Saturday, January 23, 2016

Seberapa Istimewa kah menjadi PNS, ???

karwapi.wordpress.com


Selamat pagi, bagi yang bacanya pagi. Selamat siang, bagi yang bacanya siang. Selamat sore, bagi yang baca sore. Dan selamat malam, bagi yang baca malam.

Postingan kali ini, gue ingin membahas tentang seberapa istimewakah menjadi seorang PNS,? Kenapa banyak orang yang mengiginkan pekerjaan ini.



Apakah mahasiswa itu seperti mesin photo copy, yang di cetak untuk menjadi seorang Pegawai (pegawai Swasta, pegawai negri sipil dan pegawai bank).

Apakah benar begitu ??

Nah disini,  dari ketiga pekerjaan tersebut, diatas. Yang ingin gue bahas adalah PNS (Pegawai Negeri Sipil). Pekerjaan yang langsung dibawah arahan pemerintah, Pekerjaan yang sangat diminati saat ini, termasuk di daerah gue sendiri.

Satu hari (H+1) setelah gue wisuda, disaat yuforia toga masih ada berbekas di kepala gue, bau-bau kertas bekas Skripsi yang kini menghilang dikamar. Muncullah pertanyaan dari emak gue, suatu kata keramat. Udah kerja,??. Cari kerja sana,!! Cobadeh ikutan TES PNS mana tau diterima. Kalo ngak, kerja dulu di tempat swasta, nanti kalo sudah buka tes CPNS baru ikutan iya,?? *Power Of MOM.

Di sini, emak gue pun beranggapan bahwa menjadi PNS adalah pekerjaan yang menjanjikan, apakah betul demikian,???

Ada alasannya sih beliau ngomongin ini, yahh karena  yang kerja jadi PNS di daerah rumah gue, pada punya mobil, baik itu mobil sendiri ataupun mobil yang berplat merah.

Emang iya, tidak tau kenapa semua orang, tidak semua sih, tapi hampir sebagian orang, mengincar dan menginginkan pekerjaan ini. Tak di pungkiri dan tak mau munafik termasuk gue. 

Mengingat tentang fenomena ini, ada sebuah gambar kata atau orang sering menyebutnya seperti  berikut :

Apakah ini benar adanya,??


sumber : Kompasiana

Keinginan untuk menjadi seorang pegawai dibawah pengawasan pemerintah ini adalah sebuah fenomena. Fenomenal yang beredar dinegeri kita saat ini. 

Saat gue kuliah dulu, gue pernah membuat survey kecil, dengan satu pertanyaan pilihan yaitu : Pilih mana mau menjadi PNS atau Pengusaha. Dan jabawan terbanyak dari responden yah respondennya teman gue sendiri, namanya juga kecil-kecillan. 

Jawabanya  adalah : Menjadi PNS lalu gadai SK kemudian buat usaha. Satu kata WAWW. Lagi-lagi pilihan yang sama.

Nah dari pernyataan tersebut dan ditambah percakapan ringan di kedai kopi (WARKOP) dengan temen-temen gue yang lain, mereka yang dari kalangan mahasiswa, pengangguran dan fress Graduate, dapat di simpulkan juga, dengan kesimpulan sendiri tentunya, ada beberapa alasan kenapa mereka menginginkan untuk menjadi seorang PNS. 

Yang pertama yaitu kerjaannya ringan, tidak ada tanggungan beban, tidak ada target yang harus di capai, dan terakhir gajinya lumayan besar ditambah plus, plus tunjangan.

Apa mungkin karna ini,???

Dan bagaimana dengan kinerja PNS saat ini, apakah sudah memuaskan,??

Kalau menurut gue, mungkin lembaga pemerintahan, ada beberapa kinerja intansi pemerintah yang lumayan bagus, dan ada juga yang kurang bagus.

Hal yang harus diperbaiki menurut gue yaitu seperti lembaga-lembaga yang di perlukan oleh masyarakat, contohnya kelurahan, kecamatan dan perangkat kerjanya. Dan tentang kinerja pegawai di lembaga tersebut. Kalau boleh mengkritik adalah tentang waktu, Orang indonesia menyebutnya jam karet.

