Monday, December 29, 2014

Lagi - lagi ditawarin Bisnis MLM | Daily Life



Hello teman-teman semua, Gue mau menanyakan sesuatu neh. Apakah disini, diantara kalian yang baca tulisan ini, ada yang tau tidak tentang bisnis MLM ?? 

Apakah Bisnis ini menguntungkan ?!!

Bisnis MLM ini, sekarang lagi banyak merambah di kalangan masyarakat terutama kalangan Mahasiswa dan juga Orang yang baru lulus sekolah.

Apa sih MLM itu ?? apakah sebutan singkatan dari malam, sepertinya bukan. 
Apakah singkatan dari malu lu malu, bukan juga. 

Menurut pencarian di google yang baru gue dapati, MLM yaitu merupakan singkatan dari Multi Level Marketing. Suatu sistem marketing yang membangun Jaringan dari suatu Perusahaan untuk menjual Produk tertentu dan pelaku bisnisnya akan mendapatkan imbalan yang luar biasa dari uang berlimbah hingga mobil mewah. 

Penjelasan singkat seperti ini, membuat seseorang menawarkan dan menjual produk sekalian merekrut Member dan menjadikan dia sebagai konsumen. Jika dapat Konsumen yang sekalian dijadikan Member orang tersebut atau karyawan di perusahaan MLM tersebut akan mendapatkan Bonus yang cukup besar, jika orang yang dia rekrut ini berhasil mencari orang lain lagi, untuk hal yang sama seperti yang dia lakukan, makan Bonus orang yang pertama tadi akan bertambah besar. Dan begitulah kira-kira *ini  menurut gue ya.

Dan di penjelasan lain, yaitu sistem perekrutan orang untuk menjadikanya membership di Sebuah bisnis dengan menjanjikan Income atau Keuntungan yang tidak masuk akal bagi para calon member baru, tidak tanggung-tanggung yang dijanjikan itu Kapal Pesiar, Pesawat, Mobil serba Rumah Mewah, paling tidak katanya dapatlah Mobil sejuta umat "Xenia atau Avanza". Kalau kita bergabung ke bisnis tersebut, katanya bisa jalan-jalan keluar Negeri atau ketempat-tempat wisata yang terkenal di Indonesia maupun luar negeri.

Mungkin itu adalah alasan yang membuat Pemain/Member  terpincut untuk menggeluti bisnis MLM ini.

Sekarang ada  hal yang ingin gue bahas dalam artikel ini. dalamnya sedalam samudra. *wiss

Disini gue mau memperjelas iya, gue buat tulisan ini bukan mau mengajak kalian ( para pembaca ) untuk bergabung dalam bisnis ini dan gue juga tidak ada bermaksud untuk menjadi agent MLM. Disini gue juga tidak tertarik sekalipun dalam bisnis ini. Bukan juga merendahkan bisnis tersebut, Jadi di tulisan ini hanya sebuah pendapat gue (Opini) tentang apa yang sudah gue alamin sebelumnya.

Jadi Kenapa buat artikel tentang ini ?

Awal ceritanya begini teman-teman, banyak orang diluar sana yang ngajakin gue untuk ikutan menjadi bagian menbership dari bisnis MLM tersebut. Bukan hanya satu orang, bahkan lebih sampai tumpeh-tumbeh yang ngajakin gue untuk ikutan masuk ke bisnis MLM ini. Dari temen gue, sahabat gue, sampai orang yang tidak gue kenal pun menyuruh gue untuk jadi member dalam bisnis MLM ini.

Boleh dikata tiap hari terima telepon, pesan menanyakan sesuatu tentang bisnis ini.

"Gimana bisa datang dipresentasinya ntar sep ?? "
"Gimana materinya??"
"Seru atau tidak ? "
"kapan mau join geng?"
Macam-macam lah pertanyaannya.

Seperti ini kayak gini :








Ini pengalaman gue
Disini, gue ingin bercerita sedikit tentang pengalaman gue yang ditawari Bisnis MLM.

Karena gue dulu orang awam yang belum tau tentang bisnis ini, jadi  gue ngikut aja lagi. Gue diajakin ketemuan dengan orang-orang bergelut dalam bisnis MLM ini. Gue ditawarin ketemuannya bukan hanya sekali, tapi dua kali. *huft, 

Gila sekali lagi mengikutin kayaknya gue bakalan dapat payung mungkin.  




Oke yang PERTAMA, awalnya gue diajakin sama temen gue, temen lama yang sudah jarang ketemu, teman kecil dari SD dan SMP kami satu sekolah, lalu kami ketemuan,  setelah kami ketemuan gue diajaklah sama temen gue ini, ketempat kawannya, sebetulnya pass janjian mau ketemuan, sumpah gue tidak diberitahu mau ngapain, dia juga tidak bilang kalo ada acara  pribadi atau urusan. katanya cuma mau ketemuan aja.

