Thursday, September 14, 2017

Wisata Sejarah Yang Terlupakan di Kota Tanjungpinang [Wisata Istana Kota Lama]


WISATA. Kalau bicara tempat wisata, pasti definisinya ramai dikunjungi oleh banyak orang. Wisata adalah tempat untuk seseorang menikmati hari liburnya. Banyak tempat wisata yang biasa dikunjungi oleh banyak orang, seperti : Wisata Alam, Gunung, Pantai. Wisata Kuliner, Wisata Sejarah seperti : berkunjung ke Museum dan tempat wisata lainnya. Banyak pilihan bagi kita untuk berwisata.


Nah kalian lebih sering berwisata kemana,?

Masih berbicara tempat wisata. Yang definisinya ramai dikunjungi, apalagi tempat wisata baru yang lagi hits-hitsnya, tempat yang photogenic, pasti orang-orang pada kepingin dan langsung mengunjungi sambil berwisata ketempat tersebut. Tapi bagaimana jadinya kalau tempat wisata tersebut tidak banyak di kunjungi oleh orang, bahkan masyarakat lokal tersebut tidak mengetahui bahwa di daerahnya ada tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Dan itu semua terjadi di daerah gue. Didaerah gue ada sebuah tempat wisata sejarah, yang menurut gue sendiri tempat ini layak menjadi Icon Destinasi Wisata didaerah gue. Nama tempat wisatanya yaitu "WISATA ISTANA KOTA LAMA". Salah satu wisata Sejarah dan Cagar Budaya yang ada di kota Tanjungpinang.

Ada yang tau tempat ini,?. Kebanyakan masyarakat khususnya yang tinggal di kota tanjungpinang, tidak banyak mengetahui bahwa didaerahnya ada terdapat tempat Wisata Sejarah yang layak untuk mereka kunjungi.

" Menurut Kalian Seberapa Pentingkah kita berkunjung ke Tempat Wisata Sejarah dan Cagar Budaya.?"

Tempat Wisata seperti : Pantai, Gunung, Taman, Kebun Binatang, ini pasti jelas ramai yang berkunjung. Tapi bagaimana dengan tempat Wisata Sejarah.?. Disini maaf, gue bukan mau ngejude kalau tempat wisata sejarah kalah populer dari tempat wisata lainnya, tapi ini kenyataan yang gue lihat sendiri. *jika ditulisan ini ada yang salah, mohon pencerahannya.

Ditempat gue, ada sebuah tempat wisata lain yang rame di kunjungi oleh banyak orang, bahkan menjadi Iconic Pariwisata Kota Tanjungpinang yaitu Wisata Sejarah "Pulau Mas Kawin, Pulau Penyengat" tempat sejarah perjuangan kemerdekaan dan tempat sejarah kerajaan melayu yang ada di kota tanjungpinang. Kalian sudah pernah berkunjung kesana,?.  Tempat wisata Pulau penyengat yang ramai dikunjungi oleh banyak orang, bahkan seluruh masyarakat tanjungpinang sudah tau  dan sering berkunjung ketempat tersebut. Sangat berbanding terbalik dengan Wisata Istana Kota Lama, bahkan kalau lihat dari sejarahnya, kedua tempat ini saling berhubungan.

Nah tujuan gue membuat tulisan ini, gue ingin memperkenalkan kepada kalian semua pembaca blog ini. Suatu tempat wisata yang penuh sejarah tentang kerajaan melayu, kerajaan Kepulauan Riau lainnya yang ada di Kota Tanjungpinang, selain wisata pulau penyengat. Yaitu WISATA ISTANA KOTA LAMA. 

Bagi kalian para pecinta wisata sejarah, kali ini gue akan memberikan recoment wisata sejarah yang ada di kota tanjungpinang. Jika kalian berkesempatan datang ke Tanjungpinang, ini pass untuk kalian. Sambil mengenal sejarah kerajaan melayu yang ada di tanjungpinang.

Dihari minggu kemaren, gue berkesempatan untuk mampir dan berkunjung ketempat wisata Istana Kota Lama ini. Sedikit ngiris, tidak seperti tempat wisata lainnya, tempat wisata ini sepi pengunjungnya dan bahkan tidak ada orang yang berkunjung. Ada sihh beberapa orang yang hanya mampir sebentar, kemudian pergi. Emang sih, yang gue lihat iya, tempatnya tidak terawat dan tidak ter-urus. Apa mungkin karena tidak ada yang berkunjung kali iya. Sayang sekali menurut gue tempat ini sangat bagus untuk dikunjungi.


