Monday, December 31, 2018

Sudah Empat Tahun, Apakah akan Terus Ngeblog ?


Assalamualaikum, hallo semuanya.

Ini adalah tulisan akhir tahun, tidak terasa iya kita sudah banyak melewati cerita - cerita di tahun 2018. Ditahun ini, di akhir bulan, lebih tepatnya di bulan november kemaren, empat tahun yang lalu, telah lahir sebuah blog yang biasa aja, yang dibuat oleh seorang anak muda yang antah berantah, kerena rasa penasaran dan ingin taunya lebih banyak pluss mencoba mencari tau tentang yang namanya blog. Nahh dari situ muncullah sebuah blog yang bernama Blog Siunthel ini.

Huhuy tidak terasa nih sudah empat tahun saja gue ini bermain, belajar, menulis dan mengelola yang namanya Blog. Empat tahun mungkin bagi blogger kayak gue ini bisa dibilang masih memulai, yahh  masih ada tahap selanjutnya yaitu konsisten. Gue bersukur dengan rasa penasaran dan memulai mencoba, akhirnya kesampaian  juga memiliki dan mengelola sebuah blog dengan gaya dan khas gue sendiri.



Nahh sekarang ditulisan ini, gue ingin sedikit bercerita tentang awal pertama kali gue mulai ngebog sampai dengan sekarang ini. Dan alhamdulillah walaupun artikel setiap empat tahun belakangan ini tidak banyak, tapi gue masih bisa mengendalikan yang namanya konsisten. huhu masak😂😳, iya tidak konsisten kali lah, tapi masih ada artikel di tahun 2018.

Pertama, masih ingat dulu awal-awal gue buat ini blog dan mengenal ini blog yaitu di warnet (Warung Internet), dengan isengnya gue lihat beberapa blog yang gue temukan tidak sengaja di google pencarian, yang menurut gue wah tema dan tulisanya di blog ini bagus iya, jadi pengen nyobain buat blog juga, tapi bagaimana caranya? Dari situ gue sihh cuma berangan-angan aja, belum berani buat blog, ehh pas masa kuliah dulu, kalau tidak salah di semester lima kali iya, iyalah sepertinya. Saat itu di mata pelajaran Sistem Informasi Akuntansi, iya gue ambil jurusan kuliah Akuntansi saat itu, yang katanya jurusan sejuta umat. 

Lanjuttttt, di mata kuliah itu kebetulan ada tugas yang mengharuskan kami sebagai mahasiswa untuk membuat sebuah web atau blog. Nah dosen gue saat itu menyuruh kami, mahasiswanya untuk membuat web dan mengisi web tersebut dengan file pelajaran dari mata kuliah tersebut. Kalau tidak salah sih beliau memberikan kami sebuah web yang masih gratis namanya Website.com. Sebuah website blog yang bisa dikelola dan dimasukan artikel kedalamnya. 

Nah dari situlah untuk pertama kali gue buat web blog. Yang isinya tugas kuliah dan biodata gue. Standard memang, tapi dari situ lah awal mulanya. 

Setelah selesai dengan mata kuliah tersebut, gue sudah tidak ada lagi nih ngurusin web blog itu, tapi setahun kemudian gue memulai lagi.  Kalau tidak salah saat itu gue baru mulai masuk  ke dunia pekerjaan, pekerjaan pertama gue saat itu adalah sebagai penjaga warnet atau orang sering menyebutnya sebagai operator warnet, yang kemaren sudah gue ceritain suka duka jadi penjaga warnet (disini)

Gue saat itu kuliah sambil kerja, karena mata kuliah gue sudah tidak banyak lagi, dan kebutuhan kuliah yang mengharuskan banyak mengeluarkan dana, yah jadi lah gue bekerja part time di warnet pada sore hari sampai malam. 

Oke lanjut, nah di warnet inilah muncul sebuah blog yang sekarang gue gunakan untuk mengisi segala opini dan curhatan gue.

Di warnet sebagai penjaga warnet, karena tidak mengeluarkan biaya, jadi gue mulai untuk kembali ke dunia web blog. Nah saat itu kan web blog gue cuma yang di webs.com (septiandcahyo.webs.com) dan setelah gue cari lagi di internet rupanya web blog yang sering digunakan banyak orang yaitu Blogger dan Wordpress. Nah di sini gue milih menggunakan blogger sebagai platform baru blog gue.


Disitu gue baru mulai buat dengan asal-asalan kemampuan seadanya gue dengan mencari gimana caranya buat blog di google pencarian, dan rombak sana - rombak sini, jadi lah blog gue yang sekarang ini. Sampai dengan sekarang gue belajar ngeblog dengan cara otodidak. Yah berawal dari rasa penasaran gimana sihh cara untuk menjadi blogger.

