Sunday, March 5, 2017

Uniknya Wisata Vihara Patung Seribu ( Vihara Ksitigarbha Bhothisattva )

Pintu Gerbang Masuk Vihara

Hello Semuanya, πŸ™‹ salam hangat iya dari yang nulis Blog ini. Ditulisan kali ini, gue ingin bercerita sedikit tentang tempat wisata lokal yang ada di kota tanjungpinang, Kepulauan Riau, yaitu wisata Vihara Patung Seribu atau nama aslinya Vihara Ksitigarbha Bhothisattva.


"Sebelum lanjut membahas tentang tempat wisata Vihara yang unik ini, di artikel gue sebelumnya yang tentang memperkenalkan daerah tempat tinggal gue, disitu banyak yang tertarik dengan Foto-foto Vihara yang pernah gue post di artikel tersebut, nah di kesempatan kali ini gue akan membahas salah satu Vihara yang ada di Kota Tanjungpinang. 😎"


Bicara tentang Vihara, yaps Vihara adalah merupakan tempat ibadah bagi umat budha, dan sekarang ini Vihara yang ada di Indonesia khususnya di Tanjungpinang, juga menjadi tempat atau salah satu wisata yang ramai di kunjungi loh, baik bagi umat budha sendiri maupun masyarakat lintas agama, mungkin Vihara-vihara ini mempunyai daya tariknya tersendiri.

Gambar Vihara dari Atas (photo by : Barry Kusuma)

Dan sekarang yang ingin gue bahas adalah salah satu Vihara yang ada di kota Tanjungpinang,  yaitu Vihara Ksitigarbha Bhothisattva. * bacanya jangan blebet ya hehe 😸 Atau masyarakat tanjungpinang sering menyebutnya Vihara Patung Seribu, Atau juga Vihara Seribu Wajah.

Background Patung Seribu 


Patung Seribu Sumber gambar dari : google

Vihara Patung Seribu ini, sekarang menjadi tempat Tren Mark yang ramai dikunjungi di kalangan masyarakat khususnya Tanjungpinang.

Vihara Patung Seribu ini, sempat di tutup untuk umum, dan hanya dibuka setahun sekali yaitu pada saat imlek saja. Yah waktu itu ada perbaikan Insfastruktur dari vihara tersebut, dan sekarang baru di resmikan dan dibuka untuk umum pada tanggal 09 Februari 2017 kemaren oleh Gubernur Kepulauan Riau bapak Nurdin Basirun, di dampingi dengan bapak Walikota Tanjungpiang Bapak Lis darmansyah dan di dampingi pengurus wihara tsb yaitu bpk Boby Jayanto.

Vihara Patung Seribu ini merupakan salah satu Vihara terbesar di asia tenggara. Vihara ini terletak diatas bukit, jalan asia afrika, batu 13 jalan menuju kota kijang, Bintan ,Tanjungpinang-Kepulauan Riau. Untuk Sampai ketempat ini pengunjung perlu berjalan kaki di jalan tanjaan yang telah di sediakan oleh pihak pengelola, karena mobil maupun motor tidak boleh naik keatas, dan tempat parkirnyapun berada di bawah Vihara ini.

Dan menurut gue vihara ini sangat unik, dan cocok buat kalian yang datang atau berkunjung ketempat ini, salah satunya yaitu desainnya menyerupai gedung-gedung kerajaan yang ada di cina.


Photo : Dok. Pribadi

Photo : Dok. Pribadi

Photo : Dok. Pribadi

Desain Vihara ini khusus dibuat menyerupai, gedung kerajaan cina dan selain gedungnya menyerupai kerajaan cina, salah satu Vihara ini yang menjadi iconnya adalah seperti yang orang-orang tanjungpinang sering bilang yaitu patung seribunya.

Pasti diantara kalian yang membaca artikel ini, ada yang bertanya jadi berapa jumlah patung-patungnya ??? Semua itu patungnya seribu ya,, Ayoo,?? Yahh Sebetulnya Jumlah patungnya itu bukan seribu lohh, tapi masyarakat setempat menyebutnya patung seribu, mungkin biar gampang menyebutkannya kali ya.

Sebelum gue buat artikel ini, gue sempat berkunjung ketempat Viara ini, bukan sempat sihh yah lebih tempatnya sering berkunjung kesini. Yagh dikenakan tempat tinggal gue dengan Vihara ini cukup dekat yah kalo naik motor sekitar 10 menitan lah.

Nah yang penasaran dengan jumlah patungnya , menurut sumber yang gue dapat yaitu dari koran lokal Tanjungpinang Pos, jumlah keseluruhan patung ini lebih dari 500 Patung Lohan di tambah puluhan patung-patung Dewa.