Tempat Wisata Istana Kota Lama atau Kota Rebah ini berada di Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau. lebih ditailnya terletak di  dekat Jembatan Engku Putri atau masyarakat setempat sering menyebutnya Jembatan Sei Carang, Jalan menju senggarang, kemudian masuk ke Jalan Daeng Celak - Jalan Kota Raja . Letaknya persis di pinggir sungai carang.

Berikut kondisi saat ini, tempat wisata Istana Kota Lama, yang gue kunjungi kemarin.

* ketika kita mau memasuki tempat wisata sejarah ini, kita bakal melewati suatu gerbang yang bentuknya sangat unik, khas kerajaan melayu. Biaya untuk masuk wisata ini gratis.

Gerbang Masuk

*setelah kita melewati gerbang, ditempat ini kita bakal disuguhi pemandangan yang cukup asri. Ditempat ini juga terdapat fasilitas Area Parkir. Area parkirnya cukup luas menurut gue, tapi sayang karena sepi pengunjung hanya ada beberapa aja kendaraan yang parkir ditempat ini.

Area Parkir

* bukan hanya tempat parkirnya aja, lokasi wisata sejarah kota Lama ini memang sangat luas, bagus dan suasana disekitarnya rindang, yang di tumbuhi pohon-pohon kelapa sawit dan pohon-pohon lainnya. Ditempat ini juga terdapat gazebo dan Cottage yang khas rumah adat melayu.




SAPTA PESONA : AMAN, TERTIP, BERSIH, SEJUK, INDAH,
RAMAH DAN KENANGAN

I LOVE KEPULAUAN RIAU

* Tapi sayang ada beberapa gazebo yang sudah hampir mau roboh, mungkin dikarenakan gazebonya yang sudah tua atau mungkin tempatnya emang tidak ter-urus. 


COTTAGE

GAZEBO YANG UDAH MAU ROBOH

KOLAM IKAN, YANG SUDAH TIDAK ADA IKANNYA
DAN MENJADI KOLAM LUMUT

Padahal tempatnya pass dan bagus untuk pengunjung berehat sambil menikmati pemandangan sekitar yang cukup indah dan asri. Gazebo ini bisa dapat memberikan kenyamanan bagi para pengunjung menikmati pemandangan sekitar. Mudahan Dinas Pariwisata setempat segera memperbaikinya.


SISA RERUNTUHAN BANGUNAN SEJARAH

*Tempat ini, juga terdapat reruntuhan bangunan dan kuburan bersejarah. Yang menjadi petanda adanya sejarah dan cagar budaya kerajaan melayu di tempat wisata ini, Istana Kota Lama. Tapi sayang lagi, karena tempat ini belum maksimal perawatannya, sehingga membuat bangunan reruntuhan bekas sejarah dan kuburan yang ada di sekitar banyak di tumbuhi lalang atau rumput yang sangat tinggi.

*Dan kalau kita berkunjung ke wisata bersejarah, yang akan kita dapati pastinya adalah sebuah ilmu pengetahuan dari sejarah tempat tersebut. 

Berikut sejarah "ISTANA KOTA LAMA"




Penjelasan Sejarah tentang Istana Kota Rebah/ Kota Lama / Kota Raja
Istana Kota Rebah juga disebut sebagai Istana Kota Lama atau Kota Raja, karena kesultanan melayu pertama berawal di Istana Kota Rebah atau pada waktu itu disebut sebagai Istana Riau. Istana ini dibangun pada tahun 1673 – 1805 yang menjadi hulu sungai Riau atau yang sekarang disebut sebagai Sungai Carang. Atas perintah Sultan Abdul Jalilsyah yang berkuasa di Johor untuk mencari wilayah tempat tinggal baru. Karena di daerahnya telah mengalami kekeringan dan sebagai pusat kerajaan melayu. Sampai lah sultan ke Bintan dan menemukan tempat yang cocok untuk dijadikan tempat tinggal. Ia kemudian membuat istana untuk kerajaannya yang disebut sebagai hulu Riau atau sekarang disebut sebagai sungai carang pada tahun 1673.



Sungai Carang mulai ramai dengan aktivitas perdagangannya sejak di pegang oleh Raja Fisabilillah yang kemudian membentuk kerajaan baru yang dinamakan Istana Kota Piring di Pulau Biram Dewa. Karena gugurnya Raja Fisablillah saat melawan Belanda, kerajaan Riau pindah ke Daek, Lingga karena ditakutkan bahwa Belanda akan menyerang kerajaan melayu sewaktu-waktu.