Artikel pertama gue sama seperti di website pertama gue, yang telah gue jelasin diatas yaitu tentang biodata gue sendiri dan tugas kuliah gue yang kemaren gue pindahin ketempat baru ini. Dan lagi gue copas blog tentang jurusan gue di sini, pokonya saat itu  blognya biar adalah isinya. 
(sini) (sini)

Setelah itu gue memulai memberanikan diri, menulis dan bercerita tentang sejarah yang gue alami. Cerita tersebut kalau tidak salah postingan kedua gue tentang pengalaman gue KKN dulu (disini), disitu gue lebih banyakin foto dari pada tulisan, ehh sekarang sudah gue rapiin Ding.


Ini terjadi di bulan november 2014, bulan pertama gue ngeblog, gue mulai semangat-semangatnya, orang bilang On-fire. 

Saat itu seminggu bisa empat atau lima kali gue buat tulisan. Dan di bulan Januari 2015, muncul lagi sebuah apa namanya iya, saat itu kayaknya lagi eboh di blog, sebuah awarding dari sesama blogger yang untuk mendapatkannya kita harus menjawab pertanyaan kemudian membuat pertanyaan yang di tujukan ke lima teman sesama blogger. Namanya Liebster Award * Ini gue masih ingat di awal tahun 2015, di saat itu gue baru tiga bulan memulai ngeblog, gue dapat beginian rasanya senang banget saat itu. Menambah semangat gue untuk menulis blog, dan ini katanya sudah sering terjadi, ada teman-teman blogger yang biasa aja tanggapannya ada yang antusias sama kayak gue ini, haha. Terima kasih teman yang telah memberikan ini ke gue
🙏 (Artikel ini)

Diawal bulan tahun 2015 itu juga komunitas-komunitas blog lagi ramai-ramainya, karena gue juga orang baru, nah masuk lah itu ke komunitas-komunitas tersebut, mendaftarkan diri dengan ada rules di setiap masing-masing komunitas blogger. Komunitas yang gue ingat saat itu  yang lagi populernya, yang juga gue mencoba untuk bergabung dan mendaftarkan diri ke komunitas tersebut, kalau tidak salah iya nama komunitasnya ada Warung blogger, Kancut Keblenger, Jamban Blogger, Blogger  Energy dan masih banyak lagi, komunitas blogger daerah, seperti di tempat gue, Blogger Kepri dan lainnya. Di awal bulan 2015 saat itu komunitas masih naik sih iya di bandingkan sekarang, gue bergabunglah di salah satu komunitas tersebut, walaupun tak banyak yang gue lakuin disana, karena iya gue juga masih minder dengan blog gue sendiri, jadi iya cuma ngikutin informasi. Tapi iya dengan komunitas tersebut, tidak dipungkiri blog gue yang biasa aja, yang tidak ada orang berkomentar dan berkunjung, jadi ada yang kunjungi, dan gue juga dapat berkunjung, melihat dan belajar tata cara menulis, karakter dan tema tulisan dari para teman-teman blogger semua. Dan mendapatkan teman baru di dunia blog ini
😁

Bulan Maret 2015 pikiran gue gunyah, gue difokuskan membagi waktu antara blog dengan tugas akhir yang namanya SKRIPSI, di sini artikel gue berisi tentang curhatan gue menghadapi skripsi, ibaratkan pelampiasan lah iya ,
😂😁(Curcol 1) (Curcol 2(Curcol 3) (Happy Ending)

Ditahun 2016 konsisten menulis artikel di blog makin menurun, gue harus fokus ke kerjaan di dunia nyata. Ini yang rupanya banyak menguras tenaga dan pikiran gue dan ditambah lagi laptop yang gue sering gunakan untuk nulis blog rusak, sudah habis masanya, yang mengharuskan dia untuk pensiun. Terima kasih laptop lama, atas jasa mu yang telah membuat gue lulus kuliah dan bisa menulis artikel di blog ini, setelah tidak lagi mengunakan laptop, sempat kepikiran sih tidak akan menulis blog lagi, tapi iya karena banyak ide dan opini di kepala gue yang ingin gue salurkan, jadinya gue memilih kembali menulis blog di HP android gue dan itu terjadi sampai sekarang, agak sulit sih, banyak terdapat typo di tulisan gue, karena salah pencet. Dan isi dari blog gue pun masih random, masih belum tau menentukan blog gue ini jenisnya tentang apaan. Maaf iya teman-teman jika tulisan gue ini banyak kekurangannya
🙏

di tahun 2016, 2017 dan 2018 ini gue emang buat nulis blognya jarang jarang, bisa di bilang sebulan tiga kali kalau rajin, sebulan sekali, bahkan sebulan aja tidak buat tulisan di blog ini. Maka itu ada di tulisan gue  yang kemaren, gue meminta saran dari teman-teman blogger semua, gimana sih caranya untuk tetap terus fokus ngeblog dan konsisten dan alhamdulillahnya teman-teman semua memberikan saran ke gue tentang hal itu. (Disini)