Photo : Dok. Pribadi

Photo : Dok. Pribadi

Photo : Dok. Pribadi

Photo : Dok. Pribadi

Pembuatan patung ini, menurut sumber yang gue baca, tepatnya sumber diatas, pembuatan Vihara ini menghabiskan dana sekitar 250 Juta rupiah, dengan berat mencapai satu ton, bahkan lebih, patung ini di buat dari batu granit yang langsung dari pegunungan tiongkok ( cina ) lokasi pembuatan patung ini merupakan pusat pemesanan patung-patung dari berbagai negara, dan semua patung ini dipahat oleh senimat tersohor yang ada di tiongkok, nah pantesan tempatnya sangat mirip dengan Tiongkok.


.......

Nahh bagaimana Viharanya unikkan , mari mampir kesini, kalo kalian suka, atau tertarik berkunjung ketempat ini, atau yang lagi berkunjung ke tanjungpinang atau mau ke tanjungpinang, monggo, disini gue kasi rekoment deh buat kalian yang hobi travelling.


Owh ya, Di tanjungpinang masih banyak loh Vihara yang unik, dan terbesar di Asia Tenggara, salah satunya Vihara Patung seribu yang gue tulis ini dan Vihara yang pernah di kunjungi mas Alit (Shitlicious), kalo kalian Follower di instagramnya pasti kalian tau, yaya nanti gue akan nulis dan riview tempat Vihara yang pernah di kunjungi mas alit, next artikel ya 😁

Ok segini aja ya tulisan dari gue, dah terima kasih telah mampir πŸ˜€

32 comments:

  1. Waw, keren ini. Baru tahu aku. Jadi vihara ini terbesar di Asia Tenggara ya, Mas.

    Oh, jadi belum lama ini juga diresmikan ya. Jadi sekarang masyarakat umum pun boleh ya.

    Owalah, ternyata yang pahat orang Tiongkok juga ya. Pantes aja, pertama lihat fotonya kok kaya di China. Di Tanjungpinang masih banyak vihara yang lainnya kah, Mas ? Kalau yang lainnya apa bangunannya mirip seperti yang ini ?

    Semoga bisa berkunjung ke tempat ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga kamu bisa mampir kesini ya ndi,😁

      Ia rata2 semua vihara yang ada di tanjungpinang mirip kayak gini semua.

      Delete
  2. Takkirain di thailand sep, soalnya teringat nama nama thailand kan begitu biasanya hihi
    Wah aku kok jadipengen futu2 juga si vihara seribu wajah itu ya,
    Nama seniman tiongkoknya ga tau sep?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mari mampir mbak Nita heheπŸ˜€

      Huuf. tidak tau mbak,ak belum dapat informasi tentang profile senimannyaπŸ˜…

      Delete
  3. Relif patung arca nya unik unik ya.....selain buat khusus tempat peribadatan bagi ummat Budha tempat bagus juga lho untuk berselvy ria

    ReplyDelete
  4. Yang jelas sich ini keren banget Kang...

    Bolehlah dijadikan Destinasi Wisata

    ReplyDelete
  5. Vihara itu emang identik sama warna abu2 ya... hehe
    ada filosofinya nga?

    namanya nggak sebutable banget, susah buat diucapin.

    ReplyDelete
  6. Wah keren banget viharanya. Baru tau kalo di Tanjungpinang banyak viharanya. Bahkan viharanya termasuk yang terbesar di asia.

    Pertamanya mikir kalo patungnya ada seribu ternyata 500an dan ada puluhan yang lain. Merasa tertipu deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha ia, saya awalnya juga gitu rum, kiain seribu patung 😊

      Delete
  7. Btw, dari foto yang full tempat, yang melengkungnya itu patungnya ya? Buset dah... 500-an patung berjejeran.

    ReplyDelete
  8. Aaaaaakkk.... >_< seru amat jalan-jalannya...
    Jadi pingin ke situ.
    ._. Duh, harus mulai nabung ini....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang Rajin ya nabungnya, mudahan bisa mampir ketempat INI, aaminπŸ˜ƒ

      Delete
  9. Amanggg ini Vihara bagus kalau diabadikan, fotogenic kalau orang bilang hehehhehe.

    ReplyDelete
  10. Waaa, keren sekali. Kagum aku lihatnya, ---meski baca namanya aku gak bisa, hehehe :D

    ReplyDelete
  11. wah keren ya blognya dan foto2nya.. salam kenal juga, dan sukses terus blognya

    ReplyDelete
  12. Keren banget viharanya.
    Jadi pengen ke sana.

    ReplyDelete
  13. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  14. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  15. AIh, saya yang"dekat" aja belum pernah main kesini lho. Kece ya ternyata.

    ReplyDelete
  16. Jadi kalo bukan seribu terus berapa dong jumlah patungnya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekitaran lima ratus ribu gitu, mbak jasmi. Kalau tidak salah.

      Delete
  17. keren, ya, menurutku mirip dengan bangunan di India atau di mana gitu

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...