Friday, July 13, 2018

Jalan - Jalan Ke Pantai Trikora, Tradisi Hari Raya Idulfitri



Assalamualaikum,

Libur lebaran. Di tulisan ini, gue akan bercerita sedikit tentang libur lebaran Idulfitri di tahun 2018 ini.

Yaps di libur lebaran yang kemaren, gue bersama teman-teman di perumahan tempat tinggal gue. Kami berkesempatan mengunjungi pantai Trikora, sebuah pantai atau bisa dibilang tempat wisata yang ada di Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Tempat ini ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara, terutama wisatawan lokal kayak kami ini. Apalagi pada saat libur lebaran, sudah pasti wisatawan lokal kayak gue dan yang lainnya berwisata ke pantai trikora ini.



Pantai Trikora terletak di Desa Malang Rapat, Kabupaten Gunung Kijang, Pulau Bintan, Kepulauan Riau. Pantai Trikora merupakan salah satu pantai berpasir putih yang terdapat di pulau bintan dan merupakan salah satu pantai yang terindah yang dimiliki indonesia. Pulau bintan sendiri mempunyai banyak tempat wisata pantai yang cukup keren menurut gue, seperti yang ramai dikunjungi yaitu pantai Trikora, pantai Sakera, pantai Lagoii dan pantai yang gue kunjungi kemeren, yang gue ceritakan di artikel gue sebelumnya yaitu pantai Senggiling dan masih banyak pantai keren yang ada di Pulau Bintan, Provinsi Kepulauan Riau ini.



Sumber Gambar : Ini


Nah gue bersama teman-teman, memilih untuk mengunjungi pantai trikora ini.

Bicara liburan lebaran, mengunjungi Pantai Trikora merupakan agenda yang kami lakukan setiap tahun. Yaps setiap libur lebaran idul fitri kayak gini. Yah ini bisa di bilang merupakan sebuah tradisi bagi kami, untuk mengunjungi pantai trikora ini.

Biasanya sebelum berangkat, kami selalu berdiskusi dengan yang lain, pergi ke trikoranya kapan, lebaran keberapa ?. Setelah disepakati oleh teman-teman gue ini, akhirnya kami memutuskan untuk berwisata atau bisa dibilang di zaman now ini, gathering lah gitu, di lebaran ke empat, yaps. Saat itu pada hari Senin tanggal 17 Juni 2018 kemaren.

Bicara Pantai Trikora lagi, Nama pantai trikora sendiri, menurut sumber yang gue dengar sih, dari sejarah, orang sekitar dan artikel yang pernah gue baca, kenapa namanya dinamakan Pantai Trikora. 

Nama Trikora ini berasal dari nama Three corral, nama ini diberikan oleh seorang turis atau wisatawan asing, yang saat itu berkunjung ke pantai ini.

Nahh ada juga nih, yang menyebutkan dan penamaan Trikora ini Terkait dengan Tri Komando Rakyat. Pada saat pemerintahan Presiden Soekarno, beredar isu tentang Ganyang Malaysia, sebuah perseteruan antara Indonesia dengan Malaysia pada saat itu  dan Pantai ini, Trikora, karena merupakan pantai terluar di Indonesia, dijadikan tempat Pangkalan Militer, atau bisa disebut tempat parkir Kapal Perang Indonesia waktu itu. Yaps alhamdulillah perseteruan Indonesia dan Malaysia dapat terselesaikan dengan baik saat itu.



Oke, itu aja sekilas kenapa nama pantai yang gue kunjungi ini, namanya Pantai Trikora.


Lanjut kecerita, kami saat itu sepakat dan janjian untuk berkumpul disalah satu rumah teman gue yaitu pukul 7.30 pagi, dan sesuai orang indonesia, kami gerak mulai jam setengah sebelas siang. Yahh, kenapa jam keberangkatannya molor, dikarenakan yang ikut untuk pergi ke pantai trikora ini, orangnya atau teman-teman gue cukup ramai, kami kisaran lebih dari Dua Puluh orang. Jadi, harus menunggu semuanya berkumpul, baru kami semua gerak untuk menuju pantai trikora tersebut.

