berupa sebuah Band, penyanyi solo, boy Grup dan juga Girl Grup. 

Nah walaupun bukan sebuah propaganda nyata dalam peperangan, tapi banyak informasi masuk dan keluar dari korea selatan ini melalui Industi Musik mereka.

Beberapa penyanyi terkenal asal negara gingseng ini bahkan sudah mengadakan pentas pertunjukan keseluruh dunia seperti Super Junior, BTS, BIGBANG, BLACKPINK dan masih banyak lagi. Dari segi penjualan karya, mereka melalui sebuah album dan marchendaise khas karakter mereka juga sudah terjual dan terekspor hampir ke seluruh dunia. Ini menjadi keuntungan sendiri bagi pemerintahan korea selatan.

Bukan hanya dari industri karya seni musik saja, dari karya seni lain pun Korea selatan cukup terkenal dan mendunia, seperti karya seni hiburan industri perfilman dan drama televisinya.

Sama percis halnya yang saya ulas di negara lain, seni hiburan perfilman korea dan drama televisinya cukup menarik dan membuat orang terpengaruh untuk menonton dan mengikutinya. 

Karya seni ini menjadi daya tambahan informasi yang kuat dan dan juga dapat sebagai keuntungan tersendiri bagi negara korea selatan.

Tema dari film dan drama televisi buatan korea ini juga beragam dan unik khas gaya hidup orang korea selatan pada umumnya. Industri Film dan drama di Korea dari segi pasar dunia cukup laris peminatnya termasuk di daerah asia sekitar dan tak luput di indonesia. Karya film dan drama korea menjadi salah satu hiburan bagi sebagian orang.

dampak karya seni di industri ini membuat informasi dan sumber budaya korea mudah tersebar dan menjadi daya tarik orang mengenal dan akhirnya berkunjung ke negara korea ini.

karya seni industri Film atau Drama Korea ini menurut saya pribadi layak menyamai film-film Amerika, Eropa dan India. Cerita dari setiap film mereka cukup menarik untuk ditonton. Ada begitu banyak gendre film yang ditawarkan seperti Tema Peperangan, Kerajaan Tempo Dulu/Kolosal, Politik, Detetif, Pembunuhan, Mengenai Profesi sampai yang populeh saat ini gendre romance atau percintaan.  

Dari Film dan Drama ini juga banyak pesan, informasi bahkan menjadi sarana pertukaran budaya mengenai Korea Selatan seperti gaya hidup, kebudayaan, pakaian, makanan khas asal negara korea selatan. Sama seperti yang di lakukan negara China dan India.

genre film atau drama televisi yang saya suka untuk saat ini yaitu mengenai Sejarah Korea terutama kerajaan tenpo dulu/kolosal. Sebelum terbentuknya sebuah negara, Korea Selatan terkenal dengan kisah kerajaannya, yang saya baca di buku tentang sejarah ada tiga kerajaan besar saat itu yaitu "Kerajaan Silla", "kerajaan Goryeo" dan Juga "Joseon".

dalam Sejarahnya, kerajaan korea ini bisa di bilang termasuk kerajaan yang besar, tapi tidak kuat-kuat amat, karena faktanya Kerajaan Goryeo runtuh atas serangan Kekaisaran Mongolia dan Juga Kekaisaran Dinasti Ming, sedangkan Kerajaan Joseon kalah telak dengan kekaisaran Jepang.




Nah tema yang meraka masukan di gendre kerajaan ini sangat kuat arti, pesan dan unsur budaya khas mereka. Sangat terlihat mulai dari gaya perpakaian sampai tata krama, adat dan berprilaku ala kerajaan korea yang juga diterapkan sampai saat ini. 

Perpaduan budaya dengan alur cerita menarik seperti terdapat konflik Politik antara kerajaan lain, konflik politik tentang internal kerajaan, dan tak luput unsur kuat seperti ada alur cerita romantis-nya sebagai daya tarik. beberapa film atau drama televisi yang telah saya tonton contohnya seperti Empires Ki Sebuah cerita kerajaan di era kerajaan Goryeo dan Dinasti Ming, kemudian ada Hwarang sebuah drama televisi yang menceritakan pembentukan kesatria tempur yang tampan rupawan dan pemberani yang menjadi kekuatan di Kerajaan Silla.

kemudian ada beberapa cerita film atau drama televisi di era modern itu tidak lepas dari unsur korea-nya seperti gaya berbahasa dan berbicara saat berdialog dan berperan, setiap drama korea ini hampir ditemui di semua film atau drama korea yaitu makanan khas asal Korea selatan. Saya pribadi mengenai beberapa makanan korea iya dari film ataupun drama-nya.


Industri karya seni korea selatan yang telah saya cerita diatas dengan popularitasnya yang hampir di kenal seluruh dunia, pemerintah korea turut hadir dan membantu dalam perkembangan industri karya seni disana. 

Karya seni di korea bahkan sudah menjadi trend dunia yang dan menjadi fenomena khas yang disebut dengan "Hallyu" atau orang sering menyebutnya dengan istilah K-Wave. Sebuah kebudayaan pop culture yang berasal dari Republik Korea Selatan, yaps seperti penyebaran budaya korea agar di kenal luas dan menjadi sebuah trend yang bakal diikuti ke seluruh dunia. dengan metode dan tujuan untuk menjual prodak-prodak kebudayaan melalui Industri karya seni Musik, Film, drama series televisi, seni tari yang dipadukan antara unsur tradisional dengan unsur modern. 

dampak dari K-Wave ini sangat jelas terlihat dari hampir seluruh dunia, termasuk indonesia menikmati karya seni dan budaya khas mereka.

