Thursday, December 18, 2014

Balada Mahasiswa Tingkat Akhir

             Assalamualaikum
Kali ini Gue ingin menulis dan membahas tentang balada mahasiswa tingkat akhir. Mahasiswa tingkat akhir itu adalah  mahasiswa yang sudah berada di semester pengujung belajarnya di perguruan tinggi yang ia jalani, banyak hal-hal yang terjadi pada mahasiswa tinggkat akhir, baik itu kejadian baik maupun buruk, maka dengan itu, saya akan membahas tentang balada mahasiswa tingkat akhir .
***



Mahasiswa akhir itu  katanya tuhan selalu bersamanya, mahasiswa akhir itu selalu mempunyai banyak cara yang di lakukan, selagi dia masih menempuh pendidikan di perguruan tinggi, Sebagai mahasiswa tingkat akhir, tugas terakhir yang di lakukannya ialah  membuat karya ilmiah yang di sebut dengan SKRIPSI, kalo sudah ngomongin tentang skripsi, banyak pandangan mahasiswa tentang yang namanya Skripsi, ada yang menganggap nya sebagai tantangan, ada juga yang menganggap sebagai Musibah bagi mahasiswa tersebut, mengapa demikian, karna banyak hal -hal yang dihadapi dalam pembuatan Skripsi itu sendiri.

***


Dan hal yang paling parah lagi Skripsi itu dianggap tugas yang paling menakutkan bagi  sebagian mahasiswa. Seperti gambar disamping ini, yang jadi pertanyaan " Apakah Skripsi itu semenakutkan begitu,? apakah sebegitu menyeramkan untuk membuat yang namanya skripsi.

maka dengan itu, dalam tulisan gue ini, yang ingin gue bahas adalah tentang skripsi dan bagai mana suka dan duka dalam pembuatan skripsi tersebut.

***

Bagi mahasiswa yang dalam pembuatan skripsinya lancar-lancar aja macam jalan tol, tidak memiliki beban yang berat terhadap yang namanya skripsi, tapi ada juga mahasiswa tingkat akhir yang  memiliki banyak hambatan dalam pembuatan yang namanya skripsi, sehingga skripsinya  gak kelar-kelar. 


***

         Okkeee yang pertama yang akan di bahas adalah SKRIPSI , skripsi adalah sebuah tugas akhir yang isinya sebuah tulisan karya ilmiah yang terdiri dari Bab1: sebagai pendahuluan, Bab2 : sebagai isi dari skripsi tsb ato tinjauan pustaka, bab3 : Berisi tentang Metode penelitian bab4 : Pembahasan dari penelitian yang di teliti dari skripsi, Bab 5 : hasil atau kesimpulan dari skripsi kita dan bonuss Halaman Lampiran, yang proses pembuatannya terdapat yang namannya dosen pembimbing, revisi, seminar proposal dan tahap terkhir yaitu hal yang paling fatal adalah  sidang skripsi suatu penentu mahasiswa tinggkat akhir dalam karirnya, yah diralat bukan karir tapi hasil dari belajar selama 4 tahun atau  kalo masi kangen sama kampus 5 tahun bisa juga bonus macam gue.( jangan di tiru ).
***
yang ke-2 JUDUL SKRIPSI, judul skripsi adalah hal yang paling penting dalam pembuatan sebuah skripsi, karna dari judul ini lah yang menentukan seberapa bisa mahasiswa dalam mengerjakan skripsi tsb.


***


Selanjutnya DOSEN PEMBIMBING, dobing adalah orang yang akan membantu kita dalam pembuatan skripsi, agar kita dapat membuat skripsi dengan baik dan benar tapi ada beberapa hal yang sering di lakukan dosen pembimbing terhadap mahasiswa nya pada saat bimbingan skripsi :


1#  2 dosen pembimbing yang memilih 
teori-teori berbeda yang dapat 
membingungkan mahasiswanya


2# "Konsultasi Skripsi" Banyaknya alasan 
yang membuat mahasiswanya 
tak ngerti


3# Janjian Sama dosen pembimbing

4# Menunggu Dosen ??
  dan mungkit banyak lagi kebiasaan dosen 
terhadap mahasiswanya

***          
Next kalo udah ngomingin tentang dosen berarti tahap selanjutnya adalah REVISI , revisi adalh suatu perbaikan – perbaikan dalam menulis skripsi yang di anggap dosen tidak terlalu penting di tulis katanya. 