Setelah berkumpul semua, kami pun bergerak menuju pantai trikora ini. Jarak dari rumah gue menuju pantai trikora tidak lah cukup jauh, kami semua mengunakan sepeda motor, yahh kira-kira untuk nyampai di pantai trikora tersebut, waktu yang kami tempuh kisaran kurang dari satu jam'an lah.

Untuk akses jalannya mudah dilalui, jadi kendaraan apa saja bisa digunakan untuk ke pantai trikora ini.

Owh iya nihh, karena pantai trikora ini pesisirnya panjang, jadi pantai trikora di bagi menjadi beberapa bagian atau tempat, ada Trikora 1, Trikora 2, Trikora 3 dan trikora 4.

Nah kami memutuskan, memilih tempat paling ujung, yaps Trikora 4. Karena kalau trikora  Pertama dan yang lain, ini sudah pasti ramai yang mengunjungi. Jadi kami pilih tempat yang tidak cukup ramai lah, yahh, walaupun di tempat kami, bisa dibilang juga ramai yang datang kesini.







Pantai Trikora ini termasuk salah satu pantai untuk masuknya Gratis yang ada di Pulau Bintan. 

Fasiltas di pantai trikora ini bisa dibilang cukup komplit iya, yang pertama ada tempat pakiran motor maupun Mobil, nah untuk pakiran sendiri sebagian ada yang dikenakan biaya ada juga yang tidak dikenakan biaya. Tergantung tempat dan orang yang mengelola pantainya sih. 

Yang kedua, dipantai ini juga terdapat kamar mandi atau bisa dibilang tempat bilas lah iya ketika selesai berenang di pantai. Untuk masuk ke kamar mandi sendiri dikenakan biaya Rp. 2000,- Per Orang. 

Dan yang Ketiga ada Pondok yang tersebar di Pinggir pesisir Pantai ini. Nah biaya  sewa pondok satunya sekitar Rp. 40.000,-. Tapi ding dikarenakan Liburan, jadi banyak yang mengunjungi, kami saat itu dikenakan biaya Rp. 50.000,- Per Satu Pondok. Pandai nih Pengelola Pantai Nyari Uang. hehe. 

Terakhir disini juga ada yang sewa alat untuk berenang, seperti salah satunya, ban bekas yang dijadikan Pelampung untuk berenang di pantai trikora ini.






Setelah sampai dipantai trikora, agenda yang kami kami lakukan disana yaitu berkumpul bersama dan mengadakan acara bakar-bakar. Yoyo kami dari rumah sudah menyiapkan beberapa bekal atau peralatan untuk acara bakar-bakar. Jadi setibanya di pantai, kami langsung mengadakan acara bakar-bakar. Dan setelah Ikan dan jajarannya selesai di bakar. Kami semuapun dengan sesama dan ramai-ramai, menyantap hidangan yang telah di sediakan tadi.







Nah setelah selesai makan bersama, agenda kami selanjutnya, yaps sudah di pantai apalagi kalau bukan berenang di pantai, sambil bermain ombak kecil di pantai trikora ini.

Dan lagi - lagi, sebetunya ada sih yang kami lakukan di pantai trikora ini yaitu Bermain Bola Kaki di pantai, yooo dipantai trikora ini karena pesisirnya luas, jadi bisa untuk bermain bola kaki di pantai ini. Tapi ding dikarenakan kami tidak membawa bolanya, yah jadilah hanya berenang di pantai trikora ini.








Owh iya, cuma mau ngingatin buat pengunjung baru, yang baru berkunjung atau yang punya rencana untuk mengunjungi ke pantai Trikora ini. Di pantai Trikora terkenal dengan pantainya yang bagus, tapi juga di pantai trikora ini, jika kalian ingin berenang, harus hati-hati iya. Karena bisa dibilang tempat dan pantai ini sudah banyak orang yang tidak hati-hati, tenggelam dan meninggal di Pantai trikora ini.