Dengan adanya K-Wave ini secara langsung dan terlihat dapat menambah keuntungan dan pertumbuhan ekonomi dari negara korea tersebut. Maka dari itu sama halnya dengan Negara lain, Korea selatan juga menjadikan K-Wave sebagai media atau sarana diplomasi dan propaganda mereka ke negara di sekitarnya. Diplomasi seperti menjalin kerja sama antar negara yang pastinya memberi keuntungan bagi negara gingseng ini.

Masih bicara tentang K-Wave dan Perekonomian korea, ada beberapa yang saya baca di artikel, bahwa dengan adanya K-Wave ini, negara korea selatan berhasil keluar dari krisis ekonomi Asia dan Global pada tahun 1997-1998. Pada saat krisis keuangan di negara asia, berdampak besar juga kepada negara korea selatan ini, tapi mereka berhasil mengatasi krisis tersebut. Salah satunya dengan industri K-Wave.

Dengan perusahaan agensi yang matang, memadukan antara karya seni dengan pelaku seni yang kreatif dan profesional membuat pertumbuah industri Musik (K-Pop) dan K-drama mereka laku dipasaran luas.

di tambah para pelaku seninya juga digabungin atau dijadikan sebagai Brand/media promosi perusahan industri yang ada negara korea ini, agar industri dari bidang lainnya dapat dikenal dan terjual ke berbagai negara. Industri lainya seperti industrik elektornik merek Samsung, LG di industri digital ada Line dan dari industri lain seperti Game, Makanan dan komestik buatan Korea selatan. 

bukan hanya sektor industri, K-Wave dan Juga Pelaku seni (artisnya) di tunjuk agar bisa memperkenalkan negaranya dan memberikan informasi korea selatan dalam hal positif keseluruh dunia dari segi apapun salah satunya pariwisata. yang membuat banyak orang dari belahan dunia ingin berkunjung ke negara ini.

Pergabungan yang sempurnya membuat korea selatan lepas dari krisis ekonomi. 

Dari unsur Politik Luar negeri, Presiden Korea selatan secara terang-terangan memberitahukan bahwa karya seni dan tokoh seni di negara mereka di jadikan sebagai bahan diplomasi politik pemerintah korea terhadap negara di dunia.

bahkan nih di parlemen gedung putih, saat presiden korea selatan menghadiri undangan diplomat kunjungan ke amerika serikat, dia dengan tegas memberi persyataan tersirat seperti


"Jika kalian tidak mengenal nama saya, saya tidak masalah, tapi saya pastikan bahkan kalian pasti mengenal Blackpink dan Juga BTS", salah satu K-Pop dari negara Korea selatan. Sebegitu pengaruhnya karya seni korea selatan terhadap dunia.

"Pertemuan antara presiden Amerika dan Personil BTS"
Sumber gambar dari google


7. THAILAND

Kembali ke asia tenggara, negaraThailand, kalau dilihat dari sejarah thailand ini merupakan negaran dengan pemerintahan monarki yang sampai sekarang satu-satunya negara asia tenggara yang tidak pernah di jajah oleh bangsa manapun, bahkan kerajaan Majapahit pun gagal mendapatkan/meruntuhkan kerajaan dari negara thailand ini, dengan kekuatan mereka, entah itu dari segi pertahanan maupun diplomasi politik luar negeri, mereka mampu bertahan disaat negara tetangganya digempur dan di jajah oleh negara eropa dan Juga Jepang.

Kembali bicara perihal Propaganda dengan karya seni, mungkin Negara Thailand tidak begitu terlihat, tapi ada beberapa karya seninya yang membuat saya mengikuti dan bisa berpengaruh untuk mengenal negara tersebut, dan karya seni dari thailand ini cukup menarik untuk saya bahas, sama seperti negara lain.

Thailand juga mempunyai karya yang bisa mempengaruhi dunia. Dan yang saya akan bahas sama seperti negara lain yaitu mengenai karya seni dari segi Perfilman, film thailand itu karena negara yang tidak pernah dijajah atau diduduki negara lain, jadinya saya tidak melihat ada film yang mengangkat tema tentang sejarah seperti kerajaan ataupun peperangan, tapi ada beberapa film yang mengandung informasi unsur seni budaya, gaya hidup dan promosi makanan, minuman khas thailand.

yang pernah saya tonton yaitu karya seni atau industri film thailand yaitu "Tom Yom Goong" film yang bercerita tentang persahabatan antara manusia dan gajah, konfilknya ada perdagangan ilegal yang menjual organ tubuh binatang langka maupun dilindungi di negara thailand. Film selanjutnya ada Film Ong Bak, sebuah cerita seseorang dari pedesaan keramat yang datang atau diutus ke kota di daerah thailand, tujuannya untuk mencari dan mengambil barang kramat yang telah dicuri dari desa mereka. Dari kedua film ini itu terdapat unsur budaya khas thailand, yang paling terlihat seperti terdapat budaya seni bela diri thailand yang cukup menarik untuk dilihat. Seni bela diri ini disebut degan 'Muay Thai" seni Bela diri yang mengandung unsur boxing dan juga pertarungan bebas mengunakan seluruh anggota tubuh dengan gaya khas thailand. Dan karena film ini seni bela thailand jadi sangat digandrungi oleh masyarakat thailand dan juga di seluruh dunia orang tertarik untuk belajar bela diri asal thailand ini.

