Sunday, August 21, 2016

Tugu / Monumen Kemerdekaan Yang Ada Di Kota Tanjungpinang


Bismillah, yeah akhirnya  dihari ini gue diberi waktu luang untuk menulis dan memposting artikel di blog lagi, dan berhubung sekarang  masih dalam yuvoria suasana kemerdekaan, jadi sebelumnya gue mau ngucapin selamat hari kemerdekaan Indonesia yang ke-71. 

Dipostingan kali ini, gue akan sedikit membahas tentang bukti jejak-jejak bekas perjuangan kemerdekaan yang ada di Indonesia, Khususnya yang ada di daerah gue, yaitu kota tanjungpinang, kepulauan Riau.

Tanda dan bukti bahwa telah ada terjadinya perjuangan yaitu dengan ditandainya tugu-tugu atau monument, yang dibuatkan khusus untuk mengenang jasa - jasa bekas perjuangan para pahlawan kemerdekaan Indonesia, agar tidak terpupus atau terlupakan oleh sejarah.




Dan berikut ini gue akan membahas tugu atau Monumen-monumen yang terdapat di daerah gue yaitu Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau.



1. TUGU/MONUMEN (PAHLAWAN KEMERDEKAAN) PERJUANGAN RAJA HAJI FISABILILLAH


Sumber gambar : dari google
Dari nama judul monumennya kita dapat langsung tau, bahwa monumen ini dibuat untuk mengenang jasa para pahlawan Nasional Indonesia, khususnya di kota Tanjungpinang, kepulauan Riau. Yaps mengenang perjuangan "Raja Haji Fisabillilah" dan rekan-rekan seperjuangannya, yang namanya mungkin telah dilupakan dalam sejarah.

Mereka ini lah yang telah berjasa dalam kemerdekaan indonesia, khususnya kota tanjungpinang. Monumen ini sering disebut masyarakat lokal dengan nama Tugu Patung Fisabilillah. 


Dok : Pribadi


Raja Haji Fisabillilah atau yang sering disebut Raja Yang Dipertuan Muda Riau - Lingga - Johor - Pahang IV dan dikenal sebagai pangeran  Sutawijaya (1777-1784).

Ia dikenal dalam perlawanan dan gegigiha memperjuangkan kemerdekaan indonesia terhadap pemerintahan belanda, yang saat itu ingin merebut kekuasaan di Riau, dan Raja Haji Fisabillilah berhasil membangun Istana Pulau Biram Dewa disungai Riau Lama.

Raja Haji Fisabilliah gugur, saat melakukan penyerangan kepangkalan militer belanda diteluk ketapang malaka dan kemudian makamnya dipindahkan ke pulau penyengat, sebuah pulau yang ada di tanjungpinang .

Dalam catatan sejarah Raja Haji adalah orang yang sangat  berpengaruh dalam stabilitas sosial politik, ekonomi nusantara, pihak belanda pun mengakui kehebatan yang dipimpinnya, yang sempat menguncang posisi belanda di indonesia.

Monumen ini terletak sangat strategis yaitu didekat tepi laut kota tanjungpinang. 

Monumen ini dibuat pada saat pemerintahan Bupati KEPRI yang masih dibawah Provinsi RIAU. Dan sekarang telah mekar menjadi Provinsi Kepulauan Riau (KEPRI) "H.Abdul Manan Saiman" dan diresmikan pada tanggal 24 Maret 1998.

Sunguh di sayang sih beberapa tahun tugu ini berdiri, terdapat insiden, yaitu jatuhnya salah satu patung yang berdiri kokoh, dan kebetulan yang jatuh itu yang Katanya adalah patung tersebut kebetulan patung dari Raja Haji Fisabillilah, jadi secara terpaksa biar tidak terulang kembali kejadiaan yang sama,akhirnya pemerintah setempat menurunkan patung2 yang berdiri kokoh diatas sana, dan Sekarang tugunya menjadi seperti ini :


Dok : Pribadi


Dok : Pribadi


Dok : Pribadi



 2. TUGU PERJUANGAN TNI AU (ANGKATAN UDARA) KOTA TANJUNGPINANG


Dok : Pribadi


Untuk monumen ini, gue belum dapat pasti informasi ditail tentang sejarahnya, tapi yang jelas monumen ini juga di buat untuk mengenang perjuangan kemerdekaan.

khususnya perjuangan tentara nasional yang ada di tanjungpinang. kota tanjung pinang, juga terdapat pangkalan militer angkatan udara yang cukup untuk diperhitungkan jejak sejarahnya. tugu ini diresmikan tanggal 4 April 2002 oleh Hanafie Asnan (Marsekal TNI).