Pantai trikora terkenal juga dengan ombak yang cukup tinggi, apalagi pada saat musim hujan. Jadi hanya sekedar saran saja, bagi yang ingin berenang di pantai trikora ini, yah kita harus berhati-hati dan harus mengikuti peraturan batas berenang di pantai trikora ini.

Tapi tenang sih, kalau kita menikmati pantainya dan mematuhi aturan yang telah tersedia, kita akan lebih bisa leluasa untuk menikmati pantai trikora ini.

Nah untuk sekarang, jika sudah masuk musim liburan, yang pastinya pantai trikora ini ramai dikunjungi. Nah di pantai ini pasti sudah ada yang jaga, baik itu dari penjaga pantai, maupun Polisi Air yang setiap saat patroli keliling pantai, supaya menjaga kenyamanan pengunjung pantai trikora ini.


Mereka dengan sigap, apabila para pengunjung sudah melewati garis berenang di pantai trikora dan menyuruh pengunjung untuk menepi ke pantai.





Nah setelah selesai berenang dan bermain ombak di pantai trikora ini, kami pun beriatirahat sebentar dan kemudikan mengemas bekal yang kami bawa tadi dan lagi dikarenakan juga sudah sore, waktu menunjukan jam Lima sore, jadi kami semua memutuskan untuk pulang kerumah. 

Nah lagi, yang juga sudah menjadi tradisi kami, sebelum pulang dan meninggalkan pantai trikora ini, kami berkumpul dan mengabadikan sebuah Photo, Photo bersama dengan latar belakang pantai trikora ini. Nah photo ini ibaratkan photo tahunan kami saat mengunjungi pantai trikora.






Okelah, itu aja ceritanya Tradisi jalan-jalan ke pantai Trikora. Terimakasih yang sudah bersedia membaca tulisan ini dah.


Bonus Video :

View this post on Instagram
A post shared by ๐Ÿ‘คSeptian Dwi Cahyo (siUnthel) (@septiandwicahyo04) on


Sampai Jumpa lagi ditulisan selanjutnya ๐Ÿ˜€

47 comments:

  1. Mantaaap .. seru-seruannya di pantai Trikora ...

    Dekat ya ditempuh dari rumah kamu,mas.
    Keren pula pantainya ๐Ÿ‘

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, lumayan dekat tempatnya :-)

      Delete
    2. Satu lagi yang bikin kesengsem ... beaya menginapnya murah, cuma 40K semalam.

      Keren itu, sob ๐Ÿ‘

      Di pantai sekitaran Yogya penginapannya sudah 75K.

      Delete
  2. wih barusan aku lihat secara dekat cantik nian

    ReplyDelete
  3. pantai trikora emang keren banget, terakhir kesana sama rombongan temen temen alumni, widiihhh rekomended banget dah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, salah satu pantai yang rekomended untuk dikunjungi.

      Delete
  4. Seru sekali sepertinya ya? Kalau pergi rame-rame begitu emang seru sih.

    ReplyDelete
  5. Nama asal nama pantainya ini lo yang perlu luruskan, kira-kira yang benar yang mana? apakah pemberian turis asing itu atau memang benar-benar mengambil nama dari sejarah trikora.
    Biasanya nama pantai itu kan mengacu pada nama daerah sekitarnya.
    Pasir putihnya ini lo, sungguh menggoda.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha, iya sih.
      Sebetulnya harus gitu, namanya sesuai dengan daerah sekitar.

