Thursday, October 12, 2017

Jom Ke Tanjugpinang. Ada Festival Bahari Kepri 2017

photo dari : harianmemokepri.com

Assalamualaikum sahabat blogger, di postingan kali ini, gue ingin memberikan sedikit info mengenai daerah gue. Tanggal 24 September kemaren Provinsi Kepulauan Riau merayakan hari jadinya yang ke 15 Tahun. Yagh sudah lima belas tahun Provinsi Kepulauan Riau mekar dari Provinsi Riau. Untuk merayakan hari jadinya, Provinsi Kepulauan Riau mengadakan beberapa Even atau Festival dalam merayakan hari jadinya. yapss sama seperti di daerah lainnya. Provinsi Kepulauan Riau sudah dan akan mengadakan pegelaran Festival dalam menyambut ulang tahunnya yang ke -15. Salah satu evennya yaitu Festival Bahari Kepri - Sebuah agenda dari Dinas Pariwisata Provinsi Kepulauan Riau untuk meningkatkan pariwisata di Kepulauan Riau.


Lima belas tahun sudah Provinsi Kepulauan Riau berdiri. Kalau di usia manusia, umur lima belas tahun itu, seperti remaja yang baru memulai mencari jadi dirinya. Lima belas tahun Provinsi Kepulauan Riau mekar dari Provinsi Riau. Sedikit info yang penting nih buat teman-teman, sebagai tambahan ilmu dan pengetahuan, hehe

Provinsi Kepulauan Riau itu beda dengan Provinsi Riau

Jadi, jikalau kalian bilang Riau itu sama dengan Kepulauan Riau. Itu salah temen-temen. Sudah berbeda, Masing masing sudah ada Gubernurnya.

Dulu emang namanya Provinsi Riau. Tapi Lima Belas tahun silam Masyarakat yang berada di tanjungpinang, Batam, dan daerah sekitarnya. Berjuang meminta izin kepada Kementrian Dalam Negeri saat itu, untuk melepaskan diri dan mekar dari Provinsi Riau.

Tepat tanggal 24 September lima belas tahun lalu, Kepulauan Riau resmi menjadi Provinsi Kepulauan Riau.

Kepulauan Riau itu terdapat beberapa Kabupaten dan kota madya yaitu : Kota Tanjungpinang yang sekarang menjadi tempat tinggal gue, Kota Batam, Kabupaten Bintan, Kab. Karimun, Kab. Lingga dan Kab. kepulauan Anambas. Sebuah Pulau-pulau kecil yang bersatu menjadi sebuah provinsi Kepulauan Riau.

Ok, next. Kita lanjut ke inti tulisan. Untuk merayakan hari jadinya, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan Pemerintah Lokal Bersama Dinas Pariwisatanya, Mengadakan Beberapa agenda atau Even yang mungkin menjadi agenda tahunan. Salah satunya Yaitu Festival Bahari Kepulauan Riau. Festival ini merupakan Festival yang kedua di gelar. Dan berikut rentetan even Festival Bahari Kepulauan Riau Tahun 2017 secara beruntun selama 10 Hari. 

Dicatetet iya tanggalnya. Siapkan Pena dan Buku kalian, untuk catet ini. Kalau tidak ada pena, pensil aja. Kalau tidak ada, pensil alis pun tidak apa-apa. Hehe :-)


1. Echo Heroes atau Aksi Bersih sampah di Kota Rebah

Even ini digelar Pada tanggal 07 - 14 Oktober 2017 yaitu acara gotong royong, Bersama - sama pemerintah dan masyarakat, Membersihkan  sampah dan melestarikan cagar budaya Kota Rebah. Kota Rebah itu sudah gue jelasin disini sebuah situs bersejarah yang merupakan saksi biksu kerajaan Riau-Johor-Lingga. Wah seneng akhirnya tempat wisata tersebut kini akan kembali difungsikan sebagaimana mestinya 😄

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang


2. Festival Dangkong Dance

Festival Bahari Kepri 2017, akan dimulai dengan pembukaan Festival Dangkong Dance. Festival ini akan dilaksanakan di pulau karimun, Kab. Tanjung Balai Karimun pada tanggal 13 Oktober 2017. Dakong Dance merupakan sebuah tarian kesenian tradisional yang sangat populer di kalangan masyarakat melayu kepulauan Riau. Kira-kira sejak jaman kerajaan melayu bentan, riau-lingga, hingga sekarang. Kesenian Dangkong Banyak ditampilkan baik pada upacara adat melayu, maupun sebagai hiburan yang ditampilkan kepada masyarakat umum. Segitu aja penjelasannya. Kalau penasaran lihat langsung aja iya. Piss