Dari pengalaman gue waktu itu, tepatnya di kantor kelurahan di tempat gue tinggal. Saat itu, gue ada urusan yang ingin gue buat ditempat tersebut. Untuk mendapatkan yang gue inginkan dari tempat tersebut, gue harus menunggu waktu yang cukup lama. 

Disaat bersamaan, disaat gue masih menunggu, ada seorang ibu-ibu yang lagi duduk. Gue menyamperin beliau dan disitu kami bercerita :

gue bertanya kepada ibu-ibu tersebut "Sudah berapa lama bu di sini.
"Ibunya menjawab; kira-kira sudah 4 jaman lebih lah dek,
" lah kenapa bu, kok lama gitu., kata gue,
" Ibunya menjawab; " ia dek, kata pegawai disini, suratnya surat pengantar dari kantor lurah, yang ibu inginkan, tunggu disahkan dan di tandatangani pak lurahnya dulu,
" lalu gue bertanya lagi ;" emang kemana pak lurahnya bu,"
"lurahnya lagi ada urusan penting di luar dek,
" emang tidak ada yang mewakilkannya, tanya gue,
dan ibunya jawab " ada staff asistennya, tapi dia juga lagi tidak ada di tempat.

Waw lagi, untuk yang kedua kalinya, apakah kami harus menunggu, pekerjaan kami bukan hanya untuk menunggu hal-hal yang begini saja, masih banyak keperluan lain, yang harus kami kerjakan.

Apa bedanya PNS dengan pegawai Honorer (Non PNS)

Pegawai non PNS atau yang disebut dengan Pegawai Honorer adalah pegawai yang ditugaskan untuk membantu dan mempermudah kinerja pegawai di pemerintahaan yang menggunakan jasa honorer tersebut. 

Nah ini fenomena sisi lain lagi, mayoritas teman gue bekerja sebagai honorer perkantoran lembaga pemerintah. Ini lain lagi ceritanya, menurut pengalaman temen gue yang bekerja di sana, dukanya menjadi pegawai honorer, menurut mereka adalah yang pertama yaitu Gajian yang di rafel, macam judul sinetron aja; biasanya kalo pembahasan tentang RAPBN yang cukup alot. Dari pemerintah pusat, pemerintah daerah dan DPR akan berhimbas ke mereka. 

Dan para Pegawai honorer ini, semuanya berharap diangkat menjadi pegawai PTT (Pegawai Tidak Tetap) dan diangkat menjadi pegawai Negeri Sipil.

Dan dari sumber sumur yang gue baca, jalan cepat untuk menjadi seorang PNS adalah dengan mengikuti Tes CPNS yang di selenggarakan pemerintah dari pada honorer yang harus menunggu waktu lama untuk menjadi PNS.

*ada yang memiliki jawaban berbeda monggo di tulis aja di kolom komentar

Ow ya di akhir tulisan ini, gue pernah baca timeline dari pak JK (wakil presiden indonesia ke 10 dan 12) disalah satu tv swasta. Menurut beliau, CPNS yang diperlukan saat ini adalah Pendidikan atau guru, dan kesehatan. karena di indonesia masih kekurangan guru, dan masih kurang meratanya guru di indonesia, tenaga guru yang masih menumpuk di ibukota dan dikota-kota besar, bertimpang terbalik dengan yang ada didesa, dan begitupun dengan gajinya, masih jauh berbeda kalo di bandingin desa dan kota, dan terakhir adalah tenaga kesehatan yang masih banyak di perlukan di indonesia.

Dan kesimpulan dari tulisan ini, bagi kalian yang sudah jadi PNS. bersukurlah, jadilah pegawai yang selalu melayani masyarakat dan kepetingan rakyat.

Dan bagi kalian yang mau jadi PNS, pilihlah sesuai dengan yang kalian inginkan dan jadilah PNS yang baik.

Jadi apakah menjadi Seorang PNS begitu Istimewa,??