Mulai sejak itu, kerajaan Kota Rebah dan istana Kota Piring di tinggalkan oleh seluruh pengurus kerajaan dan rakyatnya karena Belanda bisa saja dapat menghancurkan kerajaan mereka. Namun peninggalan yang ada saat ini di Senggarang tersebut, bisa menjadi bukti sejarah bahwa kerajaan melayu berasal dari Tanjungpinang.

*Tempat ini juga, ada terdapat sebuah dermaga kecil. Dikarenakan tempat ini berada dipinggir sungai carang, jadi mungkin tujuan dibuat dermaga ini, untuk lebih memudahkan para wisatawan lokal, maupun wisatawan asing untuk berkunjung. Dan dikarenakan tempat dermaga ini belum efektif dan belum tepat sasaran kegunaannya, jadi tempat ini sering dijadikan tempat pemancingan bagi masyarakat setempat. 
DERMAGA SEI CARANG

Lorong Dermaga
Gerbang Dermaga



Menurut gue tempat dermaga ini sangat bagus. Selain tujuan yang tadi, tempat ini bisa juga menjadi tempat Photogenic, karena kita bisa langsung disajikan pemandangan yang indah dan kita bisa melihat Salah satu Icon Kota Tanjungpinang saat ini, yaitu "JEMBATAN ENGKU PUTRI RAJA HAMIDAH"


Jembatan Engku Putri Raja Habmidah. Dok.Pribadi

* Jembatan Engku Putri Raja Hamidah, merupakan salah satu Jembatan yang ada di kota tanjungpinang. Di tempat ini, di daerah jembatan ini juga menjadi tempat even atau pegelaran festival yang ada di kota tanjungpinang seperti : lomba Perahu Naga, Lomba Kayak, festival kapal hias dan even-even lainnya.


A post shared by 👤Septian Dwi Cahyo (siUnthel) (@septiandwicahyo04) on

Owh iya ditempat ini juga terdapat taman hutan mangrove, tapi sungguh disayangin karena lagi dan lagi tidak terawat jadinya tempatnya rusak, sehingga ditinggali pengunjung, Padahal pas baru dibuat ramai yang berkunjung ketempat taman mangrove tersebut. Yang lokasinya bersebelahan dengan Wisata Istana Kota Lama" ini.

HUTAN MANGROVE

Mudahan, kedepannya Dermaga ini, bisa digunakan sebagaimana mestinya. Dan mudahan pemerintah pariwisata setempat dengan serius membangun dan merawat tempat bersejarah ini, agar tempat ini menjadi salah satu Iconic pariwisata kota tanjungpinang.

Dan masih ngomongin tempat wisata sejarah, ada peninggalan tempat wisata sejarah lain yaitu Makam Tokoh-tokoh kerajaan melayu, yang lokasinya tidak jauh dari wisata sejarah istana kota lama.
MAKAM DAENG CELAK


MAKAM PANGLIMA HITAM, LANCANG KUNING

Sekilas Info, tempat ini bahkan ada petisinya, yang di buat oleh ormas terkait. Petisinya berisi tentang Selamatkan Cakar Budaya Istana Kota lama, ini petisinya :walikota-tanjungpinang-selamatkan-cagar-budaya-istana-kota-lama-sei-carang-di-kota-tanjungpinang

Ok. Sekian dari tulisan gue tentang tempat bersejarah yang terlupakan di kota tanjungpinang, gue berharap tempat ini menjadi salah satu icon pariwisata yang ada di kota tanjungpinang.

Menurut kalian gimana, pantaskah tempat ini menjadi salah satu icon wisata sejarah yang ada di indonesia terkusus di kota tanjungpinang. KEPULAUAN RIAU



Sumber Lain :
http://jariadventure.co.id/travel-news/situs-istana-kota-rebah-saksi-bisu-kemegahan-kesultanan-melayu-di-tanjung-pinang/

42 comments:

  1. emang bener nih mas, pamor wisata sejarah sekarang udah kalah sama wisata lainnya. Padahal kalau mau dipikir wisata sejarah tuh juga keren bukan hanya soal bangunannya saja tapi bagaimana sejarah itu mengalir dari generasi ke generasi. Dari yang lihat kayaknya fasilitas di wisata sejarah kota lama udah jarang keurus yah, sayang banget.

    ReplyDelete
  2. daritadi saya scroll-scroll gitu ga ada istananya ya bang? atau istana ini semua kawasan ini?

    Ada rencana nanti kalau liburan ke kepulauan Riau, bisa jadi referensi nih. makasih bang!

    ReplyDelete
  3. Kalo saya sih engga heran tempat wisata seperti museum jarang dikunjungi masyarakat, mungkin memang perlu solusi dan inovasi mengenalkan museum kepada masyarakat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih mas Asep, emang perlu solusi dan inovasi mengenai museum dan cagar budaya

      Delete
  4. Ini seharusnya diperbaiki dan di lestarikan kembali. Miris lihat gazebo yang mau roboh gitu, Mas..