Karena teman lama yang sudah lama tidak gue jumpai, untuk menyambung kembali silahturami, jadinya yah.. gue memutuskan untuk ketemuan lah sama beliau.

Yahh gue ngikutin saja lagi. Singkatan cerita di bawalah gue ke sebuah markas mereka. Di situlah gue baru mengerti maksut dan tujuan teman gue, kenapa mengajak gue untuk ketemuan saat itu. 

Disana intinya gue ditawari dengan salah satu prodak dari bisnis MLM dari perusahaan mereka, disitu gue ketemu sama yang katanya Leader atau Pemimpin dari kelompok mereka dan ternyata eh ternyata, gue di Prospek dong. 

Mulailah mereka berkoar tentang produk mereka, menerangkan tentang keunggulan Prodak MLM, agar gue tertarik dan mau jadi member sama seperti mereka gitu, dengan enbel - embel kalau bergabung jadi membership bakalan mendapat Mobil dan barang mewah lainnya. Sempat terbenak gilak nehh, siapa yang tidak mau mobil, Kapal Pesiar, Pesawat dan lain-lain.

Untungnya disaat itu, gue berfikir, agak mustahil *menurut gue, sedikit mulai sadar dan berusaha mencoba untuk tidak menanggapin dengan serius bisnis tersebut. yah gue abaikan saja lah.

Mereka Presentase gue jawab iya saja.

Kajadian nya persis seperti gambar (Ilustrasi) berikut :

Sumber Gambar : Kaskus


*Pembahasannya yah tentang gimana cara cepet sukses, cara gimana dapat uang banyak, cara cepat punya mobil, sampai dia bilang Rp 1 M itu harapan yang bisa di capai atau cuma mimpi, ya kalo gitu beranggapannya, sama saja seperti pelajaran Akuntansi yang gue pelajari di kuliah cuma menghitung doang, tapi tidak pernah pegang uangnya atau (PHP) doang. Jadi saat itu gue masih belum ada ketertarikan terhadap bisnis tersebut.

selesai dari prospek yang mereka buat tanpa sepengetahuan gue, disana sebelum pulang, gue bilang ke teman yang mengajakin gue ini, Dipikir dulu iya, kalau gue tertarik, bakal dihubungi, dan sampai sekarang gue tidak hubungi teman gue lagi, haha, maaf gue masih belum ada ketertarikan terhadap bisnis tersebut.

Yang ke - 2, lagi-lagi mau saja gue diajakin ke acara yang sama, acara yang begituan.

kali ini bukan prospek lagi sudah jadi Seminar bisnis MLM yang mengadakan sebuah perusahaan besar, katanya terkenal di ibukota. 

Untuk yang kedua ini, ceritanya sama dengan yang pertama, tapi dengan orang yang berbeda. Awalnya sama seperti yang pertama demi menjaga silahturami yang karena sudah jarang bertemu, teman gue ini mengajak dan menawarkan gue ke sebuah acara di Hotel. Waw ini lebih mewah, yang kemaren di markas sekarang di Hotel.

Yang ngajakin gue Ini beda orang yaa, bukan teman gue yang pertama tadi. yang pertama tadi laki-laki sekarang teman gue ini perempuan, Ini teman gue satu kampuslah, Dia tidak bilang juga ada acara apa, jadi sebagai teman yang baik, gue ngikutin aja lagi. 

saat itu karena tidak ada bilang acaranya sempat berfikir ini perempuan mustahil mau dengan bisnis tersebut. Rupanya tidak laki-laki dan perempuan sama saja metode perekrutan yang mereka lakuin.

Didalam pikiran gue saat itu adalah wah ini pasti ada sukuran, launcing atau pembukaan usaha baru beliau, sukuran di hotel, kemudian niat datang kesana sekalian numpang makan gratis. *Niatnya

Owh ternyata tidak, pikiran Positif gue salah

Sesampai di tempat acara, Gue ketemuan lah sama beliau, kemudian gue diajak ketempat acara yang sama sekali gue masih tidak tau itu acaranya apaan. Gue diajak ke sebuah ruangan gedung serba guna yang ada di hotel tersebut. Ehh ternyata, gue kembali lagi ke markas MLM yang ruangannya lebih besar, Dari yang pertama, ruangan gedung Serba guna sebuah hotel.

