Saturday, April 11, 2015

Seminar Proposal Skripsi berjalan Lancar | Daily Life



Assalamuallaikum wr.wb

Mengawali tulisan dengan kata salam, orang - orang bilang  biar varokah, di postingan awal di bulan April, yeah akhirnya gue  sampe  juga ke tahap pertama dalam perjalanan skripsi gue,  sidang pertama yaitu sidang seminar proposal skripsi, yang alhamdulilah berjalan lancar, yah walapun  ada masalah sedikit di awalnya.

Setelah lama menunggu jadwal sidang proposal, tepat tanggal  10/4/15  akhirnya gue  sidang seminar  proposal skripsi,  yah sudah sekian kali ngantar judul, gonta ganti judul baru, revisi.  akhirnya skripsi gue diterima untuk diseminarkan, akhirnya dosen  pembimbing gue bersedia dan berbaik hati untuk memberikan izin kepada gue untuk mengikuti  sidang 1 seminar  proposal skripsi. Kata orang - orang kalo udah mengikuti seminar proposal  skripsi berarti sudah selangkah menuju sarjana yah mudah - mudahan sidang  akhir gue juga berjalan lancar. Aamiin.

Persiapan sidang seminar proposal, persiapan gue untuk mengikuti sidang pertama ini,  yang pertama  gue lakuin dengan ngumpulin  berkas-berkas, slide power Point dan  konsultasi ke  teman  yang  udah duluan  mengikuti  seminar  proposal.

***

H-2  sebelum jadwal sidang  proposal, gue memutuskan untuk konsultasi sama temen gue, yah karna sama dosen pembimbing sulit untuk  di temui, jadinya gue nemutuskan untuk berkonsultasi sama  temen gue yang  udah duluan mengikuti sidang  proposal skripsi, yang lebih tepatnya udah lulus duluan,  ia dia lulus pada tepat  waktu dan gue  lulus pada  waktu yang tepat  *alasan  mahasiswa telat lulus.

* lagi dimna bro,?
* lagi di kossan, ada apa ne tumben ko sms bro,?
* gini bro, besok gue mau sidang seminar propasal.
* gue kesana e, mau tanyak-tanyak tentang seminar nanti bro.
* oke, datang aja bro gue tunggu jangan lupa bawa buah tangan e,
Heee. ( Kebiasaan anak kos)
* hmm oke bro

                                                                     ***

Akhirnya gue sampai di tempat temen gue, dan gue mulai nanya-nanyak tentang seminar gue, apa aja yang perlu dipersiapkan, pertanyaan apa aja yang nanti di tanyain dosen di sidang nanti, lalu temen gue hanya bilang  " yaelah  bro baru  sidang awal, belum sidang akhir. Jadi tenang aja bro santai",  macam di pantai, di sela-sela pembicaraan  tentang  topik sminar proposal,  teman gue mencoba mengalikan topik pembicaraan, celetuk tentang nasip gue, lo belum lulus juga e bro, jadi kapan lo bisa lulus bro hahaha *dia coba nyindir gue. Oke gue nyoba nyindir balik, hmm jadi lo kerja di mana sekarang bro,? (Padahal gue sudah tau kalo dia belum ada kerja setelah lulus kuliah). Blum ada bro, gue belum dapat kerjaan ne, kok bisa bro,? . Ia neh gue udah sebarkan lamaran pekerjaan  kemana - mana. belum ada panggilan bro. Gue jawab, wah semangat bro, oke bro makasih.

***

Gue teringat kata pepatah :

Tidak Apa-apa lulus tidak tepat waktu, yang penting lulus pada waktu yang tepat.
* pribahasa untuk mahasiswa telat Lulus.

***

Oke H-1 sebulum  seminar proposal, yang gue siapkan untuk seminar proposal udah hampir beres, owh iyaa gue lupa Laptop.

Persyaratan seminarnya  harus bawa laptop sendiri, waduh leptop gue kan lagi keadaan mati suri alias rusak, wah ne  laptop rusak tidak pada tempatnya, nak diperbaiki tapi tidak ada uangnya,  waktu seminarnya tinggal satu hari lagi, ada sih komputer PC, tak mungkin di bawak, pasti ribet dibawaknya,  apakah gue harus bawak  komponennya satu - persatu. Minjam laptop staf kampus, wah pasti udah banyak yang minjam. Leptop dosen, wah tidak mungkin. Akhirnya gue memutuskan untuk meminjam leptop kawan gue. Alhamdulillahnya,  dia mau meminjamkan leptopnya ke gue.

Akhirnya persiapan sudah  selesai, gue siap  untuk seminar.

***

Hari H seminar  proposal, jadwal sidang  gue jam 9 pagi. Jadwal yang berat bagi seorang mahasiswa adalah kuliah pagi, apa lagi Sidang Skripsi pagi-pagi, dan seperti biasa, gue hampir bangun kesingaan,  gue baru bangun jam 8 sedangka jadwal sidangnya mulai jam 9, dengan secepat  kilat  gue buru2 berangkat  kkmpus, sambil berpikir gimana ya kalo sampe sidang proposal telat, wah nga  kebayang dah.

Untungnya bukan Ari Untung, untungnya  gue datang pada tepat waktu, jadwal sidang seminarnya di undur setengah jam, jadinya gue dapat mempersiapkan diri untuk seminar proposal Skripsi ini.