    Tapi tetap aku penasaran pengen lihat langsung. Semoga aja kalau kesitu bisa mampir..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ndi, mudahan gazobonya di perbaiki dan dirawat tempat wisata ini.

      Wah mudahan bisa kesini iya ndi,

      Delete
  5. Saya orang Pekanbaru. Baru sekarang saya mengetahui tempat wisata Istana Kota Lama ini. Tempat dan pemandangannya bagus dan cukup hijau menurut saya, tempat yang cocok untuk refreshing.

    Terima kasih atas sharing-nya mas :)

    ReplyDelete
  6. saya baru tau ada Istana kota lama..saya cuma tau ada makam di dekat sei carang ini.. next time saya akan kunjungi juga lah

    ReplyDelete
  7. Hoaaa,,, Iput di Jakarta. pen deh ke Riau hihi.

    Halo, kak. salken^^

    blogmu bagus^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semoga iput bisa kesini iya.

      Salam kenal kembali,

      Makasih iya iput :-)

      Delete
  8. Keren.. tempat wisata seperti ini yang seharusnya dilestarikan Karena wisata sejarah menambah wawasan.

    ReplyDelete
  9. Di Indonesia, sepertinya wisata sejarah sedikit terabaikan. Padahal, dimana2 tempatnya, wisata sejarah selalu akan ilmu pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah, padahal banyak ilmu yang di dapat,

      Delete
  10. aduh sayang banget
    itu sejarahnya kuat banget apalagi di daerah riau terkenal sama kerjaan2nya
    cottagenya asyik loh padahal
    ada hutan mangrovenya
    memang wisata sejarah, apalagi yg ga populer makin ditinggalkan

    ReplyDelete
  11. Tempatnya bagus walau sedikit tidak terurus dan menurut saya pantas dijadikan icon tempat wisata sejarah di kota Tanjungpinang.

    ReplyDelete
  12. Sayang yahh agak nggk keurus.. kaya gazebonya itu.. hehehh horror.. tak sangka itu efek kamera lohh..

    Aku salfok sama buku yang di bca.. judulnya apa yah ???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu beneran loh mas bayu, emang mau roboh,

      Haha itu bukunga kang soleh solihun mas judulnya Majelis Tidak Halim.

      Delete
  13. Iya mas. Sebenarnya tempatnya bagus buat refreshing.. Cuma kesannya mmng kurang terurus ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yang saya lihat emang tidak terurus mbak,

      Delete
  14. tapi di tempatku ada loh tempat wisata yang gak banyak pengunjungnya setelah ada kejadian serem..

    mending wisata kuliner laaah, bukan cuma manjain mata tapi manjain perut juga kan? hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya sih mbak kesannya emang sedikit horor.

      Betul juga iya, tapi kalau kebanyakan wisata kuliner takutnya berat badan makin bertambah mbak hehe.

      Delete
    2. lah justru aku bersyukur, soalnya lagi program nambah berat badan wkwk

      Delete
  15. duh sayang banget kurang digencarkan ya promosi wisatanya. padahal bagus banget itu buat lokasi liburan keluarga. pingin kesana :')

    btw salam kenal ya, dwi :)

    ReplyDelete
  16. asri juga suasana di sana ya, semoga saja wisata ini mulai dikenal karena biasanya jarang orang tahu.

    ReplyDelete
  17. Sudah ga kaget lagi sih hehe. Skrg study tour anak sekolah juga jarang yg mengunjungi tempat2 wisata sejarah.

    ReplyDelete
  18. Wisata tempat bersejarah kalah promosi dan kalah inovasi itu sebabnya kurang diminati, padahal tempat-tempat bersejarah penting utk diketahui dan dilestarikan
    smg pihak terkait dapat menemukan solusinya

    ReplyDelete
  19. Saya suka agak jarang wisata sejarah. Biasanya cari kuliner. Tapi suka juga baca cerita yang abis wisata sejarah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh iya, saya juga kalau ke wisata sejarah suka baca cerita di wisata sejarahnya.

      Delete
  20. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  21. Mungkin orientasi wisatawan jaman sekarang itu adalah tempat wisata yang fotogenic, sedangkan tempat wisata sejarah itu kan kebanyakan kurang 'instagramable' jadinya sepi pengunjung. Tempat wisata sejarah akan tetap sepi selama murid-murid disekolah selalu tertidur kala pelajaran sejarah disampaikan oleh gurunya.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :-) JANGAN LUPA TINGALKAN JEJAK YA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...