Saturday, November 22, 2014

Tugas : Sistem Informasi Akuntansi



UAS Sistem Informasi Akuntansi

NAMA : Septian Dwi Cahyo            

MATA KULAH    :  Sistem Informasi Manajemen
NIM : 100462201138               

KELAS :  Akutansi - 5.03
PRODI / FAK : Ekonomi / Akutansi          

 Hari / Tanggal  : 24-DESEMBER-2012
Dosen  : Tumpal Manik,,S.Pd,M.Si 
Soal ujian  : Genap 1-2-4                     

Metode Ujian : Take Home


1. Aplikasi ERP (Enterprise Resource Planning) perusahaan manufactur (pabrikasi) terdiri dari divisi Produksi, Pembelian, Persediaan, Distribusi, Penjualan, Akuntansi dan Keuangan, HRD. Rancanglah aplikasi ERP proses pembelian bahan baku – produksi – barang jadi dan penjualan.

JAWAB

1.  ERP  (Enterprise Resource Planning) mengintegrasikan berbagai department dan fungsi dari seluruh perusahaan ke dalam satu sistem aplikasi terintegrasi yang terhubung ke satu database tunggal sebelum merancang ERP Terlebih Dahulu  Kita harus menemukan Visi dan Misi untuk menghasilkan suatu produk,pengembangan produk, proses produksi, sampai distribusi kepada konsumen.

Jadi rancangan ERP Untuk Perusahaan Manufaktur 
yang pertama akan di lakukan adalah merancang proses pembelian Bahan baku yang akan di produksikan dengan menggunakan proses ERP Prusahaan manufaktur memesan bahan baku yang harus dikoordinasikan dan  mampu memilih barang yang berkualitas,dengan proses ini perusahaan manufaktur dapapt menghidari pemborosan waktu (datang terlalu awal) sambil memastikan bahwa bila terjadi kondisi kehabisan stok tidak akan menggangu proses produksi.

Tujuannya : Menjamin bahwa bahan baku mencukupi selama proses produksi

Dan setelah Proses bahan baku dinyatakan cocok dalam perusahaan manufaktur dan barulah Membuat Rancangan produksi.

Rancangan ini perusahaan telah mengetahui produk mana yang akan mereka pasarkan Proses ERP nya manufaktur mampu  mengembangkan produk menyangkut tingkat kompleksitas desain produk,kandungan teknologi, fleksibilitas, biaya produksi, kualitas, dan lain-lain.

ERP ini juga membantu prusahaan untuk mendisain produk untuk berinteraksi dengan modul-modul lain (seperti, piutang, utang, pembelian, dll), paket software komersial ini mendukung kebutuhan informasi seluruh organisasi, Selanjutnya tujuan manufakturing berfokus pada cara-cara di mana sistem manufaktur itu akan memberikan suatu keunggulan kompetitif untuk perusahaan

tujuan operasionalnya : Mempertahankan inventori yang tersedia dengan tingkat terendah yang masih mungkin bisa di produksi

Dan rancangan yang terakhir adalah barang jadi dan proses penjualan
Dan cangan ini sangat penting bagi perusahaan manufaktur dgn Fungsi ERP nya  harus mampu menghitung berbagai permintaan sumber daya yang diperlukan, menjadwal produksi, mengelola perubahan yang terjadi pada konfigurasi produk, memungkinkan perubahan produk yang terencana untuk masa mendatang, dan memantau proses di lantai produksi. Selain itu ERP juga menyediakan interface untuk entry order, penerimaan uang, pengadaan barang, dan fungsi pengeluaran uang yang disertai dengan kemampuan pelaporan majerial dan keuangan

tujuannya :
•    Membantu mencapai tujuan jangka panjang yang strategis
•    Membantu mengelola perubahan (contohnya, pengembangan produk baru atau pengembangan produk khusus bagi pelanggan atau oleh vendor)
•    Fleksibilitas dalam proses produksi
•    agar memberikan barang yang berkualitas dan bermamfaat bagi konsumen


  2. Pemanfaatan teknologi e-business dan e-commerce serta pembuatan promosi melalui website di Indonesia untuk sekarang ini telah berkembang. Hal ini disebabkan infrastruktur yang ada saaat ini sudah memadai, ketersediaan pekerja yang ahli tentang teknologi informasi (IT) cukup meningkat secara signifikan. Perkembangan teknologi informasi yang sangat dramatis dalam beberapa tahun terakhir telah membawa dampak transformational pada berbagai aspek kehidupan, termasuk didalamnya dunia bisnis. Jelaskanlah menurut pendapat anda:
a. Pengendalian Transaksi e-busines dan e-commerce

b. Pengendalian transaksi online yang terhubung dengan komputer perusahaan agar terhindar
dari para pelaku kejahatan melalui internet dan pencurian data perusahaan