Dengan agenda Seminar tentang bisnis dan promosi produk dari Perusahaan MLM tersebut. Disitu keadaan pintunya ditutup rapat, setelah semuanya masuk dan berkumpul keruangan serbaguna tadi, Panitian disana langsung menutup semua pintu keluar. Disitu gue sudah mulai curiga mau diapakankah ini ? jadi yang ada di dalam ruangan itu hanyalah orang awam seperti gue dan orang senasip dengan gue, mungkin diajaknya dengan cara yang sama, kami sebagai target konsumen, ada juga anggota dan leader dari bisnis MLM penyelenggara ini. 


Ini yang ke 2 kalinya gue diprospek, dan hasil yang gue dapat dari seminar itu, sebentar mikir dulu *sambil megang jidad, iya tidak ada sama sekali, yang didapat hanya otak gue puyeng seperti di Hipnotis atau pencucian otak (menurut gue ).


Ini beneran, gue seperti di Hipnotis, bayangkan kalian didalam ruangan, pintu ruangan ditutup semua, didalamnya hanyalah kalian sebagai orang yang tidak tau sama sekali tentang bisnis MLM dan produk tersebut, kita diharuskan mendengarkan pidato dari Narasumber yang pembahasan pokoknya tentang produk MLM tersebut.


Mayoritas didalam ruangan tersebut adalah para member yang sudah berhasil mereka rekrut. Salah satu leadernya berpidato diruangan tertutup tersebut, dia menerangkan bagaimana dia bisa punya Mobil, punya Rumah, punya taik hidung yang besar. Lalu gantian temannya satu lagi bercerita tentang jalan-jalan ke Eropa setelah menjadi member. 

Sumpah yang gue tangkap Dari pembahasan ini, hanyalah tentang Pamer kekayaan dan tentang khasiat produknya cuma sedikit, diawalan doang saat perkenalan produk. Lebih parahnya para membernya teriak-teriak tidak jelas, seperti Monyet. Kwek..Kwek..Kwek.. ehh ini suara bebek ding.

Yang gue tangkap mereka menyebutkan kata DASYAT berulang - ulang, DASYAT,DASYAT, DASYAT, waktu itu gue berpikiran akan datang Olga Syahputra Dan Raffi Ahmad yang di acara musik itu, datang kemudian joget kucek-kucek, jemur,jemur. Rupanya itu hanya mark dan kata sesepuh  dari mereka.

Dipenghujung acara pembicaranya ngomong, kalian harus bergabung dengan kami, biar hidup kalian menjadi sukses, caranya membeli beberapa prodak dari kami itu sudah menjadi mempership.

Banyak dari yang ikutin acara seminar itu yang sama seperti gue langsung membeli dan menjadi membership karena mereka langsung direbutin para membership lama dan ada juga yang masih kebingunga habis teripnotis, ragu-ragu membeli dan jadi membership atau tidak iya.

Dan gue, berhubung sudah mengalami sebelumnya, yang gue cari itu Pintu Keluar untuk kabur dan tentunya cari WC *Kebelet kencing woyyy, mana ketutup semua pintu, tahan lah sampai selesai itu acara.

Selesai seminarnya gue samperin teman gue yang mengajakin gue tadi, dan alasan gue sama seperti yang pertama, masih berpikir dulu, kalau tertarik dengan bisnis tersebut dikabarin, mereka mengiyakan, gue izin pulang karena ada urusan lain, sambil minta teman gue ini untuk temankan ke pintu keluar hotel 

*padahal alasan gue untuk kabur dari acara tersebut, dan gue sampai sekarang tidak ada ngabarin ke beliau apakah mau bergabung atau tidak, maafkan iya temanku, untuk saat ini gue masih belum mau bergabung ke dalam bisnis MLM tersebut.

Sebelum gue memutuskan untuk bergabung atau tidaknya ke dalam bisnis tersebut, gue ingin mencari tau tentang apa itu bisnis MLM.

Dari situlah gue mulai cari tau apa itu bisnis MLM, kenapa bisa berkembang dan banyak diminati kalangan muda, apakah emang benar bisa dapat seperti yang mereka katakan sebelumnya, dari pada gue kenak untuk yang ketiga Kali-nya. Gue cari tau semuanya, mulai tanyakan kepada semua orang, ada yang tanggapan Positif ada juga yang Negatif, gue mencari di buku dan juga berselancar di Internet, Pegangan Ilmulah.

Setelah penelusuran gue di Internet, berikut data yang gue dapat dari pencarian mesin Google,Wikipedia, Instagram dan para penghuni kaskus .


Menurut WIKIPEDIA
MLM adalah pola pemasaran langsung, dengan cara konsumen sebagai sebagai penyalur.