                                                                          ***

Dan tak lama kemudian sidang proposal pun dilaksanakan dan gue dapat giliran yang pertama, wah gimana neh, bisa nga gue *bicara dalam hati. Teringat kata teman gue yang tadi "elah bro baru seminar proposa, belum sidang akhir skripsi, Oke. 
“Show must go on"

Dan gue  membuka seminar proposal awal, dengan 3 Dosen penguji di hadapan gue, dosen pertama langsung  mempersilah gue untuk mempersentasikan proposal skripsi gue. 

Oke saya mempersilahkan  saudara untuk memulai mempesentasika proposal saudara dalam waktu 15 menit  saja, presentasikan yang penting-penting menurut saudara. 
"Kata Dosen Penguji Gue" .Oke dan akhirnya gue mulai mempersentasikan proposal gue (dengan durasi hanya 15 menit),  setelah selesai presentasi dan mulai muncul perdebatan. Gue mulai mempertahankan  argumen tentang proposal skripsi gue, dengan dosen penguji  yang mulai  menyerang dengan pertanyaan-pertanyaan mengenai skripsi gue. setelah perdebatan berjalan cukup panjang,  dan akhirnya tiba tahap akhir, saat-saat penentuan nasip skripsi gue.

***

Dosen penguji mulai mengkompromi tentang nasip skripsi gue, dosen penguji satu bertanya ke Dosen Penguji ke-2, gimana pak, ini skripsinya boleh dilanjutkan tidak, dan begitu juga dengan dosen penguji ke-3, dosen pertama menjawab, kalo aku sih yes, gimana menurut mu nang, lah kok jadi acara pencarian bakat.

Dari negosasi sesama dosen, tibalah sebuah kesimpulan tentang nasip judul Skripsi gue, dan hasilnya : Iya sudah, Judul skripsi kamu kami luluskan dan boleh  melanjut ke tahap selanjutnya, dengan persyaratan dan perbaikan (revisi)  yang  telah kita bicarakan nanti ''
Kata dan Keputusan dari Dosen Penguji Gue". 

Akhirnya setelah perjalanan panjang, seminar proposal gue  berjalan lancar dan judul  skripsi gue diterima dan bisa melangkah ke tahap selanjutnya,  satu langkah menuju wisuda selesai, tinggal tahapan selanjutnya, tetap semangat.


Berita Acara Seminar Proposal


***


Dan diakhir tulisan gue ini, berhubung sekarang lagi musim UN, buat kalian yang lagi sedang mengikuti UN (Ujian Nasional) tetap semangat dan jangan lupa belajar, belajarnya jangan terlalu ngotot, belajar aja dengan suka hati, dan jangan ngeluh karna ini cuma Ujian Nasional, yang cuma sekali setahun, dan jauh lebih mudah dari yang namanya skripsi. Coba bayangin misalnya UN diganti dengan skripsi wah pasti nanti ada istilah "Siswa Telat Lulus".
***
Jangan lupa berdoa sebelum memulai menjawab pertanyaan, dan minta restu orang tua kalian agar UNnya berjalan dengan lancar, gue doain buat kalian yang sedang mengikuti UN mudahan lulus dan dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya sesuai dengan keinginan kalian, aamiin.

Akhir kata di tulisan Kali ini, gue tutup dengan wassalamualaikum wr.wb. Biar tambah varokah


24 comments:

  1. "varokah" yang kaya gimana, sep? hahaha
    Semangat kita skripsi!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. biar berkah, biar dilancarkan semua urusan nya, aamiin.
      makasih ya di :-)

      Delete
  2. Semangat semangat, biar gak abadi kau di kampus haha

    ReplyDelete
  3. hampir finish ni klo ibarat lari marathon....smangaadhh

    ReplyDelete
  4. penuh perjuangan juga yaa, ane bantuin aja dari jauh gan, bantu doa aja, moga cepat kelar kuliahnya :D

    ReplyDelete
  5. Kesuksesan dimulai dari perjuangan yang panjang bro! Semangat terus dan sukses skripsinya ! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tu, semuanya butuh proses dan perjuangan, makasih ya bro :-)

      Delete
  6. ah ternyata gitu toh kalau seminar proposal. gua jadi ngeri sendiri nih. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, pertamanya gue juga berpikiran kayak gitu, tapi setelah dijalani rupanya nga seperti dibanyangkan, ya semuanya butuh persiapan, hehe :-)

      Delete
  7. Good luck. Moga lulus di waktu yang tepat yah. Hehehe.

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah udah sidang proposal :) Ngomong-ngomong, ijab qabul kapan? #eh

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo itu mah ntar aja mba, tunggu mapan, hehehe :-)

      Delete
  9. Kok serem banget kayanya sidang gitu ya, harus ini itu, ditanya tanyain dan blablablabla. Kuliah bisa kali gausah pake skripsi *eh._.
    Aku dapet tugas presentasi dikelas aja gugupnya bukan main -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sereman mana sama mantan,? hehehe

      Kuliah itu satu paket sama skripsi, jadi yahh harus dijalani -__-

      Delete
  10. syukur deh kalau seminarskripsinya berjalan lancar,bentar lagi dapat gelar sarana dong,hehe salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia, alhamdulillah, amiin,
      salam kenal balik dari gue :-)

      Delete
  11. Ya ampuuuun.. Aku carik-carik blog kamu tapi ngga dapet loh! Akhirnya nemu pas maen ke blognya Wahyu Hyuseaaa.. -_-

    Selamat buat seminar proposalnyaaah.. Semoga jalan menuju sidang skripsi semakin lancar.. Aamiiiin :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh jadi terharu ne di cariin, :-)

      ya gue ganti alamat web, dan sekarang gue lagi sibuk penelitian, jadinya jarang blogwalking juga

      aaminn, makasih :-)

      Delete
  12. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...