Disini gue mau ngucapin terimakasih kepada teman-teman semua yang telah dengan rela meluangkan waktu untuk mengunjungi dan membaca blog gue yang masih banyak kekurangan dan terima kasih juga buat teman-teman yang telah memberikan saran kepada gue, saran dan kritik kalian adalah hal yang membangun untuk perkembangan blog gue ini. Sekali lagi terimakasih.

Bicara tentang perkembangan blog, banyak teman-teman blogger gue yang dari empat tahun dulu, yang gue kenal yang memulai ngeblog sama-sama, sekarang sudah memberanikan diri untuk membeli domain (rumah untuk blognya) dan gue sampai sekarang masih ngekost di rumah blogger.

Ada sih niatan untuk membeli domain, tapi karena gue belum berani dan juga kurang mahir tentang tema html dan hal lainnya jadinya masih mengurungkan untuk beli domain dan ada rasa ketakutan kalau gue beli nanti blog gue jadi gimana dan gimana nanti apakah kalau sudah beli gue tidak banyak ngeblog atau tidak ngeblog lagi, merasa ahh sudahlah dan gimana kalau lupa perpanjang domainnya. Itu sih masih terbesit dipikan gue. *Kurang sosialisasi tentang Domain kali iya. Hehe 🙏

Tapi sepanjang jalannya blog ini, pastinya gue akan mengunakan rumah sendiri di blog ini. *Insya Allah

Karena ini tulisan di pengunjung tahun dan gue ngepost tulisannya di hari terakhir di tahun 2018 ini, tidak ada hal khusus untuk menyambut tahun 2019 nanti, biarlah waktu berjalan sebagaimana mestinya. Untuk masalah tentang blog dan blog walking ke teman-teman, di tahun 2019 nanti gue akan terus berusaha mengelola blog ini. Walaupun gue ngeposting tulisan tidak terlalu sering, tapi gue akan terus berusaha yang namanya konsisten untuk blog ini dan juga berkunjung ke blog teman-teman semua, tukar pikiran, opini dan hal lainnya, kangen sih, akan gue usahain di tahun 2019 nanti
🙏

Oke sekian dulu tulisan yang isinya curhatan gue tentang blog gue, mudahan di tahun 2019 nanti makin ramein lagi dunia blog ini
👌 dan seperti penutup gue di tulisan sebelumnya, sekali lagi gue mau mengucapkan terimakasih telah berkunjung ke blog gue ini, dahh sampai ketemu di tahun depan.

SELAMAT TAHUN BARU

70 comments:

  1. Hepi nuyir mas. Tetap semangat ngeblog....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Selamat tahun baru juga,

      Iya mas, diusahakan. Makasih iya.

      Delete
  2. hayooo, segera beli domain sebelum menyesal hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Haha, iya siappp.
      Nanti bakalan pastinya mengunakan domain di sepanjang berjalannya blog ini, doain iya

      Delete
  3. terus tancap gasnya....eksis terus ngeblog terus.....bersama saya

    ReplyDelete
  4. Waktu itu memang lagi hebohnya Liebstar Award, tapi sekarang kok ilang lagi ya. Masing-masing sudah sibuk dengan internet marketing lewat blog, xixixi... Saya juga dulu dapat nih Award, rasanya senang banget, maklum, baru awal-awal blog

    ReplyDelete
  5. beli aja domainnya, nanti bisa saya bantu setting. soalnya domain kan ga ngaruh ke html kok...

    cuma isi2 form doang lho...

    sayang blog udah 4 tahun tapi belum uograde ke TLD (top level domain), biar jd penyemangat juga ngeblognya dan makin keren.

    saya ngeblog udah 7 tahun, ganti2 blog sampai terakhir punya blog yg saya banget. uumurnya masih 1 tahunan, langsung beli domain deh.

    oh terkait konsisten itu, mau 1,2 ato 3 kali ngepos per bupan ga masalah yg penting konsisten, saya aja cuma nulis 2 artikel per bulan tetap woles... asal tetap bagus aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih banyak mas.