Sekian terima kasih, 

36 comments:

  1. Karena gue nanti bakal menjadi orang yang menjabat gelar S.pd (amin), karna gue kuliah dijurusan pendidikan Informatika .. maka mo nggak mau kemungkinan besar sih gue akan jadi seorang guru ..
    Jadi PNS adalah target, tapi masuk PNS susah banget bang sekarang .. tesnya bejibun, persayaratannya juga ..
    Kalopun bisa dipercepat, ya gitu harus ngluarin uang 150 juta minimal .. -___-

    Tapi kalo udah jadi PNS enak, seperti yang abang tulis,, tunjangan, gaji, dll ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah aamiin, mudahan terkabul ya, gue doain menjadi guru yang terbaik,

      ia sih kalo mau jalan lurus harus bayar :-(

      Delete
  2. saya juga sebenere pengin daftar pns tapi ngikut tes pns kemenlu buat diplomat, biar bisa keliling dunia, hahaha (idiotraveler.com)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ia juga ya, bisa tu jadi duta besar perwakilan indonesia :-D

      Delete
  3. Setuju kalau gaji dan tunjangan seorang PNS itu menjanjikan, Mas. Namun apadaya ketatnya untuk bisa lolos tesnya, terkadang harus rela rela mengeluarkan nominal yang besar hanya untuk bisa menjadi PNS itu sendiri.
    Ya, semoga saja nepotisme seperti itu makin berkurang di tahun ini.
    Ohiya, blog e udah ku follow ya mas sama g+ nya haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah begitu lah, aamiin mudahan tidak ada lagi nepotisme,

      okk nanti ak follback :-)

      Delete
    2. Untuk Indonesia yang lebih baik. Aamiin.

      Thank you loh mas hehe.

      Delete
  4. Kalo aku pribadi sih agak kesyel sama pegawai "PNS" soalnya kinerja sama gaji suka gak sesuai. Mereka bisa bebas di rumah siang hari, pagi tinggal absen jempol begitupun pulangnya. Siang hari malah keluyuran, leha-leha. Maap.

    Ya, menurut aku kalo udah dikasih fasilitas dan gaji yang tinggi, diimbangilah sama kinerjanya. Agak timpang sama rakyat kecil yang kerja keras tapi upahnya gak seberapa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul tu put, kalo yang ini setuju sama kamu :-)

      Delete
  5. masyarakat Indonesia memang sangat ingin menjadi PNS, karena memang selain gaji yang lumayan, ditambah tunjangan remun yang besar, bisa mengolah masyarakat untuk mendapatkan penghasilan tambahan dan banyak lagi yang memang sangat menggiurkan

    ReplyDelete
  6. sayangnya beberapa PNS yang saya lihat suka bolos kalo jam jam ngantor, apalagi ibuk ibuk tuh, lebih milih kepasar daripada ngantor atau ngajar. pernah sekali liat langsung kena jaring razia. PNS yang baik baik jadi berkesan buruk gara gara yang malas, kenapa yaa

    ReplyDelete
  7. rrrr,...ini yang selalu diagung agungkan kebanyakan ortu di indonesia..huhuuu
    jadi bebaaannn

    ReplyDelete
  8. INFO KELULUSAN CPNS 2016 :
    HUBUNGI Bpk Drs Warli, M.Si
    (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..
    Tlpn : 0812-4263-6841.
    Setelah saya mencoba memhubungi Bpk Drs Warli, M.Si Sebagai Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta..
    dengan No.TLP. 0812-4263-6841. walaupun awalnya saya ragu, tapi saya tetap memberanikan diri dan alhamdulillah saya bisa lulus CPNS..
    Terima kasih bnyk buat Bpk Drs Warli, M.Si (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) BKN PUSAT Jakarta.. yg sudah banyak membantu saya untuk kelulusan CPNS 2015 kemaren.
    Ujian CPNS kemarin adalah merupakan ujian CPNS kali kelima yang pernah saya ikuti.
    Alhamdulillah tercapai sudah cita cita saya untuk menjadi abdi negara setelah sebelumnya selalu gagal dalam test.