bukan hanya dari tema seni bela diri, ada beberapa film atau karya dari mereka yang juga mengandung dongeng atau unsur tradisi, budaya dan gaya hidup khas thailand. Selain film yang saya ceritakan diatas, ada beberapa film yang saya nonton salah satunya bertemakan film horor atau film hantu thailand. kalau tidak salah nama film thailandnya "Tranam Krasue'' tahun 2002. cerita hantu khas thailand, nama yang hantunya itu  seperti kepala sama organ dalam tubuh yang terbang, nama indonesianya kunyang.

dan ada juga film kekinian atau drama televisi thailand yang betemakan pertualangan, percintaan dan lainnya yang didalamnya terdapat unsur gaya hidup, dan juga ada beberapa pemasukan informasi khas mereka seperti makanan dan minuman tradisional yang membuat ketika orang menonton film akan mengenal gaya khas thailand.

emang tidak ada unsur propaganda yang kental dari negara thailand ini, dan mereka juga tidak menjadikan karya seni sebagai bahan diplomasi ataupun strategi dalam meningkatkan perekonomian mereka, tapi ada beberapa karya seni khas mereka yang tidak berunsur seni mainstream, tapi mampu membuat orang tertarik untuk datang ke negara Thailand baik itu sektor pariwisata maupun investasi atau kerja sama.

Thailand mencipkan bonding khas kota mereka dengan unsur budaya mereka, di sana terkenal dengan karya seni pahatan patung, bisa terlihat banyak patung dan juga gedung khas Thailand, nah ini daya tariknya, emang tidak seperti korea atau India yang memasukan unsur budaya ke setiap film. di Thailand dengan bonding khas mereka saja sudah menjadi sebuah daya tarik yang menjadi keuntungan dari negara Thailand tersebut.


8. MALAYSIA 

Berangkat lagi ke negara tetangga lainnya Malaysia, ini negara serumpun indonesia, salah satu negara yang dekat dengan indonesia, jika dibilang Indonesia dan juga malaysia merupakan negara serumpun. Kalau dilihat dari sejarahnya Indonesia dan malaysia di jaman dulu atau era kerajaan dulu merupakan satu negara kerajaan kesatuan, di dinasti Majapahit. Yang pernah penguasai sampai se asia tenggara. Selain majapahit yang saya baca di buku seujarah dan wikipedia dulu saat era kerajaan sriwijaya, raja saat itu berpindah ke bintang membuat kerajaan baru, pindah lagi ke singapura, karena kalau orang dengan Majapahit, berpindah lagi kerajaan nya ke Malaka, nah di seni kerajaan iya tumbuh pesat dan berubah menjadi kerajaan melayu atau kesultanan Malaka yang khas unsur melayu, sampai akhirnya kesultanan malaka takluk oleh negara portugis, kemudian beberapa penerusnya pecah ke beberapa tempat, sampai membuat kerajaan sendiri. Seperti kesultanan Johor, kesultanan Riau Lingga, kerajaan siak dan kerajaan di riau. semua ini dulunya merupakan satu kesatuan.

nah makanya kita atau negara malaysia bisa mengklaim negara serumpun. 

Walaupun serumpun tetap ada perbedaan budaya tersendiri termasuk juga dengan karya seni.

kembali ke topik pembahasan mengenai karya seni yang mempunyai unsur propaganda. Malaysia sama seperti thailand, saya tidak menemukan karya yang betul-betul ada unsur propagandanya, tapi mereka berhasil memperkenalkan seni budaya mereka ke beberapa negara termasuk negara indonesia.

Malaysia juga mempunyai karya seni yang sama seperti negara lainnya, baik itu dari industri musik, perfilman maupun drama televisi.

Pertama industri musik. Musik khas melayu pop malaysia berhasil membuat negara lain termasuk indonesia menyukai karya dari negara jiran ini, lagu-lagu khas tersebut seperti Isabella, Cindai, dermaga biru yang penyanyinya seperti siti nurhalizah, Slam, Sting, Thomas Arya bahkan sudah konser ke Indonesia dan negara tetangga lainnya

Kedua Industri film dan drama televisinya, di setiap adegan atau potongan film mereka yang saya nonton sering terlihat mereka memasukan unsur budaya, tata bicara sampai gaya hidup melayu khas malaysia, yang membuat orang tertarik untuk melihat karya mereka dan mendapatkan keuntungan sendiri dari negara malaysia.

yang sangat berpengaruh dan cukup terlihat sampai di indonesia yaitu karya seni gambar bergerak atau animasi, walaupun tidak secanggih jepang, beberapa unsur budaya, bahasa dan gaya khas malaysia tersalurkan di animasi tersebut, animasinya yang terkenal di indonesia yaitu Upin & Ipin Sebuah animasi yang bertemakan kisah anak kecil yang hidup damai di kampung bersama temannya, alur ceritanya pun ringan hanya mengangkat tentang hiburan kehidupan manusia khususnya khas malaysia dan juga Boboboy super hero imajinasi yang mempunyai keunikan sendiri. Dari dua film ini terlihat kentalnya masuknya budaya atau informasi malaysia ke negara tetanggannya termasuk indonesia.



bahkan perusahaan pembuat animasi upin & ipin ini menurut berita rumornya bakal membuat tempat tema pariwisata hiburan baru yang seperti  layaknya di disneyland yang bakal bertemakan unsur lokal malaysia seperti upin & ipin.