Dok : Pribadi




3. TUGU PROKLAMASI RIAU


Dok : Pribadi



Tugu ini terletak di daerah tepi laut  kota tanjungpinang, lebih tepatnya di depan kantor Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau. 

Tugu ini di buat untuk mengenang kejadian penting dan bersejarah. Tugu ini didirikan pada tanggal 29 Desember 1949. Tugu Proklamasi Riau ini, di buat sebagai simbol mengenang bahwa, Lokasi tersebut untuk pertama kalinya dikibarkan bendera merah putih dan pembacaan teks proklamasi Kemerdekaan republik indonesia di kota Tanjungpinang.

Dok : Pribadi

Dok : Pribadi

UBDATE 2017
Telah terjadi pemugaran di Tugu Proklamasi Riau

Dok : Pribadi

Dok : Pribadi

Dok : Pribadi


Demikianlah artikel singkat dari gue, terimakasih banyak telah membaca artikel gue tentang tugu/monumen yang menandakan perjuangan para pahlawan dalam merebutkan kemerdekaan republik indonesia.

Arti Kemerdekaan menurut para pejuang kita di jaman perjuangan adalah sesuatu kemerdekaan dalam merebutkan dan memperjuangkan kemerdekaan republik indonesia dari para penjajah.

"Arti Kemerdekaan" menurut gue adalah Bebas, bebas melakukan hal yang kita mau, tapi sesuai dengan norma2 Agama dan Pancasila sebagai dasar negara dan hal yang positif dan dapat berguna bagi bangsa indonesia.

Dirgahayu Indonesiaku yang ke 71. sebelum gue menutup artikel ini, ada sebuah foto yang gue dapat dari jejaring sosial gue, dan fotonya seperti berikut:
aamiin, mudahan negara mereka juga bisa merdeka :-)

13 comments:

  1. Wohooooo, ternyata banyak juga yaa tugu peringatan di Riau. Di purworejo juga banyak bang, tapi jarang pada yang tau sejarah serta didirikannya tugu/monumen tersebut.




    Salah satunya gue juga :(

    ReplyDelete
  2. Wohooooo, ternyata banyak juga yaa tugu peringatan di Riau. Di purworejo juga banyak bang, tapi jarang pada yang tau sejarah serta didirikannya tugu/monumen tersebut.




    Salah satunya gue juga :(

    ReplyDelete
  3. Dulu di Kota kami juga ada ini, sedari kecil saya suka mampir, karena tempatnya jadi ajang family-time. Sekarang banyak perubahan dan tidak lagi saya kunjungi, karena jadi tempat pasangan bermesraan -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia sih mbak, ngiris, di tempat gue juga gitu, tak terawat dan nerubah fungsi, mudahan pemerintah dan masyarakat setempat bisa memperhatikan dan menjaga, bersama2

      Delete
  4. Monumen pejuangan raja haji fisabilillah unik banget ya.. Mirip altar hehe

    ReplyDelete
  5. Salut sama rajanya. Jaman dulu udah bisa memimpin dan berpengaruh pada waktu dijajah Belanda.

    Iya, semoga Palestina segera merdeka aamiiinn ya Rabb

    ReplyDelete
  6. Jadi kepikiran nulis gini di Jogja. Tugu-tugu yanga da di Jogja heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah pasti keren-keren tu tugu di jogja mas,

      Ok ditunggu postingannyA hehe,,

      Delete
  7. semoga tugu peringatannya bisa membuat orang-orang yang memandangnya semakin kuat memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Bhineka tunggal ika terus terjaga

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...