1# Terkadang mahasiswa harus menghabiskan waktunya hanya untuk yang namanya "REVISI" 


2# Terkadang kita harus mengulang, memperbaiki skripsi kita lagi dan lagi, terkadang ada betulnya dosen merevisi skripsi kita jadi ambil positif nya demi kelancaran sebuah skripsi
          

















Kalo revisi sudah di setujui dosen pembimbing, yang mahasiswa jaman sekarang disebutkan dengan nama ACC barulah bisa ke tahap akhir yaitu SIDANG SKRIPSI, dalam sidang skripsi ini kita harus berhadapan lagi dengan yang namanya “DOSEN PENGUJI’’ dosen penguji yang menjadi benteng terakhir mahasiswa dalam mandapatkan gelar sarjananya. kriteria dosen penguji yang di sukai oleh mahasiswa adalah dosen yang tidak terlalu banyak bertanya tentang skripsi mahasiswa tersebut, dan kalo ada yang di suka pasti ada juga yang tidak disukai oleh mahasiswa, yaitu dosen penguji yang selalu memberikan tanggapan sinis tentang skripsi yang di buat mahasiswa,mahasiswa tersebut memberi nama dosen tersebut dengan DOSEN KILLER.



kata itu adalah kata yang di buat oleh mahasiswa terhadap dosennya, kata dosen killer saya sebagai penulis belum menemukan arti yang siknifikan terhadap julukan tersebut. berikut ini karakter atau kebiasaan dosen killer tersebut.


***

Yang terakhir adalah Saat penentuan dalam hidup mahasiswa adalah SIDANG SKRIPSI, sidang skripsi ini merupakan titik akhir perjalanan dari mahasiswa tingkat akhir untuk sampai ketahap ini, perjuangan mahasiswa sangat lah berat dari belajar tentang cara membuat,menyusun sebuah laporan yang namannya skripsi, lalu mahasiswa di haruskan memilih judul penelitian yang di setujui dosen pembibing, dan melakukan konsultasi tentang skripsi ke dosen pembimbing, kemudian harus melakukan revisi yang berulang-berulang lagi, sampai memenuhi keriteria dosen pembimbing, terakhir setelah mendapatkan tanda tangan dosen yang di sebut dengan ACC, barulah kita bisa sampai ketahap yang namanya sidang skripsi.
***

Nga sampai situ aja, perjuangan mahasiswa belum berakhir, mahasiswa harus berhadapan dengan yang namanya  DOSEN PENGUJI, dosen penguji inilah yang akan menentukan karir dari mahasiswa tingkat akhir, apakah mereka ( Mahasiswa ) dapat melakukan rintangan terakhir ini..


***

Terkadang semua dapat sesuai dengan harapan, mahasiswa mampu menjawab pertanyaan pada para dosen penguji, terkadang semua hal yang di harapkan mahasiswa tidak sesuai harapan yang mahasiswa pikirkan, contohnya sebagai berikut :


Tapi itu semua tak kan terjadi apabila mahasiswa  mau  melakukannya dengan bersungguh-sunguh, dan yakinlah "SETIAP KESUSAHAN PASTI ADA KEMUDAHAN' dan dari perjalanan itu kalian akan mendapatkan gelar dari jurusan yang kalian pilih dan WISUDA adalah kata yang akan kalian dapat dari perjuangan kalian selama kuliah dan 



***

                    " Selamat WISUDA "


  • Sumber gambar didapat dari : google , @kampusholic , @komikkampus
                       

2 comments:

  1. Nice Info Jangan Lupa http://jasabimbinganskripsisurabaya.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  2. NIce POst Jangan Lupa Kunjungi http://jasapembuatanskripsimurahsurabaya.blogspot.co.id

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :-) JANGAN LUPA TINGALKAN JEJAK YA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...