9. INDONESIA

Tak lupa kembali ke kampung, negara sendiri yaitu Indonesia. Nah di pembahasan terakhir yang akan saya bahas adalah indonesia, apakah ada karya seni indonesia yang bisa mempengaruhi dunia, atau unsur Propaganda-nya, dan jawabanya pasti ada, sangat terlihat jelas beberapa karya yang telah ditampilkan. Sama seperti negara lainnya Di indonesia juga karya seninya cukup berpengaruh dan mengandung beberapa unsur informasi mengenai negara idonesia, baik itu berupa budaya maupun kasus atau pristiwa yang telah terjadi.

Indonesia kalau melihat sejarahnya, sebelum terbentuknya pemerintahan presidensil, dulunya indonesia ini merupakan bagian dari beberapa kerajaan nusantara, dan Indonesia pernah meperjuangkan kemerdekaan atas negara eropa seperti portugis dan belanda dan juga negara asia Jepang.

dari unsur tersebut bayaknya karya seni yang mengunakan atau mengambil latar belakang mengenai pristiwa indonesia yang telah terjadi.

Karya seni yang akan saya bahas tentunya bakalan sama dengan negara lainnya.

pertama novel atau buku mengenai sejarah kemerdekaan dan kerajaan seperti Novel Pangeran dari timur, Pasang surut kerajaan majapahit, Jayaning Majapahit, gadis kretek, sang patriot dan masih banyak lagi.


Novel tersebut banyak meungandung informasi tentang sejarah indonesia dan terdapat unsur tentang bagaimana kuatnya kerajaan zaman dulu dan juga perlawanan perjuangan indonesia dalam kemerdekaan. 

owh iya ada satu buku yang menarik tentang informasi indonesia ini juga mengandung unsur kebenaran dan propaganda, judul buku tersebut berjudul "Indonesia bukan 350 tahun di Jajah, buku yang berisikan mengenai teori pembelaan yang diangkup ke menarik mungkin dan menjelaskan bahwa indonesia tidak sepenuhnya di jajah negara belanda.


lanjut ke Industri Musik, perkembangan industri musik di indonesia cukup berkembang, ada beberapa unsur yang menarik saati ini, biasanya musik indonesia kebanyakan bertemakan percintaan dengan bahasa indonesia baku, sekarang itu musik sudah sangat luas, pengembangan bahasa kiasan indonesia banyak musisi yang menggunakan unsur tersebut dan lagunya menarik untuk di dengarkan, dan terlebih lagi musik indonesia yang belakangan viral itu berbagai macam genre, termasuk gendre khas indonesia yang terus berkembang seperti dangdut, perpaduan alat musik khas indonesia dengan nyanyi khas bahasa indonesia, sekarang ini bahkan bukan yang bertemakan bahasa indonesia, bahasa daerahpun cukup mmjanjikan musiknya, beberapa kali viral musik khas bahasa timur, padang, jawa dan lainnya.

nah dari industri musik ini sebetulnya juga sebagai daya tarik masyarakat global untuk mengenai indonesia.

sekarang ke Industri Film dan Drama TV, perfileman indonesia cukup menarik dari seni tema yang pernah diangkat. Menurut saya pribadi ada dua film yang kental unsur propaganda adalah film 30-S-PKImengangkat kisah kejadian nyata, film yang bertemakan tentang penindasan yang dilakukan masa atau organisasi Politik Komunis dan menculik membunuh para perwira dari indonesia, dari film ini terlihat informasi bahwa organisasi PKI adalah organisasi terlarang dan Komunis paham yang tidak boleh lagi ada di indonesia, jadinya kalau kita melihat bendera logo komunis, bakal menjadi paradigma negatif dan mengerikan dan Juga Film di balik 98 Film yang bercerita kisah nyata juga, tragedi kerusuhan, penindasan yang berunsur politik, krisis ekonomi dan kekerasan. Selain dua film di atas ada juga film yang bertemakan tentang kerajaan nusantara indonesia dan juga kisah perjuangan kemerdekaan indonesia.

film kerajaan nusantara ini cukup menarik untuk dibahas, industri film indonesia sudah banyak yang membuat tentang kerajaan nusantara yang cukup menarik seperti film Gending Seriwiaya, sebuah film yang mengakat kisah sejarah Seriwijaya dan keruntuhan kerajaannya. film Tjoet Nja' Dhien, sebuah film tentang perjuangan wanita pribumi aceh dalam mempertahankan tanah kelahirannya yaitu di daerah istimewa aceh.