      Delete
  6. Indahnyaaa

    Wah seru banget bisa mantai bareng-bareng

    Pengennn

    ReplyDelete
  7. Asik, indah sekali, Mas..
    kalau udah ngomongin pantai mah duh betah banget pokoknya. Terlebih rame-rame datangnya, disana bisa bakar-bakar lagi..du.du.du..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih ndi, main di pantai emang bikin betah lama-lama ๐Ÿ˜Š

      Delete
  8. Ramai banget mainnya ahhahhaha. Kompak. Jadi seru pas bakar ikan bareng, makan bareng :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru seru-seruan sama teman-teman sekalian bakar ikan, haha ๐Ÿ˜๐Ÿ˜„

      Delete
  9. Wooww!! Pantai Trikora cukup menarik juga yaa!! Dan dari gambar2 diatas yang saya lihat ...kayanya tuhan pantai lebih enak buat main Volly..atau Futsal juga menarik biar tambah ramai suasananya...๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜„๐Ÿ˜„

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pesisir pantai yang luas memang enak untuk main volly ataupun futsal, hehe๐Ÿ˜„

      Delete
  10. Terakhir maen ke pantai kira-kira 5 tahun lalu mas.. udah lama bangeett..

    Pantai Trikora ya namanya, lumayan bersih dan ombaknya sepertinya aman buat erenang, gak terlalu besar... semoga suatu saat nanti berkesempatan berkunjung ke sini, kebetulan ada family di Riau, hehee..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mas nanti mampir ke pantai trikora iya ๐Ÿ˜

      Delete
  11. awalnya aneh kenapa jadi pantai. eh tenryata emang ada sedikit nymabung kisahnya. Kalo pergi ke pantai sudah pasti rame mas. main air sudah. apalagi sambil bakar - bakar ikan begitu wehhh enak banget

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi ramai-ramai mas, bakalan tambah seru, hehe.

      Delete
  12. Nggak enaknya kalau pergi terlalu ramai itu ya begini. Janjian jam berapa, e molornya bisa berpuluh-puluh menit, atau bahkan berjam-jam. Tapi seru sih...Bisa haha hihi bareng temen sekomplek :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya, kalau rama gini, kita suka nungguin orang, terkadang sudah di tungguin ehh malah tidak jadi ikut.

      Iya ramai-ramai emang seru nu.

      Delete
  13. wah ini kegiatan favorit ku
    ke pantai rame rame terus bakar bakar dan nginep sampai malem wah asik banget pastinya

    ReplyDelete
  14. Sama kayak Mbak Sarah dooonk juga ke Pantai Trikora pas libura lebaran hehehe. Asyik ya kalau difoto dari atas (pakai drone). Kapan-kapan ke Flores, ke Wisata Alam Taman Laut 17 Pulau Riung ... asyik sekali di sana huehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya.

      Mudahan bisa mengunjungi flores dan taman laut 17nya.

      Delete
  15. Wedan 20 orang, bener-bener keluarga besar! Aku lebih percaya dengan penamaan Trikora karena lokasinya sebagai titik terluar, hehe.

    Ternyata nggak cuma pantai selatan yang ombaknya ganas, ombak di Bintan pun harus diperhatikan ya.

    thetravelearn.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas, kita juga harus memperhatian keadaan alam disekitar, biar tidak terjadi yang tidak di inginkan.

      Delete
  16. Ya ampuuun,muka2 bahagia semua tuuh!!! Dudududu, ku juga pengen dong mantai sekalian bakar ikan begitu, apalagi ramai2 bisa seru2an main air

    ReplyDelete
  17. Enak kalo rumahnya deket pantai, kalo di tengah kota seperti saya mah butuh effort buat kesananya haha

    ReplyDelete
  18. Trims udah sharing, keren info kenapa dinamakan tri kora hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama, terima kasih juga telah mampir ke blog ini๐Ÿ˜‚

      Delete
  19. Pantainya bagus banget apalagi ke pantainya bareng-bareng gitu tambah serulah pasti :)) Bisa dibuat ngecamp gitu nggak sih disana? Hehe. Udah lama nggak ke pantai huhu.

    ReplyDelete
  20. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  21. cantiik banget pantai dan pasirnyaaaa :) pengen ke sana :D

    ReplyDelete
  22. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...