Wednesday, November 9, 2016

Jum'atan Di Mesjid Raya Batam


Heeii, buddies, .. Apa kab's. Ciee udah macam youtuber belum, haha. πŸ˜ŽπŸ˜Ž

Ok, di tulisan gue kali ini, gue ingin bercerita dan meriview sedikit tentang pengalaman dan sekaligus jum'atan di "Mesjid Raya Batam".

Waktu itu, berhubung dan di hubungkan gue sedang berada di batam, jadi gue di beri kesempatan untuk Sholat dan Jum'atan di Mesjid Raya Batam.


Kenapa gue berada di batam,?..... Yahh Gue sekarang berada di batam karena ada tugas kerjaan kantor yang mengharuskan gue untuk ke batam dalam beberapa hari. Dan kalau bicara tentang Batam, sebetulnya sihh gue sudah sering mampir dan pulang - pergi ke Batam. Karena dari rumah gue, yaitu di Tanjungpinang ke Batam hanya kisaran satu jam-an menggunakan kapal. Tapi nistanya, gue belum pernah sekalipun mampir dan berkunjung ke Mesjid Rayanya, yahh waktu kebatam tujuan gue hanya ke mall dan tempat hiburan yang ada di batam πŸ˜₯

Dan sekarang, barulah gue kesampean untuk berkunjung ke "Mesjid Raya Batam". Mesjid yang menjadi salah satu icon kota batam, dan berpasan waktu solat jumat, jadi sekalian gue jum'atan disana.

Karna keunikan dan keindahan pemandangan Mesjid Raya Batam ini, jadi gue mempunyai ide tulisan tentang Mesjid ini. Dan sekarang gue akan  membahas sedikit  tentang "Mesjid Raya Batam".

Menurut Keponakannya Mbah Google, yaitu Paman Wikipedia, Mesjid Raya Batam ini, merupakan Mesjid yang terletak di kawasan Batam Center, Jl. Engku Putri Kota Batam, Kepulauan Riau. Dan Jarak dari Bandara International Hang Nadim Batam ke Mesjid Raya Batam kisaran 20 menitan dan kalo dari pelabuhan punggur batam kisaran 30 menit, (Menggunakan Mobil atau Motor), jadi tak sulit untuk menemukan tempat ini.


Mesjid Raya Batam

Komplek Mesjid Raya Batam ini, berdiri diatas lahan 75000 Meter, yang menjadikan Mesjid terluas yang ada di Kota Batam. Mesjid ini di buat pada tahun 1999 dan rampung pada tahun 2001, diresmikan tanggal 04 Febuari 2001, oleh Menteri Agama saat itu yaitu Bapak "Muhammad Tolchan Hasan".


Diresmikan oleh Bapak Tolchan

Keunikan yang pertama adalah, menurut gue yaitu disain mesjidnya, yang berbentuk "Limas Segi Empat"  yang mengerucut seperti Piramida, dan menaranya yang memiliki ketinggihan sekitar 66 M. Mesjid ini di rancang oleh arsitek terkenal di Indonesia yaitu "Achmad Noeman". dia Arsitek yang juga merancang Mesjid Salman Institut Teknologi Bandung (ITB). Dan Bangunan Mesjid ini mempunyai arti tersendiri dalam bentuk desainnya, yaitu Atap yang berbentuk "Buju Sangkar" presepsinya yaitu "vertikalisme menuju satu titik diatas, sebagai  simbol hubungan antara manusia dan tuhan",. dan "Irisan Tiga Bagian", merupakan simbol perjalanan hidup manusia dalam tiga alam yaitu, Alam Rahim, Alam Dunia, Alam Akhirat. *sumber dari paman wikipedia.

Suasana dalam Masjid Sumber : dok Pribadi


Suasana Dalam Mesjid Malam Hari Sumber : dok Pribadi

Didalam Mesjid Raya Batam ini, halaman Mesjidnya sangat luas, terdapat lampu gantung yang unik menurut gue, dan ruangan sholatnya ditutupi klinker terakota yang berwarna merah bata, garis garis shaf memakai bahan pavling blog yang menyatu dengan terakotanya, sehingga membuat jamaah lebih nyaman saat sholat.

Kedua, kotak amal dan lampu mesjidnya di buat menyerupai disain mesjid raya batam, dan berikut fotonya :


Kotak Amal & Lampu. Sumber : dok Pribadi


Ketiga Mesjid Raya Batam juga terdapat kolam air mancur yang dapat di gunakan untuk ber wud'hu

Air Mancur sekaligus Tempat Wudhu /Sumber : dok Pribadi

Yang terakhir tempat lahanya cukup luas dan pemandangannya juga indah gaise... dari Mesjid ini kita bisa langsung melihat salah satu Iconic Pariwisata Kota Batam yaitu " Tugu Welcome to Batam". Mungkin karna inilah mesjid raya batam bukan hanya lagi tempat ibadah, tapi juga bisa menjadi tempat Pariwisata Kota Batam.