owh iya ada satu karya seni lain yang menarik perhatian saya, sebuah karya seni yang tidak maintream seperti karya seni menggambar atau seni lukisan. Zaman dulu ada sebuah cerita sejarah mengenai karya seni ini yaitu Lukisan terkenal " Tertangkapnya pangeran Diponogoro" lukisan mengenai peujuangan pangeran diponogoro dalam mempertahankan kemerdekaan indonesia. Sebuah lukisan yang mempunyai banyak artikel dan terdapar dua versi lukisan, lukisan pertama berceritakan mengenai tertangkapnya pangeran diponogoro oleh kolonial belanda dan ada lukisan versi lain yang memiliki arti keterbalikannya. Lukisan yang menceritakan peujuangan pangeran diponogoro yang bukan tertangkap tapi menyerahkan diri ke kolonial belanda demi rakyatnya.




nah ini menarik, karya seni lukisan juga memiliki daya tariknya sendiri, walaupun tidak begitu populer, dalam beberapa hal karya seni lukisan banyak meungandung aeti di tulisannya sendiri, dan bisa jadi membantu perkembangan dan sumber informasi indonesia terhadap negara lain.


nah itu beberapa pembahasan saya mengenai karya seni asal indonesia yang memiliki unsur propaganda, informasi dan juga pasti-nya terdapat diplomatik negara kita indonesia terhadap negara lain.

Kalau negara lain sangat jelas diplomatik publiknya, di indonesia kalau menurut saya pribadi masih belum terlihat, walaupun ada karya yang mempunyai unsur propaganda dan juga informasi menguntungkan tapi belum terkonektifitas dengan pemerintahaan kita, sangat di sayangkan.

saya berharap ada sebuah kebijakan tersendiri dan khusus mengenai karya seni yang ada di indonesia seperti yang di lakukan beberapa negara Jepang, India dan Juga Korea Selatan.

Kebijakan yang meliputi unsur kolaborasi Pemerintah, Pembuat Karya atau pelaku seni dengan karya seni yang dikeluarkan, jadi unsur yang ingin disampaikan dapat terlihat dengan jelas dan jugan bakal menjadi perkembangan ekonomi kita dimasa sekarang.

ini hanya dari pemikiran saya saja iya beberapa hal yang mungkin bisa dilakukan, dari yang pembahasan pertama mengenai karya seni tulisan, walaupun sekarang sudah menjadi era modern, buku, novel itu tidak akan pernah mati karya seninya, karena mempunyai daya tarik dan sensasinya sendiri. Makanya sampai sekarang walaupun sudah terbagi dua cara menikmatinya, baik secara buku digital ataupun fisik buku, tetap saja industri tidak akan pernah mati. Di indonesia saja metode pembelajaran kita masih menggunakan buku dan seni pencatatan. Industri penjualan-nya walaupun sudah tidak rame, tapi pasar penikmatnya masih tetap ada, salah satu penikmat seni tulisan ini adalah saya.

nah masuk ke unsur propaganda, Jadi apa yang harus di masukan agar buku, novel dan karya seni tulisan lain bisa menjadi sumber informasi sebuah negara dan mendapatkan keuntungan dari industri ini, menurut saya melalui kerja sama antara pelaku seni atau disini sebutan saja penulis dengan pemerintahan kita.

Dari strategi pemasaran sebuah buku, mungkin toko buku sudah berinovasi dengan memasukan beberapa unsur penjualan lain seperti menjual alat tulis sekolah dan kantor, tapi tetap saja masih perlu di inovasi lagi yaitu dengan masukan unsur tema hits lainnya, seperti membuat toko buku dan cafe contohnya, dan konsepnya cafe buku dan bacaan atau taman bermain dan toko buku mungkin. 

Dari pelaku seni atau penulis sudah cukup banyak iya karya-karya yang mereka keluarin seperti buku, novel, komi dan lainya, yang saya lihat di toko buku dekat rumah saya pun masih banyak buku karya penulis indonesia, yang paling banyak yaitu bertemakan tentang pengetahuan dan politik. Dan tokoh penulisnya pun juga banyak mempunyai nama dan berpengaruh di indonesia. Jadi hanya tinggal mengkoneksikan saja dengan pemerintah mengenai beberapa hal. Seperti Novel, saya sih berharap ada novel polpuler yang bertemakan modern tapi dengan latar cerita daerah di indonesia, sebagai indentitas indonesia itu sendiri, dan bisa jadi ini kemudian dikembangkan ke bentuk animasi ataupun perfilan.

Dari Pemerintah saya berharap ada suatu kebijakan khusus mengenai pelaku kreatif seperti Penulis di indonesia, hmm bukan hanya kebijakan sih, lebih baik lembaga tersendiri. Yang membantu penulis dalam mendapatkan pasar dan target peminat baik itu di indonesia ataupun di luar negeri, dan pemerintah harus sering memasukan unsur pestival atau pegelaran yang setidaknya buat pemeran karya seni tulisan disetiap daerah jadi jangkauannya bisa cukup luas.

Industri Musik, dari Perusahaan Musik atau orang sering menyebutnya agensi yang ada di indonesia sudah cukup berkembang bahkan merata bukan hanya ada di ibu kota atau kota besar saja, tapi juga merambah ke daerah yang ada di indonesia, sekarang ini dengan kemudahan teknologi bahkan agensi daerah juga cukup berkembang, karya yang mereka keluarkan juga beragam dan juga ada beberapa yang telah menunjukan identitas dari daerah tempat mereka tinggal, sekarang ini juga ada dengan jalur sendiri yang mereka sering menyebutnya INDIE. Perkembangan industri musik di indonesia bisa di bilang beragam dan industrinya berjalan dengan baik walaupun industri musik kita belum bisa menyaingi industri dari negara lain, tapi lambat waktu dengan adanya konektifitas dengan berbagai pihak seperti masuknya industri musik sebagai bidang kebijakan pemerintah mungkin akan makin berkembang.