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang


3. Pentas Seni

Sebuah Pegelaran Pentas Seni, yang dikemas secara inovatif. Pentas Seni merupakan salah satu daya tarik wisata budaya di tanjungpinang. dengan menampilkan berbagai macam atraksi seni dari sanggar - sanggar terbaik di tanjungpinang. Seni pertunjukan  yang ditampilkan diantaranya ada pertunjukan Opera Tradisional Melayu dari Natuna bernama Mendu. Pentas Seni ini akan di selenggarakan pada tanggal 14 - 15 Oktober 2017 di kota tanjungpinang. Lebih tepatnya di gedung daerah provinsi Kepulauan Riau (KEPRI).

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang



4. Tradisional Game Khas Kepulauan Riau
Sumber Gambar : dinas Kebudayaan Provinsi Kepri

Festival bahari kepri akan menyuguhkan beberapa permainan tradisional khas melayu. salah satu permainan tradisionalnya adalah Perahu Jong atau permainan Sampan Layar Mini. Permainan Jong ini, si pemandu akan mengatur kemudi jong yang terbuat dari kayu, dipasang melintang, yang berfunsi sebagai penyeimbang. kemudian di lepaskan berlayar menurut arah angin. Tradisional game ini akan di laksanakan di Pantai Tanjung Siambang - Dompak - Kota tanjungpinang, pada tanggal 14 - 16 Oktober 2017



5. Festival Gurindam 12

Festival gurindam 12 adalah sebuah pertunjukan Seni atau bisa di bilang Puisi yang khas Melayu. Kalau belum ada yang tau, gurindam 12 adalah sebuah puisi melayu yang ditampilkan dengan sebuah nada yang berdayun-dayun. Gurindam 12 Berisi tentang Pujian, Nasehat. Sedikit kutipannya

"BARANG SIAPA TIDAK MEMEGANG AGAMA 
* SEKALI-KALI TIDAK BOLEH DIBIANGKAN NAMA.


Yang penasaran dengan Gurindam 12, gue juga sudah posting di tulisan sebelumnya disini Monggo silahkan dibaca. ini akan diselenggarakan pada tanggal 17 Oktober 2017 di Gedung Daerah Kota Tanjungpinang.

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang



6. Wonderful Sail to Bintan di Perairan Bintan
Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang

Sail to the Bintan ini akan diadakan pada tanggal 16 - 22 Oktober 2017. Pemerintah menyelenggarakan even Yacht Rally, yang akan melalui berbagai daerah untuk memperkenalkan potensi wisata bahari melalui dua even Sail Nasional. Aktraksi para Yachter dari berbagai negara, siap mengarungi perairan Tanjungpinang dan Bintan.




7. Panggung Penyair - Festival Sastra Nusantara

Acara ini akan diselenggarakan pada tanggal 18 Oktober 2017. Acara ini akan dihadiri penyair-penyair dari Kepulauan Riau. Panggung Penyair akan mengangkat tema " Gelegak Muara Sungai Carang" guna mengangkat semangat Kawasan bahari pada Festival Bahari Kepri 2017.

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang





8. Kepri Ekspo

Sebuah pegelaran dan pameran Kesenian dan Kerajinan dari Industri UMKM. Pameran kerajinan tangan, makanan, minuman dari produk dan karya masyarakat Kepulauan Riau. Ini guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang ada di Kepulauan Riau.


Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang



9. Pegelaran Marhaban dan Zikir

Pegelaran Marhaban dan Zikir ini akan di selenggarakan di kota Tanjungpinang. Tepatnya pada tanggal 19 Oktober 2017. Even ini akan menyajikan paduan Seni dan Agama. Pegelarannya akan sangat apik dalam meramaikan Festival Bahari Kepri.



10. Parade Kapal Hias Sungai Carang
Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang

Parade karnaval Kapal Hias ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 oktober 2017, di kota tanjungpinang. Tepatnya di Sungai Carang. Berbagai macam kapal atau sampan di desain semenarik mungkin, kemudian berlayar parade mulai dari jembatan engku putri atau di sungai carang menuju pelabuhan tanjungpinang.



11. Tanjungpinang International Dragon Boat Race
gambar : kemenpar.dream.co.id


International Dragon Boat ini akan diselenggarakan pada tanggal 20 - 22 Oktober 2017 di Tanjungpinang. Lebih tepatnya di sungai carang. Ini merupakan sebuah perlombaan balapan perahu naga yang juga menjadi even setiap tahunannya di tanjungpinang. Even ini termasuk even unggulan di Kepulauan Riau. Dulu even ini diselenggarakan di dekat pelabuhan tanjungpinang, setelah dua tahun belakangan, tempatnya diganti di sungai carang. Berpassan di bawah Jembatan Engku Putri. Karena ini bertaraf international, maka peserta yang ikut ada dari negeri tetanga seperti singapura, malaysia dan negara lainnya.