      Akan saya usahakan untuk naik level lagi dengan domain baru 😁

      Delete
  6. semoga bisa kebeli domain ya masbro
    hehe
    semangat ngeblognya
    gw juga mau fokus ngeblog g bisa fokus2

    ReplyDelete
  7. yaai, aktif lagi mas septian ngeblognya. enakkan yang gratis biar nggak dagdigdug bayar kontrakan domainnya :D. salam dari pecintablog gratisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, itu yang masih dipikirkan. Mudahan bisa terus konsisten dengan blog ini, 😁

      Delete
  8. Hepi nu yer mas..
    2018 sudah kita tinggalkan dengan "seabreg PE-ER" yang belum kita tuntaskan, semoga datangnya tahun baru 2019 akan membawa angin segar supaya ngeblognya makin gud dan bla bla bla.. pokoknya jangan kasih kenduurr...

    Semangat terus ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, siaapp, akan di teruskan ngeblog nya, semangat

      Delete
  9. Met tahun baru!

    Waktu pertama kali baca judul postingan ini, gue langsung mikir, "HARUS LAH!" Wkwkwkwkwk

    Oh, jadi nulis di Android toh. Pantesan kok banyak emot-emotnya. Wkwkwkwk

    Dulu juga sempet mau pake domain sih. Cuma takut kenapa-napa sama indeksan Google Search-nya. Hehe :D

    Wes, pokoke tetep semangat nge-blog, mas! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya David sama sama, semoga tetap semangat juga ngeblog ya

      Delete
  10. meskipun jarang posting, yg penting blognya gak hangus, sayang lho kalo udh tahunan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, itu yang membuat saya tetap mempertahankan untuk tetap ngeblog 😂

      Delete
  11. Wah, keren bertahan 4 tahun itu gak mudah utk seorg blogger. Saya sendiri sudah genap 10 tahun, byk sekali blogger2 seangkatan saya udh lenyap dan pensiun, bahkan ada blognya yg ditinggalkan jd sarang laba2... hehe... Alhamdulillah, saya udh komitmen, selama saya msh bs nulis, saya akan tetap ngeblog... selamat tahun baru mas.. makin semangat ngeblognya ya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin mudahan saya tetap semangat ngeblog ya, makasih iya.

      Delete
  12. Dulu sempat juga nulis dan post lewat android, tapi setelah itu sering error. Gak bisa upload gambar dan lain-lain, akhirnya balik lagi pakai lepi.

    Semoga di tahun 2018 semakin konsisten ngeblognya, semangat💪💪.

    ReplyDelete
  13. kalau sudah 4 tahun ngblog, bisa dibilang sebagai guru saya nih hehehee...
    tetap sukses selalu mas ngblognya, oiya bener juga saran dari teman2 utk pake domain mas :)

    ReplyDelete
  14. Wahhh hampir semua pengalaman hidup diceritakan di blog ya mas, keren banget nih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mantep mas, tetap lanjutkan ngeblog. Apalagi udah ada adsensenya nih kaya dah :D

      Delete
  15. Wuaaaaaa ayo semangat ngebloooog
    Ayok beli domain dotcom.
    Biar merasa eman2 atau sayang duitnya terbuang kalo gak rajin ngeblog
    Jadi, beli domain itu bisa membuat kita rajin loh
    Ayooooook didotcomkan 💕💕

    ReplyDelete
  16. Sekarang blogger saingannya makin banyak akakkakakak
    Selamat 4 tahun, semoga masih tetap konsisten

    ReplyDelete
  17. Terus semangat ngeblog, mas Septian.
    Kudoakan semakin sukses kedepannya.
    Salut sudah 4 tahun ngeblog ...
    Bilang begini aku sambil bayangin kira-kira kelak aku sanggup sampai berapa tahun ngeblognya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mas Himawan, mudahan bisa terus ngeblog iya mas 😀

      Delete
  18. Umur blog saya udah 8 tahun, tapi kalau aktif ngeblog lagi mungkin baru 2.5 tahunan ini.

    Ini masalah yang hampir sama dg yang saya hadapi, Sep. Konsisten. Dulu pas hijrah ke TLD punya resolusi buat update blogpost 4 tulisan per bulan. Tapi kenyataannya juga lumayan susah. Paling cuma 2 apa 3 bulan gitu, terus ending-endingnya ya, cuma keisi 1 tulisan per bulan. Sedih sih. Tapi tak niati buat terus ngisi blog. Jangan sampai "mati" lah.