Industri musik tidak lepas dengan karya dan juga para musisi. Tokoh seni ini menjadi fator perkembangan musik yang ada di indonesia. Di Indonesa begitu banyak penyanyi dan musisi yang terkenal baik itu melalui label atau agensi ataupun melalui jalur sendiri. Karya yang mereka keluarkan juga beragam dan sekarang lebih terlihat. Kalau dulu lebih monoton, para musisi beranggapan bahwa untuk masik industri internasional harus menyanyikan lagu dengan bahasa internasional juga seperti lagu dengan bahasa inggris. Padahal tidak seperti itu, pada dasarnya musik adalah seni mendengarkan jadi kalau nada dan iramanya pas, pasti orang bakal mendengarkan karya atau lagu tersebut, contohnya negara India, Korea, Jepang, lagu dengan gaya bahasa lokal yang mereka nyanyikan itu populer, diberbagai negara  lain menyanyikan walaupun tidak tau artinya. Owh iya tidak perlu jauh-jauh ke negara orang lain, di negara kita sendiri indonesia sebetulnya ada beberapa lagu berbahasa murni indonesia yang di kenal sampai ke berbagai negara. Jadi menurut saya para musisi harus lebih berani menyanyikan lagu dengan gaya dan bahasa indonesia dan menunjukan bahwa lagu dengan bahasa indonesia bisa populer ke negera lain. Dan ditambah kita yang mayoritas begitu banyak suku budaya dan tata bahasa juga menjadi daya tambah dalam bermusik seperti menyanyikan atau menciptakan lagu dengan lagu daerah atau menyanyikan lagu dengan perpaduan alat musik tradisional daerah. Yakinlah kalau komposisi musiknya pas antara nada, lagu dan alunan musik, walaupun orang tidak mengerti artinya pasti dengan insting indra pendengarnya langsung menyukai karya atau lagu dari ciptaannya.

Nah Pemerintah juga harus berperan penting dari berbagai faktor tertutama selesaikan masalah royalti yang menjadi perdebadan banyak musisi. Memerintah arus turut adil mempromosikan bahkan bisa jadikan sebagai alat diplomasi ke berbagai negara. Harus juga membuat kebijakan dan lembaga tersendiri strategi antara pergabungan Pemerintah, Perusahaan Industri Musik atau Agensi dan Juga Musisi.

Owh iya tapi masalah diplomasi sepertinya sudah dilakukan pemerintah kita dari tahun ketahun tapi masi kurang terlihat, hanya beberapa saja seperti para musisi bergendre dangdut yang sering di undang keduaan besar indonesia di luar negeri, mungkin gendre lain juga harus di ikut sertakan.

Hah lanjut Industri Perfilman dan juga Drama Televisi, menurut saya pribadi industri perfilman kita sudah cukup berkembang tapi terlalu monoton. Apalagi industri Drama televisinya, yang ending ceritanya tunggu ranting turun dulu baru diselesaikan. Kalau ranting siaran tinggi bisa tahun-tahun dramanya yang ngebuat bisa berubah dari alur yang sebenarnya. Dari segi tema, film yang di keluarkan indonesia itu sudah banyak dan terkadang mengikuti pasar yang kalau lagi naik bergenre hantu, semua ngikut, bergendre percitaan semua ngikut. Jadi belum ada keberanian mengekplor atau mencari tema-tema yang anti maenstream.

Ini khayalan aku iya, kan negara kita ini, kalau lihat kebelakang begitu banyak sejarahnya. Yang kental seperti sejarah tentang Kekerajaan atau Kolosal dan Juga Sejarah tentang kemerdekaan melalui kemerdekaan, nah ini adalah tema film atau drama yang tepat untuk berada di indonesia. Film indonesia sudah banyak, tapi tidak menjadi pangsa pasar bagi industri film atau drama di indonesia. Dari Segi tema kerajaan, kita bisa mengambil contoh dua negara Korea Selatan dan Juga Cina, yang sering mengangkat film bertemakan kekerajaan ada yang seuai dengan sejarah ada juga yang dibuat sebagai fantasi penulis yang bertemakan tentang era kerajaan. Kita di negara indonesia mempunyai berbagai macam kerajaan besar Seperti Majapahit, Sriwijaya, mataram islam dan kerajaan nasional lain yang tersebar di berbagai daerah indonesia.

Beberapa film korea mengadaptasikan tentang kerajaan dan konflik dan alur cerita yang sering diambil itu tentang faktor internal mereka seperti politik kerajaan, kudeta dan unsur penarik percintaan kerajaan. Sebetulnya kita bisa mengambil contoh seperti ini kan menururut sejarah keruntuhan kerajaan di nusantara bukan belanda atau portugis tapi politik dalam kerajaan sendiri. Kalau diambil cerita yang menyerupai korea tapi dengan latar belakang kerajaan indonesia pasti keren.