12. Pawai Budaya



Pawai Budaya ini akan di selenggarakan pada tanggal 19 Oktober 2017 di Kota Tanjungpinang. Sebuah peserta Parade Budaya yang pesertanya dari berbagai Intansi, Sekolah dan masyarakatat di Tanjungpinang. Bicara pawai budaya, gue pernah ikutan nih. Pawai budaya ini merupakan salah satu rentetan Festival Bahari Kepulauan Riau. Selain itu pawai budaya juga untuk menyambut hari Otonom Kota Tanjungpinang yang ke 16. 

Dulu waktu baru masuk SMA kelas 1, kami diwajibkan untuk ikut pawai budaya ini. Di pilih oleh guru mengunakan kostum apa aja, seperti Baju Adat perpasangan dan baju Profesi Pekerjaan. Yang dapat kebagian jatah baju adat dan berpasangan dengan temen lawan jenis. Pas lagi parade di jalan, pasti aja ada yang nyorain, cie..cie nikah. Padahal kan cuma kostum doang. Ahh keinget waktu SMA jadi lucu sendiri.

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang




13. Pawai Mobil Hias
Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang

Parade mobil hias ini juga merupakan agenda dari Festival Bahari 2017 dan untuk merayakan hari Otonom yang ke 16 Kota Tanjungpinang. Disini mereka berlomba mendesain, mempercantik tampilan Mobil dan berparade di jalan kota tanjungpinang. parade mobil hias ini bersamaan dengan parade Pawai Budaya yaitu pada tanggal 19 Oktober 2017

Sumber Gambar



14. Kepri Fondo Ride

Yang hobi bersepeda, ini juga ada evennya loh. Goes-goes balapan sepeda keliling kota tanjungpinang. Kepri Fondo Ride Of Festival Bahari Kepri tahun 2017/ merupakan kegiatan trial bersepeda yang akan diikuti oleh pembalap semi pro dari dalam negeri maupun luar negeri. Dari pagi hingga siang, jaraknya kisaran 110 KM. Start dari gedung daerah sampai Pulau Dompak. Acara ini di selenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2017.

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang



15 . Kepri Karnaval
Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang

Kepri karnaval akan diselenggarakan pada tanggal 21 Oktober 2017. Sebuah karnaval pertunjukan Seni Baju Hias, Busana - busana kreatif, dengan desain berbagai macam tema khas desainer dalam negeri. Karnaval ini sama persis dengan karnaval yang ada di Jember Karnaval. Mungkin juga sama seperti tahun lalu, peserta yang ikut Jember karnaval akan juga meramaikan dan berpartisipasi dalam kepri Karnaval.


Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang



16. Festival Cullinary Fiesta

Bagi pecinta kuliner, ini pass buat kalian sebagai salah satu dari rentetan even Festival Bahari kepri 2017. Festival Cullinary Fiesta memperkenalkan kuliner ungulan dari kekayaan khas bahari kepulauan riau, baik produk jadi maupun yang akan disajikan melalui live cooking oleh chef tanjungpinang. Festival Cullinary Fiesta akan diselenggarakan pada tanggal 20-21 Oktober 2017.
dicatet tuh.

Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang




17. Malam Hiburan Rakyat
Photo dari Dinas Pariwisata Tanjungpinang

Malam Hiburan Rakyat ini, merupakan even penutup dari segala rentetan even dan Festival Wisata Bahari Kepri tahun 2017. disini akan menampilkan beberapa artis daerah dan artis ibukota dan yang mengisi acara ini yaitu sebuah band WALI, tak perlu dijelasin lah iiya, udah terkenal juga.


itu tadi beberapa rangkayan pegelaran beruntun Festival Bahari Kepulauan Riau tahun 2017, yang akan segera di selenggarakan di bulan oktober ini. Yang pengen lihat langsung yokss.. Kuyy ... Jomm Ke Tanjungpinang.

26 comments:

  1. Awalnya saya mengira Kepri dan Provinsi Riau itu sama, ternyata beda ya..
    Saya ada family di Provinsi Riau tepatnya di tengkerang, sudah ada rencana maen kesana, tapi belum kesampaian..

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku juga baru tahu juga kalo kep, riau tuh gak sama gn prov. riau.

      acaranya kaayaknya baagus tuh ada penampilan tarian daerah juga dan acara bersih-bersih.