    Bagi calon pelamar CPNS 2016. Jika ingin lulus CPNS satu-satunya cara adalah, Anda langsun kordinasi Kepala Sekertariak Panitia Di Pusat BKN,Bpk Drs Warli, M.Si.
    (Direktur Pengadaan dan Kepangkatan) No Tlp: 0812-4263-6841.
    Terima kasih.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. 😧😧😧😧😧😧

      Delete
  9. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  10. kalau di daerah saya.. yah karena banyak pabrik jadi orang-orang pada berbondong dan bersaing buat dapet kerja disana. disini malah PNS cuma sedikit. di gang saya malah nggk ada yang berprofesi sebagai PNS.. semuanya pada kerja di swasta..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh gitu iya mas bayu.
      Banyak yang kerja swasta iya, jadi tidak banyak yang mau jadi PNS. Keren

      Delete
  11. Gue suka gaya lu brow,,, banyak juga temen - temen gue yang daftar CPNS, gue juga diajakin sih tapi gue gak begitu tertarik,, soalnya hidup gue kurang displin, terus kayaknya jadi PNS itu membosankan,,,

    tetangga gue aja ada yang jadi pengusaha jualan pakaian dan sandal di pasar,, tapi dia bisa kebeli pajero.. nah tetangga gue yang satunya lagi cuma bisa gadein SK ke Bank... buat beli perumahan...

    Gue sih masih bingung mau jadi apa, sementara ini masih mencoba untuk belajar ternak lele di desa, siapa tahu sukses dan bisa kebeli pajero terus kawin sama neng chelsea islan... wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.

      Gue doain keinginan mas ahmad terkabul.

      Delete
  12. kerjanya ringan ya? iya yang ringan,kalau yang mendapat pekerjaan fungsional ya lumayan sibuk dibandingkan struktural. Ini menurut aku yaa. Tapi semua pekerjaan gak bisa dilihat ringan atau beratnya siy, semua punya beban tanggung jawab masing-masing.
    Aku terlahir dari keluarga PNS, semua saudara bapak yang berjumlah 8 semuanya PNS, kakakku PNS dan semua langsung merayuku utk terus mendaftar CPNS, anginku tak membawaku ke CPNS demikian juga suamiku, yah, rejeki orang berbeda-beda. Toh dengan menjadi pengusaha juga bisa punya mobil dan rumah, aamin, Iya kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Owh gitu iya mbak.

      Rezeki dan karir seseorang berbeda-beda, tergantung orang tersebut nentuin dan jalanin.

      Aamiin semoga usahanya berjalan lancar iya mbak. Hehe

      Delete
  13. Sekarang lagi buka pendaftaran CPNS tu, ayo daftar :D

    ReplyDelete
  14. somehow agak jijik yg ngeliat PNS kayak sampah
    tapi salut banget liat PNS yg dedikasinya masha allah, terutama yg dati honorer dulu
    semoga hasil CPNS tahun ini bisa menghasilkan PNS yang berkualitas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, mudahan PNS tahun ini, banyak yang berkualitas.

      Delete
  15. bener-bener, semua pengen jadi PNS itu karena bisa gadai SK dan dapat duit puluhan juta terus buat beli rumah.. gadai SK lagi buat beli mobil... padahal mah, riba.. T.T

    ReplyDelete
  16. PNS itu memang keren, langsung dibawahi pemerintah.. nggak sedikit juga kan yang awalnya PNS terus jadi naik ke instansi pemerintahan. Tapi sayangnya, kasus PNS-PNS 'MALAS' jaman sekarang terlalu buanyakkk.. maunya digaji, disuruh kerja malah shopping..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gitu lah, kita doain aja mudahan kedepannya kinerja PNS akan lebih baik.

      Delete
  17. Klodi kampungkumasih diagung agungkan nih sep, hehhehe
    Ya semacam yang sepuh sepuh suka masih seneng nasihatin biar coba coba ndaftar wkwkkw
    Tapi ya liat aja rejekinya ada di mana, sapa tau kita mang rejekinya bukan di jalur ini hoho

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul mbak nita.
      Rezeki udah ada yang atur, tidak harus juga jadi PNS

      Delete
  18. kalo aku mau, pasti sekarang udah jadi pns ato minimal sekolah S2 di luar negeri setelah jadi dosen di universitas keren... tawarannya sih waktu itu aku bakalan langsung jadi dosen, tapi kenapa aku gmw ya. wakakaka.. bukan jalannya sih....

    disuruh ngelamar cpns pun aku gak mau.. males gt... napa sih harus dipaksa2 buat nentuin hidup....

    (ee malah curhat)

    ya sekarang ajdi blogger sambil ngegambar buat sambilan... hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah keren nih, mantap mas, lanjutkan hehe

      Delete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...