Monday, December 25, 2017

[Review] Film Susah Sinyal, Film yang Sederhana Tapi Berkesan

video.com

Hello Semua, kembali lagi di Blog siUnthel. Yohoo, ditulisan kali ini gue ingin membahas sebuah Film Indonesia yang baru muncul di layar lebar Bioskop Indonesia yaitu film "SUSAH SINYAL" Karya Ernes Prakarsa.

Sebuah Film yang di sutradarai dan dimainin sendiri oleh Ernest Prakarsa dan tulisan skenario cerita di buat berdua bersama istrinya Meira Anastasia, alasan gue memilih untuk nonton film ini, yahh karena dari judul filmnya yang buat penasaran tentang kisah di dunia melinia (Zaman Now) ini, yang semua orang tergantung dengan yang namanya HP dan Prangkat elektronik lainya, bagaimana jadinya jika HP canggih yang mereka miliki tidak memiliki sinyal.


Awalnya gue berpikiran Susah Sinyal ini  mencerita tentang seseorang yang ketergantungan dengan smartphone dan tidak bisa hidup dengan gadget, terdampar di suatu pulau yang tidak ada sinyalnya, kemudian mereka saling membunuh karena saking stresnya tidak memiliki sinyal. Lah kok jadi horor.

Tapi ternyata setelah gue tonton itu film susah sinyal, rupanya sebuah cerita keluarga, Ibu dan Anak yang menyentuh dan adegannya penuh dengan pesan moral yang membuat menonton terhenyuh dan menghibur, mungkin salah satu penonton yang terhenyuh adalah gue 😩


Sumber Gambar : hot.detik.com

Film susah sinyal merupakan gambaran kisah seorang pengacara sukses dan Single Parent yang bernama Ellen Tirtoadmojo yang di perankan Adinia Wirasti dan anaknya yang masih duduk di SMA bernama Kiara Tirtoadmojo yang di perankan oleh  Aurora Ribero seorang remaja yang hobi nyanyi dan pengguna aktif sosial media. Ellen mempunyai sahabat partner kerja satu-satunya, yang bernama Iwan Wijaya yang di perankan oleh Ernest Prakarsa. Disini gue pikir ernest lah pemeran utamanya tapi dia lebih memilih menjadi pemeran pembantu Pemeran Utama. Salutlah.

Diawal cerita di buka oleh dua komedian berdiri atau lebih di kenal dengan Stand Up Comedy, yaitu Dodit Mulyanto dan Aci Lesti, dengan Joks yang membuat radio berubah jadi TV, pembukaan yang luar biasa, Penonton yang ada di Studio Teater bioskop pada tertawa semua. Dodit dan Aci merupakan karyawan rumah tangga dari Ellen.

Film ini menceritakan kisah dunia profesi Pengacara dan Keluarga.

Dicerita Susah Sinyal ini, Ellen yang seorang pengacara muda yang baru membuat perusahaan sendiri dengan sahabatnya iwan, mendapatkan Klien Pertama yang kasusnya tentang perceraian antara sepasang suami-istri yang memperebutkan hak asuh anak. Disini dia membela Kliennya yang bernama Casandra  seorang artis terkenal yang di perankan oleh Gisel dan Suaminya Gading beperan sebagai Marko.
*disini mereka berperan sama dengan kehidupan sebenarnya yaitu sepasang suami istri, tapi di film ini tentang perceraian mereka yang memperebutkan anak. Dan sang suami marko di dukung pengacara Muda, temen dekat dan juga saingan dari Ellen.

Sangking sibuknya Ellen dalam dunia kariernya sebagai seorang Pengacara, dan menangani kasus pertama di perusahan barunya, sampai dia harus rela memprioritaskan kariernya ketimbang anaknya. Memang agak sulit menjadi single perent, harus memilih antara pekerjaan untuk biaya hidup keluarga dengan berkumpul bersama anaknya. Oleh karena itu di film ini anaknya Ellen yaitu Kiara lebih dekat dengan Neneknya (Ibunda Ellen) yang mengasuhnya dari kecil. * di film ini fiillny dapat banget.

Karena ketidak harmonisan antara ibu dan anak, muncullah konflik dalam cerita ini. Dan ketika nenek Kiara dan ibunda dari Ellen meninggal secara tiba-tiba, membuat sianak kiara merasakan tidak punya siapa-siapa lagi, karena dia menganggap orang yang menyayanginya tidak ada lagi, dan ibunya tidak pernah memperhatikannya, yang lebih memilih karier dari pada dirinya.

Dan Untuk membuat anaknya kembali ceria seperti dulu, Ellen mengajak anaknya untuk liburan keluar kota agar juga dia lebih banyak waktu dengan anaknya lagi, ini pun atas saran guru BKnya Kirana.