      Delete
  2. KEREN KALI BANG! Saya ini kerja di Pemda Riau, sering banget ada email nyasar kalau Riau dan Kepri itu sama T.T Ntah gimana mereka sekolah dulu ya hahaha

    paling suka sama Prahu Jong!

    ReplyDelete
  3. waaow, kepri banyak juga ya acara nya. :D. kapan kapan pengen main kesana

    ReplyDelete
  4. Semoga festivalnya rame dan makin banyak wisatawan yg mengunjungi Tj. Pinang

    ReplyDelete
  5. keindahan serta budaya TanjungPinang memang tiadalah duanya, sebab jika ada duanya berarti berduaan, apalagi kalau ada tiganya sama dengan bertiga, jadinya nggak enak dong kalau kebanyakan mah

    ReplyDelete
  6. Asik banget, yang paling pengen diliat tu dragon boat race-nya.

    ReplyDelete
  7. Kepri beda dengan Riu, sudah punya gubernur masih-masing. Tapi orang akan mengiranya sama, karena namanya yang mirip-mirip gitu. Pawai mobil hias itu yang paling saya suka.

    ReplyDelete
  8. Wow.. Rangkaian festivalnya sungguh keren...
    Sayangnya jaraknya jauh dari Yogyakarta.. hehe

    ReplyDelete
  9. Ultah Kepulauan Riau yang ke 15 dengan aneka perayaan
    selamat ya kita sama-sama ada di Indonesia jauh di mata dekat dihati

    ReplyDelete
  10. Duhh pengen ke Kepri deh pas ada festival begini.. mungkin tahun depan kali yaa..

    ReplyDelete
  11. Eventnya keren2. Meskipun propinsi Kepri itungannya leBih junior dibanding propinsi2 lainnya...tapi tetep bisa menyuguhkan bnyak kegiatan yang positif. Maju terus Kepri.

    ReplyDelete
  12. Ramai sangat bro festivalnya, paling tertarik sama kulinernya, pengen icip2 juga... heheh

    ReplyDelete
  13. Duh, baca ini jadi pengen ke Tanjungpinang deh. Fastivalnya seru banget.

    ReplyDelete
  14. Kepri tuh bahasanya melayu banget gak sih? Kok kadang kayak ipin upin gitu, hihi.. Saya naksir wisata kulinernya, nyamnyam

    ReplyDelete
  15. Salah satu upaya untuk meningkatkan pendapatan daerah dengan cara menarik wisatawan datang. Great! Kalo dikelola dengan baik oleh "orang-orang yang bener-bener baik" seharusnya daerah Indonesia sudah bisa maju.

    ReplyDelete
  16. wah keren
    apalagi yang sunset di bintan itu
    kepri emang kece

    ReplyDelete
  17. Tanjung Pinang memang mantap, pernah sekali kesana, entah kapan lagi bisa bertandang

    ReplyDelete
  18. Kalo gak baca tulisan ini, saya gak bakal tau kalo Kepulauan Riau itu beda sama Riau. Saya pikir sama aja. Mantap nih, jadi nambah pengetahuan baru.

    Keren juga terpilih ikutan parade ya Mas, pasti kenangan itu gak akan terlupakan sampai sekarang. Eventnya mantap dan bagus-bagus banget, ini sekaligus mengenalkan budaya yang ada ke dunia internasional, apalagi ada even Tanjungpinang International Dragon Boat

    ReplyDelete
  19. Wah seru ya festifalnya, meriah banget
    , kapan2 kalau ada acara seperti itu share lagi ya gan, sapa tau bisa langsung ke sana buat ikut meriahkan


    Salam kenal
    Www yukgas id

    ReplyDelete
  20. Keren-keren banget event nya mas. Malam puncak yang video itu bagus banget kelihatannya.

    Yang bisa sampai kesana sepertinya cuma doa saya mas haha -_- Semoga sukses selalu buat Provinsi Kepulauan Riau yang indah dan kaya!

    ReplyDelete
  21. Wah kayaknya seru banget

    sayangnya aku lagi di depok :'(

    ReplyDelete
  22. Wahhh seruu. Duh kapan yah bisa liburan ke sono -___-'

    ReplyDelete
  23. Jauh ya jauh hehe

    Paling excited sama nomor 11 nih,

    ReplyDelete
  24. ada 17 event? Keren banget!
    Saya kira dulu sama itu lho, antara Provinsi Riau sama Provinsi Kep. Riau. Ternyata...

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :-) JANGAN LUPA TINGALKAN JEJAK YA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...