Kelemahan kita itu, tidak ada tempat yang pas untuk menceritakan era kerajaan, di Korea selatan dan juga China mereka mempunyai bekas istana sendiri seperti Istana Gyeongbok punyanya korea selatan, itu dijadikan tempat syuting film bertemakan kerajaan mereka.

Nah Indonesia, kalau di lihat unsur kerajaan seperti majapahit itu istananya sudah tidak ada lagi dan menjadi reruntuhan dan istana yang masih ada di indonesia sekarang menjadi tempat tinggal sisa keturunan kerajaan, jadi agak mustahi di jadikan tempat latar film.

Ini kepikiran saya saja iya, saran saja, pemerintah arus membangun kembali setidaknya duplikasi sejarah di beberapa tempat, atau duplikasi kerajaan Majapahit Contohnya. Buat tempat yang masih terbilang kosong, desainnya berkolaborasi dengan sejarahwan yang ada di indonesia supaya duplikasinya terlihat nyata, bukan hanya bangunan kerajaannya tapi juga tentang unsur kebudayaannya. Seperti yang ada di korea dan juga china.


"Peta Majapahit"
Sumber Gambar dari google

Sumber gambar dari google

Sumber gambar dari google

Nah natinya bakal menjadi tempat sarana para pekerja seni perfilman dan drama televisi mengeluarkan karyanya bertemakan tentang kerajaan bercampur dengan unsur sejarah dan kebudayaan pada era kerajaan zaman dulu. Kalau dapat fasilitasnya yakin lah industri film kita yang bertemakan kerajaan dan kolosal dapat di nikmati bukan hanya di indonesia tapi juga di negara lain.

Tema lainnya tentang kebudayaan, ini yang menurut saya masih ada di perfilman atau drama televisi indonesia tapi tidak banyak dan tidak menjadi tema pilihan utama. Dulu kita punya unsur kental seperti film Siti Nurbaya yang sangat kental dengan kebudayaan masyarakata padang dan era sekarang ada ngeri-ngeri sedap yang unsur batak khas juga sangat terlihat. Dari kedua film ini sangat kental banget unsur budayanya, mulai dari alur cerita, gaya bahasa, gaya hidup masyarakat setempat. Jadi film atau drama seperti ini bisa menjadi daya pengenal indonesia ke negara luar. Saya juga berharap ada tempat yang dikhususkan untuk industri perfilaman indonesia, seperti tersedianya duplikasi tempat rumah adat daerah dan juga peralatan pendukung seperti baju adat dan gaya bahasa dan prilaku adat dari setiap daerah di indonesia. Jadi kita bisa langsung mengenal gaya dan karakter di daerah dan bisa jadi dengan banyak tema mengangkata perihal kebudayaan faktor lain bisa terangkat seperti yang paling terlihat yaitu sektor pariwisata. Tema kebudayaan ini sudah di terapkan di negara tetangga kita Malaysia, di film ataupun drama televisi mereka sering kali memasukankebudayaan mereka dari gaya bahasa dan gaya hidup khas negara mereka seperti adat melayu malaysia yang kental, itu bisa dikenal khalayak ramai salah satu dari faktor industri karya seni mereka seperti Film dan Drama Televisi.

Pengaruhnya bahkan ini iya, yang saya rasakan sendiri, misalkan ada beberapa orang awan menanyakan perihal Melayu, meraka bakal taunya itu malaysia, padahal Melayu tidak hanya ada di Malaysia tapi juga digunakan di Indonesia sendiri. Kenapa demikian, karena dari segi pengenalan itu kita tidak kuat. Tidak ada Promosi atau karya yang mengangkat tema kebudayaan jadi tidak tersebar luaskan.

Seharusnya kita yang mempunyai banyak kebudayaan juga harus menonjol dan bisa di jadikan gaya diplomasi perkenalkan kebudayaan melalui industri perfilam. Kedepannya saya berharap ada kemajuan dari industri ini bukan hanya dari tema filmnya saja tapi beberapa unsurnya juga harus kuat.


Bicara tentang sebuah karya dan diplomasi, sepertinya beberapa belakangan ini yang saya lihat, pemerintahan kita sudah memulai melakukan diplomasi Publik mengunakan unsur pelaku seni, yang terlihat seperti Maudi Ayundia, sebuah tokoh Artis dan Penyanyi yang ditunjuk sebagai juru bicara ke presidenan indonesia dalam rapat tahunan G20. 

beberapa Publik figur di indonesia juga sudah dijadikan sebagai mesin diplomatik, tapi masih bermuat lokal, walaupun tidak sempurna yang dilakukan pemerintahan korea selatan. beberapa kali terlihat pemimpin tertinggi kita, Presiden mengundang beberapa pelaku seni dalam kunjungan kerjanya, tujuannya adalah agar pekerjaan seni ini dapat memberikan informasi mengenai program yang telah dilakukan pemerintah, dan juga sebagai memberi kesempatan saluran ide agar karya yang akan mereka ciptakan tersambung dengan yang telah di rancang oleh pemeurintahan indonesia.

yoyo ada beberapa hal nyata publik figur dijadikan sebagai alat diplomasi seperti contohnya pihak korea selatan mengutus Pekerja seni mereka, si-won superjunior yang ditunjuk sebagai brand Diplomat persahabatan dan kerja sama antara indonesia dan korea selatan, disini siwon sangat siap dengan tugas yang di serahkan kepadannya, dengan beberapa kali yang terlihat, dia sudah memahami apa yang akan dia kerajaan.