    Semoga....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siaapp Wisnu,akan terus diusahakan karena masih banyak ide cerita dan opini yang ingin dicurahkan Ke blog ini 😁

      Delete
  19. Selamat Tahun Baru, buka dan mulai dengan semangat baru, dan tentau saja harus terus ngeblog (kalau bisa qiqiqi) karena berbagi cerita (baik) tidak pernah merugi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih tuteh, haha iya betul juga berbagi cerita baik tidak akan pernah rugi 😁

      Delete
    2. Setuju kan? Hahaha. Toss dulu dooonk ...

      Delete
  20. Permasalahannya kalau saya suh kadang seminggu bisa 8 tulisan tpi abis utu ilang. Muncul lahi bbrp bulang kemudian. Mau njadwal post tpi gatel pngin di post buru2,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Duh baru sadar komenku typo semua, hahaa. Ayo nulis lgi mas, sya tunggu tulisan terbarunya.

      Delete
  21. Lanjutkan terus bang.

    Karena blog adalah prasasti digital. Bisa untuk bahan ketawaan, intropeksi, atau mengenang masa lalu di masa yang akan datang xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setuju, niat awal aku ngeblog untuk dokumentasi pribadi dan jg sekaligus bisa introspeksi diri, hehe

      Delete
  22. Happy new year, mas septian!

    Betewe perjalanan awal mengenal dan mulai mengisi blog kita ada kemiripan. Hehehe... Bermula dari warnet. Bahkan kalau saya dulu pernah mengisi.blog dengan lirik lagu. Hahaha gak jelas bangetttt..

    Semoga tetap konsisten dan tetap hidup ya mas blognya, kapanpun mengisinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih, akan di usakan terus untuk tetap ngeblog , hehe.

      Delete
  23. Sama persis kayak gue, dulu waktu lagi seneng-senengnya hampir tiap hari ke warnet buat ngeblog. Semangat postingnya pun gitu, pernah mengalami naik turun semangat ngeblog. Memang ya yang namanya konsisten itu susah bener.

    Tapi tahun 2019 ini mencoba untuk rajin nulis lagi di blog yang udah ganti domain baru ini. Hehe semoga bisa konsisten

    Ayo semangat lagi yo ngeblognya

    ReplyDelete
  24. Tahun baru yah ? Apa cuman gua nggak tau ? Soal ngeblog...gua masih angin-anginan, makanya sering masuk angin hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kerokan dah :) maklum skr lg musim hujan, banyak angin juga nih hehehe

      Delete
    2. Sama gue juga sepertinya, perlu dikerok biar anginnya hilang, hehe.

      Delete
  25. Dan aku mampirnya udah tahun 2019 dong wkwkwkw

    #Lelet
    #SusahBlogwalkingJuga

    Salam blogger konsisteen!
    Kalaupun dalam pelaksanaannya kurang maksimal, yang penting itu niatnya dulu sih, hehe. Iya, niat untuk tteap konsisten dan nggak beniat sama sekali untuk berhenti ngeblog karena alasan apapun. I really appreciate that, as a blogger :)

    Ah, jadi inget tahun 2007 pas pertama bikin blog, lalu 2008 pas pindah ke blog yang sekarang. Dimana dulu awalnya cuma curhat doang, sekarang udah dicampur karya juga, artikel bermanfaat juga sesekali (karena keseringan curhat sampah haha hihi) wkwkwk

    SEMANGAT BLOGGING BROTHER!!!!!

    ReplyDelete
  26. Terus ngeblog, tempat yang saat ini aman untuk menyimpan catatan2, dari penting atau gak penting, yang gak semuanya bisa diingat di otak.

    ReplyDelete
  27. Ayok, Mas Sudah Februari loh, terus ngeblog yuk :D

    ReplyDelete
  28. wah, lengkap mas cerita ngeblognya.. Dilihat dari tahun kelulusan 2015, berarti kelahiran 92 atau 93 ya mas?

    Saya dulu sempat beli domain .com, malah ujungnya saya malas ngeblog lagi haha.. Kalau sekarang, saya lebih nyaman pake .blogspot.com karena 'lebih kerasa' blognya daripada pakai .com walaupun ya sama aja sih..

    Semangat terus ngeblognya, mas!

    ReplyDelete
  29. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  30. Selamat mas sudah berjalan 4 tahun, tetap semangat ngeblog, ditunggu artikel2 berikutnya.

    ReplyDelete
  31. Terus semangat buat ngeblog nya kak, sekarang yang penting konten berkualitas, sudah tidak ngejar kuantitas lagi.

    ReplyDelete
  32. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  33. saya ikut senang akhirnya aktif lagi ,dulu sempat saling berkunjung ya, tapi ya lama-lama jadi lupa karena kini semakin banyak bermunculan blogger baru :D

    ReplyDelete
  34. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...