Sianaknya Kirana memilih untuk liburan ke Sumba - Nusa Tenggara Timur dan mereka berdua pun pergi liburan. Ellen seorang ibu dan pengacara ini, merelakan kesibukannya dan kasus pertama yang ditanganinya. Dia menyerahkan kasus ini ke sahabat satu-satunya iwan.

Berangkatlah kedua Ibu dan anak ini ke sumba - Nusa Tenggata Timur, untuk liburan, dan mempererat hubungan antara ibu dan anak yang tidak harmonis.


Sumber Gambar : google

Nahh disini yang membuat komediannya dapat, yaitu duet antara Abdur dan Ari Kriting, mereka berperan sebagai Karyawan dari Resort yang di tempati Ellen dan anaknya dalam liburan, resort ini merupakan milik dari Asri Welas tante dari Vareli Thomas karyawan magang di Perusahaan Ellen.

Duet Ari kriting dan abdur cukup bagus sebagai shiin komedi di film ini, dan ada juga satu karyawan dari Asri Welas yaitu refal hadi atau dalam perannya Abe. Dia adalah warga asli sumba yang dalam cerita ini bisa langsung dekat dengan anaknya Ellen yaitu Kiara.


Sumber Gambar : google

Di tempat resort yang berkonsep back to natural tidak menyediakan Wifi karena wifinya lagi rusak, masih di perbaiki Dan listrik ditempat ini, hanya menyala pada jam tertentu yaitu jam 06 Sore sampai jam 06 Pagi. Ditambah lagi di lokasi tersebut memang susah sinyal bahkan tidak ada sinyal sama sekali.

Bagi Seorang Pengacara yang sibuk yang harus mengontrol kasusnya dari jauh dan harus menggunakan internet dan sebagai remaja penguna aktif Sosial Media yang tidak bisa lepas dari gadgetnya pasti membuat mereka stres dan bingung apa yang akan dilakukan tanpa ada jaringa sinyal.

Tapi dengan tidak ada sinyal, keuntungan membuat mereka jadi lebih akrap tanpa gadget.


Sumber Gambar : google

Ok kesimpulan setelah gue tonton film ini, Bagus, Biasa dan Sederhana, tapi alur film Susah Sinyal ini, pass kenak fillnyanya. Film yang mengangkat tentang kekeluargaan Ibu dan anak yang tidak harmonis karena ibunya lebih sibuk dengan dunia kerjannya.


Sumber Gambar : google

Disini kenapa gue kenak kali sama fiill Film-nya, yahh karena gue pernah ngalami yang di alami oleh kiara, tapi tidak seperti cerita Susah Sinyal. Hubungan gue sama ibu gue normal,  saat itu gue masih kecil. Karena Ibu gue juga seorang Single Perent, yang juga dan harus memilih pekerjaan keluar kota demi menafkahi anaknya dan meninggalkan sebentar anaknya dengan  ibunya yaitu nenek gue. Tapi beberapa tahun kemudian Ibu gue lebih memilih resign dari kerjanya dan memilih bekerja dekat rumah dan berkumpul kembali sama anaknya.

Komedi-nya dapat yaitu di shine Dodit dan Aci, shine Abdur dan Ari kriting yang jadi karyawan Resort yang sering bertengkar dan di shine wawancara  yang reporter-nya di perankan sebagian besar oleh komika. Ide bagus tuh, biar tak tegang Artis diwawancara ada pertanyaan aneh luar dari tema wawancara antara Teori Bumi datar dan Persaingan antara MU dan Liverpool.

Kalau bisa di bilang ceritanya tidak ada efek dramatis atau efek kejutan sebagainya. Filmnya sederhana. Disini Ernest berani tidak mengambil kisah percintaan dramatisir dan romansa yang biasanya Point Besar sebuah Film. Hanya mengangkat kisah Ibu, Anak dan Profesi Pengacara. Film Susah Sinyal cukup menghibur dan Pass Film Keluarga dan Film untuk Ibu. Penilaian menurut gue, versi blog siUnthel, versi ala-alaan yalau satu sampai sepuluh : 8/10 😀

Ok itulah review-reviewan ala gue. Terimakasih telah bersedia membaca tulisan gue ini. Bay See You Next Artikel :-)

22 comments:

  1. Nice share, Mas.
    Tapi aku tetap penasaran pengen nonton secara langsung. Tebakanku sepertinya seru bisa bikin ketawa nih film..he

    Wah mas Septian udah nonton duluan nih, ah aku pengen nonton cepet jadinya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ikut mas, nonton bareng yuk mas Andi.. :)

      Delete
  2. Wah reviewnya spoiler abis tanpa warning sebelumnya dek.. Hahaha.. Tp setuju sama Andi, tetap pengen nonton sendiri biar bisa ngerasain feel nya Sumba.