  JAWAB

  2. Jawabanya

  A.  Menurut Pendapat Saya  = Pengendalian Transaksi e-busines dan e-commerce dalam dunia bisnis yang dilakukan adalah kita atau penguna harus mengetahui dulu pengertian tentang teknologi yang sedang berkembang saat ini seperti e-busines dan e-commerce dan mengetahui ke kegunaan,keuntungan,dan kelemahan dari sistem ini

e-busines Merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas serta terpenting dan terbesar dari e-business adalah ecommerce, dimana berbagai aktivitas transaksi jual beli dilakukan melalui medium internet.

pengertian e-commerce yaitu berhubungan denganpembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet khususnya World Wide Web.
Kegunaan : mengizinkan produsen untuk menjual produk-produk
dan jasa secara online. Calon pelanggan atau konsumen dapat menemukan website produsen,membaca dan melihat produk-produk, memesan dan membayar produk-produk secara online.

kelemahan : bagi produsen adalah produsen tidak mengetauhi konsumen mana yang akan membeli produknya,dan bagi konsumen, konsumen tidak mengetaui kualitas produk yang akan dia beli maka itu transaksi ini rawan penipuan.

Dengan kita mengetahui pengunaan dan kelemahan maka kita dapat mengendalikan Transaksi ini  dan dapat menangani resiko yang akan terjadi dalam mengunakan teansaksi ini. 


  B.   Pengendalian transaksi online yang terhubung dengan komputer perusahaan agar terhindar dari para pelaku kejahatan melalui internet dan pencurian data perusahaan
menurut saya : perusahaan harus memiliki sistem keamanan yang memadai agar tidak terjadi kejahatan

yang pertama kita harus memiliki operating system security progam untuk mengendalikan sistem keamanan komputer,dan dengan perusaahn memiliki sistem ini perusahaan dapat mengontrol data penting perusahaan tsb atau memastikan bahwa sudah mengunci router dan mengenkripsi informasi terhadap mata-mata.

Mengawasi pushing/pencurian data dengan cara memberi tahu karyawan untuk waspada terhadap situs yang meminta informasi. Sebagai contoh, jika sebuah situs web meminta Anda untuk memasukkan nomor keamanan sosial maka situs ini pasti phishing

Dan perusahaan harus memamfaatkan keunggulan dari teknologi informasi (IT)
Deep Discovery yang memiliki kemampuan mendeteksi adanya kecurigaan yang muncul dari URL atau dari internet protocol (IP) address. 

dan menurut saya dengan cara ini kita dapat mengendalikan transaksi online yang terhubung dengan komputer perusahaan agar terhindar dari para pelaku kejahatan melalui internet dan pencurian data perusahaan


 4. Fasilitas kemajuan teknologi informasi membutuhkan pengendalian yang berhubungan dengan prinsip keandalan dan keamanan data SIA. Untuk meminimalkan waktu dan kegagalan sistem informasi akuntansi, jelaskan menurut pendapat anda : ancaman, resiko dan strategi pengendalian yang tepat untuk saat ini (pilih tiga soal di antaranya)

a. Pengendalian Sumber Data
b. Pengendalian pemrosesan dan penyimpanan data
c. Pengendalian Entry Data On-Line
d. Pengendalian Transmisi Data
e. Pemisahan tugas dalam fungsi sistem

JAWAB

4.

 A. Pengendalian Sumber Data

Ancaman / Risiko
Input data yang tidak valid, tidak lengkap, tidak akurat 

# cara Pengendaliannya : Desain formulir, pre-numbered form, turn-around documents, validasi login

  C. Pengendalian entri data on-line 
Ancaman / Resiko
Input transaksi tidak valid atau tidak lengkap yang dimasukkan melalui terminal on-line    

#Pengendaliannya : Pemeriksaan field, batasan, jangkauan, kelogisan, tanda, validitas, dan data yang redundan

B. Pengendalian pemrosesan dan penyimpanan data
Ancaman / Resiko
Data yang tidak akurat atau tidak lengkap dalam file utamayang diproses oleh komputer 

#cara mengendalikannya : Kebijakan dan prosedur, pengawasan entri data, rekonsiliasi, pengamanan data, pengendalian konversi data.

 

 


No comments:

Post a Comment

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...