Nah kalau Publik figur di Indonesia, bukan membandingkan iya, tapi masih ada beberapa diantara mereka masih belum paham bahwa mereka digunakan atau diundang ke beberapa agenda pemerintah sebagai diplomat publikasi yang tugasnya memberi informasi kepada masyarakat indonesia maupun masyarakat dunia melalui karya atau pengaruh yang mereka miliki.

Ada beberapa publik figur seni menurut saya yang paham dan mengerti beberapa alasan kenapa mereka di undang ke acara atau dihadirkan untuk tinjauan kerja yang dilakukan pemerintah kita indonesia.

salah satunya idola saya yaitu Saikoji,  beliau ini beberapa kali kerap hadir diacara agenda kerja presiden, bukan hanya sekedar datang saja, tapi terlihat di sosial medianya dia mengerti tentang diplomasi dan tau tentang fungsi kedatangannya, dengan karya seni khasnya seperti potongan video dan lagu rap bertemakan tentang hasil kunjungannya yang terlihat beberapa bulan ini mengenai Kereta cepat dan Juga Ibukota Baru IKN, terlihat Saikoji langsung mendeskripsikan hasil kunjungannya dengan karya yang dia ciptakan mengenai informasi Kereta cepat dan juga IKN, karya tersebut bakal mempengaruhi informasi mengenai kebijakan atau apa hal yang dikerjakan pemerintah. Jadi inilah yang dibutuhkan pemerintah tentang penyampaian informasi kebijakan. Pemerintah kita tau jalur agar cepat tersampaikan informasi yang tepat melalui karya seni dan juga para tokoh pekerja seni yang menciptakan sebuah karya.

Seharuanya Publik figur seni yang lain melakukan hal yang sama, agar terjadi kesambungan antara  pengaruh mereka dengan karya seni yang akan mereka ciptakan terkoneksi dengan informasi yang ingin disampaikan oleh pemerintahan kita. Hal seperti ini sudah sering terjadi di negara lain, seperti yang telah dilakukan publik figur seni asal korea selatan dengan pemerintahannya.

Nah para tokoh seni dan karya yang mereka miliki bakal menjadi jembatan yang bisa menghubungakan antara pemerintah dan masyarakat luas bahkan menjadi informasi penting ke negara lain.

Kesimpulan, asik sudah seperti karya ilmiah saja nih cerita random opini saya, Apakah karya Seni bisa menjadi Propaganda bagi suatu negara jawaban saya yaps Bisa dan sangat berhubungan, pada dasarnya karya seni itu pangsanya mencari kenikmatan dan hiburan yang didalamnya terdapat masa atau manusia. Ketika manusia menyukai karya seni tersebut maka mereka dengan gampangnya mendapatkan informasi dari sebuah karya seni tersebut, jadinya unsur propaganda harus terus dimasukan ke sebuah karya seni demi sebuah keuntungan sebuah negara bukan lagi tentang peperangan lebih ke citra pandangan manusia terhadap negara tersebut.

sebetulnya Propaganda bisa diterapkan bukan hanya bagi sebuah negara saja, tapi bisa di pakai sebagai media memperkenalkan diri kita, kota atau tempat tinggal kita dalam memperkenalkan segala hal yang positif sehingga dari hal tersebut bisa mendapatkan keuntungan bagi kota ataupun diri kita sendiri. Dan yang paling bisa membuat sebuah propaganda adalah kita sebagai pelaku seni, atau pekerja seni kreatif, dengan karya yang akan kita buat dalam hal positif bakal menjadikan informasi keuntungan yang besar bagi diri kita.

misalnya seorang penulis media seperti blogger dan pecerita media seperti Vlogger, bisa memasukan unsur-unsur atau hal yang menarik dari diri kita.

Sebuah karya yang kita ciptakan bisa menjadi presentase diri sendiri sebagai media pengenal, atau sebuah karya juga bisa digunakan sebagai perkenalan karakteristik dan hal-hal menarik dari kota daerah kita, sehingga dengan efek karya yang kita keluarkan juga bisa membantu menyalurkan informasi yang mungkin dapat membuat kota asal kita  dapat dikenali dan dari karya tersebut dapat menjadi dampak berkembangnya sebuah daerah yang kita promosi melalui karya yang telah dibuat. 

Bisa terlihat hal-hal yang viral ketika itu bersifat positif tidak merugikan orang lain dengan bantuan kita, beberapa orang disekitar kitapun dapat keuntungan dari unsur atau dampak karya yang kita salurkan.

Jadi sekali lagi Sebuah Propaganda dalam sebuah Karya Seni sangat diperlukan, bukan hanya sebagai alat sebuah negara, tapi juga sebagai alat bagi diri kita dalam memperkenalkan hal-hal yang ingin kita informasikan yang berdampak positif

OKeeee demikianlah akhir cerita dan opini lepas saya yang tersalurkan di blog ini, demikian curhatan dari kegelisahan saya mengenai Propaganda dan karya seni, terimakasih yang sudah sedia meluangkan masa gabutnya untuk membaca opini saya ini, apabila ada kekurangan atau ada kata yang menyinggung, kurang pas, saya mohon maaf, sekian tulisan yang terlalu pendek dari saya, see you.

Hormat Penulis

No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...