WELCOME TO BATAM /Sumber : dok Pribadi 

Suasana sehabis Sholat jum'at berjamaah (Dok :Pribadi)



Mesjid Raya Batam di Malam Hari  (batampos.co.id)






(selfie) tetap eksis habis jum'atan

Dan lagi-lagi gue sangat tertarik untuk datang ke Mesjid Raya Batam ini. Stuktur bangunannya yang unik, tempatnya luas dan nyaman untuk beribadah, yahg jadi gue kembali lagi kesini saat waktu sholat isya, lagi dan lagi gue diberikan kesempatan untuk shalat isya berjamaah di Mesjid Raya Batam.



Demikianlah tulisan sederhana dan singkat ini. Wassalammualaikum wr wb.

Sumber Pendukung : http://masjidrayabatam.blogspot.co.id/

47 comments:

  1. Keren banget majidnya, semoga bisa kesana juga untuk melaksanakan sholat :)

    lampu dan kotak amalnya bagus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya ak doain mudahan kamu bisa sholat di mesjid ini yah ndi, aamiin

      Delete
    2. iya kotak amalnya bagus, aku juga mau komen soal kotak amal, kao diliat2 mirip atap masjidnya keren

      Delete
  2. Tempat wudhunya apik hehehehhe. Luas juga halamannya :-)

    ReplyDelete
  3. Subhanallah Masjidnya bagus banget ya mas..

    ReplyDelete
  4. Mesjid Raya emang kece ya jadi kebanggan warga Batam tentunya hehe

    ReplyDelete
  5. tempatnya bagus dan pasti adem ya mas, memang harus nyaman untuk beribadah

    ReplyDelete
  6. Kang kalau dimesjidnya full itu bisa sampai keluarga ga jamaahnya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia @kang nurul, biasanya kalo hari besar, sampe luar di halamanya.

      Delete
  7. satu kata maz "keren"

    interior mesjidnya cakep juga :(

    ReplyDelete
  8. Langit2nya meuni tinggi gitu ya sep
    Berasa uda nyampe batam keknya klo uda nyobain sholat di sana

    ReplyDelete
  9. itu yang air mancur dari gambarnya sini saya lihat kayak kapal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ehh iyaa ya, ak juga baru sadar, soalnya ak fhoto dari samping, hehe πŸ˜…πŸ˜…

      Delete
  10. wah... itu tempat wudlunya kok kayak kapal?
    salahkah penglihatanku?

    Ornamen lampunya unik2 yah sob..

    oh ya...salam kenal sob.... baru datang udah nyrocos kek gini...
    :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal kembali, tidak apa-apa, jangan bosan2 mampir lagi ya hehe πŸ˜πŸ˜πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜€

      Delete
  11. oh, nggak jauh-jauh amat dari bandara hang nadim, ya. terakhir ke batam saya mainnya di nagoya sono sih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia, deket, ak juga sering mampir ke nagoya sana, hehe 😁😁

      Delete
  12. Aku pernah jumatan di sini. Ampun Batam, panasnyaaaaa.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul tu za, batam panas, mungkin karna banyak industri kali ya,😏

      Delete
  13. uwi kerennnn ya dalemnya
    kotak amalnya juga unikkk
    aku belum pernah ke Batam

    ReplyDelete
  14. ow iya bener gitu Masjid Raya Batam, tak lengkap bila tak memasuki dan shalat di masjid ini kalau sdh sampai di Batam

    dulu banget sih tahun 2014 sempat kesana
    salam

    sekalian ke negara jiran tuh udah deket hehe

    ReplyDelete
  15. Kotak amal sama tempat wudhunya keren
    Masjidnya juga subhanallah
    .
    Oy bang masih inget g pas jumatan khotibnya bahas materi apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh kamu @niki pertanyaannya,😌
      Hmm Kalau tak salah ya tentang perjuangan islam dan zakat, hehe,πŸ˜…πŸ˜…πŸ˜… kalau tak salah ya,

      Delete
  16. Alhamdulillah selama 11 tahun di Batam sudah pernah Jumatan di Masjid Raya... sayangnya baru 1 kali :hiks:

    ReplyDelete
  17. Masya Allah indahnya, semoga Allah izinkan saya nanti ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga bisa berkunjung kesini ya πŸ˜€

      Delete
  18. dulu pernah sholat juga di sana tapi ga detil banget perhatikan interiornya mungkin krn waktunya mepet jg kali ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo gitu, kayaknya perlu mampir kesini lagi, mbak hehe ,,

      Delete
  19. wah, iya keren masjidnya. Suka deh tempat wudhunya, kreatif arsiteknya :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ia ne mbak, arsiteknya memang kreatif, hehe

      Delete
  20. Wiiih mesjidnya bagus. Langitnya biru. Cerah. Indah...
    Belum pernah ke batam :-/ Paling jemaah, solat tarawih ke mesjid deket rumah, tinggal ngesot.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :-) JANGAN LUPA TINGALKAN JEJAK YA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...