    ReplyDelete
  3. wah postingannya ngandung spoiler nggak nih? haha.

    ernes prakarsa jadi sutradara sekaligus yg meranin ceritanya. ini bakalan waaw. kalo di film mandarin juga ada kayak gini, salah satunya stephen chow di film apa itu lupa judulnya.

    ReplyDelete
  4. Wow Review Filmnya Komplit banget Mas, saya menjadi Paham Jalan cerita Film Susah Sinyal Sebelum saya Nonton, sepertinya filmnya recomended untuk di nonton di Bioskop Mas...

    ReplyDelete
  5. belom nonton pilemnya...

    lagi pada rame nonton si Juki nih :)

    ReplyDelete
  6. Gue penasaran sama scene di Sumba nya,,, beberapa kali ke sana, bikin kangen..

    -Traveler Paruh Waktu

    ReplyDelete
  7. Awesome review. Nggak ada part yang disembunyiin jadi seneng banget karna jadi tau alurnya sampai ending hihihi

    Ini nggak ala-ala kook, udah pro banget kok bang. Aku aja nggak sadar baca semua sampe habis, padahal biasanya kalau baca review aku cuma baca memindai cepet-cepet gitu dan sering ada paragraf yang di skip wkwkwk

    Kayaknya bagus yaa filmnya
    Aku belum pernah nonton

    Ini masih ada kah di bioskop bang?

    ReplyDelete
  8. Reviewnya keren bang, bikin kepo dan bikin penasaran. Tapi ngomong-ngomong cerita ibu dan anak ini buat memperingati hari ibu kayanya ya?

    Jadi inget juga kisah seorang blogger yang ditinggal ibunya kerja ._.

    But, semangat bang!

    ReplyDelete
  9. Kenapa film yang latar tempat Sumba selalu bagus. Kemarin Marlina juga bagus banget. Dan ternyata film ini bisa sebermakna itu buat kamu karena relate ya. Semoga ibu sehat-sehat terus ya, Dwi :D

    ReplyDelete
  10. Filmnya Ernest. Beberapa kali saya membaca riview film ini di blog sahabat. Semoga bisa menontonnya segera

    ReplyDelete
  11. wuih sudah liat sih jadwalnya beberapa hari ini jadi makin penasaran pengen nonton

    ReplyDelete
  12. Wihiiii dikasih spoilernya banget nih 😆😆

    Berarti dugaanku tentang kisah di film tsb, gak jauh beda yaa... hampir serupa dgn reviewnya

    Juga, film bikinannya ernest emang nggak diragukan lagi sih. Emang keren

    ReplyDelete
  13. Kemaren ke bioskop dong, dan liat poster film ini
    Tapi akhirnya nggak jadi nonton ini dan malah nonton Potch Perfect 3 hihhih

    ReplyDelete
  14. Pas awal tahu film ini malah aku pikir tentang seorang single yang nyari jodoh belum dapet2, makanya judulnya susah sinyal, ternyata lebih ke cerita family yah. Dan wow banget si adinia jadi ibu

    ReplyDelete
  15. Film parenting yang keren banget berarti ya. Kirain Ernest bikin film macam komedi, ternyata ini film serius yang touching banget. Nice...

    ReplyDelete
  16. wah.. saya belum nonton nih.. bagus kah.. antusias di bioskop lumyan tinggi untuk fim ini..
    dibioskop dulu bebarengan dengan filmnya wonderwoman, jadi saya milih wonderwomanx dulu...:D

    ReplyDelete
  17. menarik sekali bang Filmnya tetapi saya harus bersabar sampai film ini tayang di TV swasta soalnya di kota kecil saya tak ada bioskop

    ReplyDelete
  18. saya udah lama ga nonton film indo, tertarik juga nih kalo ceritanya baguss... hihihi

    thank you mas spoilernyah!

    ReplyDelete
  19. nampaknya layak di tonton

    skrg film indonesia mulai banyak komedinya....

    ReplyDelete
  20. Wah mengandung spoiler iya, haha, maag iya semuanya, mungkin karena terlalu bersemangat dalam menjelaskan alur ceritanya, hehe 😅🙏🙏🙏🙏

    ReplyDelete
  21. Aku jarang nonton film Indonesia,jadi belum banyak tau perkembangan pembuatan perfilmannya.
    Yang patut dibanggakan sekarang produksi film Indonesia disukai penonton lokal.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :-) JANGAN LUPA TINGALKAN JEJAK YA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...