Menurut Kartun Ngampus
Target dari bisnis ini adalah seorang mahasiswa terutama mahasiswa yang awal atau baru masuk kesebuah universitas atau pun sekolah tinggi, seperti berikut :

Sumber : Kartun Ngampus

Sumber : Kartun Ngampus


Sumber : Kartun Ngampus


Sumber : Kartun Ngampus


seperti berikut :

Sumber : Lubangkecil


Menurut Aceng watanabe 

Sumber gambar : Aceng watanabe 


Dan berikut pandangan para blogger lain tentang bisnis MLM :


Dari situlah gue putusin tidak tertarik dengan bisnis MLM tersebut, yang paling menyakinin gue dari situs kaskus seperti berikut ini :



Alasan gue tidak memilih untuk mau bergabung ke bisnis MLM tersebut, adalah ini pertama Kali gue kenal dengan bisnis tersebut, dari pandangan pertama gue sama sekali tidak tertarik. Apalagi dengan sistem marketing yang sepertinya, maaf memaksa untuk bergabung dengan embel - embel hadiah Kapal Pesiar, yang telah gue alami dan sudah dijelasin tulisan diatas.

Terlebih lagi gue tidak suka cara temen gue ini, yang ikut bisnis tersebut, mengajak gue dengan tidak langsung To The Point, kalau ingin mengajak gue ke bisnis tersebut, sampaikan saja latar belakang perusahaan tersebut, latar belakang prodaknya, apa khasiat dari prodaknya, gimana cara mainnya, kalaupun gue tertarik ke bisnis tersebut pasti bilang kekalian, kita ngomong baik-baik, duduk ngopi santai. Karena sebuah bisnis itu dimulai dari rasa ketertarikan, kalau tida dengan ketetarikan bakalan sulit untuk memulai, kenapa harus diam-diam, sampai gue harus dibawa-bawa ke acara seminar yang tidak jelas. 

Sebenarnya kecewa pasti ada, tapi YASUDAHLAH. Itu juga sudah terjadi, anggap saja sebuah pengalaman.

Yang aku pelajari dari pengalaman ini tentang bisnis tersebut, bisnis ini menurut ak legal, emang menguntungkan tapi mereka tidak jujur dan tidak terus terang cara kerja bisnis tersebut, sistem berantai menjual produk dengan menjadikan orang tersebut jadi membership, yang pada intinya member tersebutlah yang mengkonsumsi produk tersebut sekalian me marketingkan produk, mengenalkan produk ke orang lain, semakin banyak membeli semakin banyak member atau bisa dibilang konsumen tetap, keuntungan sebuah perusahaan semakin besar, mereka tidak perlu repot-repot membayar marketing atau biaya pemasaran iklan, anggota mereka sendirilah yang bekerja, dan anggota yang rajin merekrut orang dia yang bakal mendapat keuntungan besar, nah bagi kita yang lemah dalam marketing, mempengaruhi orang tidak akan bisa maju di bisnis tersebut.

dan gue bukan tipe orang pengobrol, atau pengajak dalam hal-hal acara lah, jadi bukan kesana arahnya gue.

hanya orang yang mengertilah yang bakal sukses di bisnis MLM ini, yang hanya jadi member bisa dan ngikutin kalian tidak akan bisa apa-apa percayalah, ini tentang strategi pemasaran.

pililah dan pelajari sebelum bertindak, karena leader di bisnis ini mencari orang terlemah dan member baru agar dia bisa dapat keuntungan dan bonus yang besar. ada mata rantai yang mengerikan di bisnis ini. kalian nyari orang baru, orang baru tersebut nyari orang lagi, yang duluan merekruk kalian jadi member dia lah pemenag sebenarnya. *Ngertikan, ngertilah masak tidak.

Terakhir, tulisan yang gue buat ini, bukan untuk menjelekkan atau gimana, tapi hanya sekedar sharing tentang pengalaman mengenai bisnis MLM. Kalau salah dari opini gue mohon dikoreksi di kolong komentar.

Jujur gue  sekali lagi bilang, gue sangat dan sangat tidak tertarik dengan yang namanya  bisnis MLM ini, yang paling tidak gue sukai dari bisnis ini, adalah cara mereka mengajak untuk bergabungnya. Menurut gue mereka memaksa  secara halus untuk gabung, untung gue mulai sadar.

Untuk kalian teman-teman gue yang gue sayangi, ataupun bukan, jangan ngajakin gue lagi iya, gue sangat tidak tertarik dengan bisnis tersebut, tapi jika kalian menganggap bahwa bisnis MLM ini menguntungkan bagi kalian, bisnis ini bisa membuat kalian sukses. Itu terserah dengan kalian sendiri, gue dukung kalian 100%, dan apabila ada kata yang tidak enak di baca mohon maaf ini hanya sekedar ungkapan Dari gue pribadi saja TERIMAKASIH 


2 comments:

  1. hahaha.. bagus.. mendign jualan barang yg pasti2 aja drpd ikut MLM :D

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...