Monday, December 29, 2014

Lagi - lagi ditawarin Bisnis MLM | Daily Life



Hello teman-teman, Gue mau nanyak sesuatu neh. apakah disini ada yang tau tentang bisnis MLM ?? apakah bisnis ini menguntungkan ?!!

Bisnis MLM ini, sekarang lagi banyak merambah di kalangan masyarakat terutama kalangan mahasiswa.

Apa sih MLM itu ?? apakah sebutan singkatan dari malam, sepertinya bukan. Apakah singkatan dari malu lu malu, bukan juga. Menurut pencarian di google yang baru gue dapati, MLM yaitu merupakan singkatan dari Multi Level Marketing. Suatu sistem marketing yang membangun jaringan dari suatu perusahaan untuk menjual produk tertentu dan pelaku bisnisnya akan mendapatkan imbalan yang luar biasa dari uang berlimbah hingga mobil mewah. 

Penjelasan singkat seperti ini, seseorang menawarkan dan menjual produk sekalian merekrut member sebagai konsumen. Jika dapat konsumen yang sekalian dijadikan member, orang tersebut atau karyawan di perusahaan MLM tersebut akan mendapatkan bonus, jika orang yang dia rekrut berhasil mencari orang lain, untuk hal yang sama dia lakukan, makan bonus orang yang pertama tadi akan bertambah besar. Dan begitulah kira-kira *ini  menurut gue ya.


Dan penjelasan lain, yaitu sistem perekrutan orang untuk menjadi membernya. Sebuah bisnis menjanjikan income atau keuntungan yang tidak masuk akal bagi para calon member, tidak tanggung-tanggung yang dijanjikan itu kapal pesiar, pesawat, mobil serba rumah mewah, paling tidak katanya mobil sejuta umat "Xenia atau Avanza". Kalau kita bergabung, katanya bisa jalan-jalan keluar negeri atau ketempat-tempat wisata yang terkenal di Indonesia.

Mungkin itu adalah alasan yang membuat pemain/member  terpincut untuk menggeluti bisnis ini.

Sekarang yang ingin di bahas dalam artikel ini. dalamnya, Sedalam samudra. *wiss

Disini gue mau jelasin iya, gue bukan mau memgajak kalian ( para pembaca ) untuk bergabung dalam bisnis ini, bukan dan gue tidak ada bermaksud untuk jadi agent MLM. Disini, gue juga tidak tertarik sekalipun dalam bisnis ini. Jadi di tulisan ini hanya pendapat gue (Opini).

Jadi Kenapa buat artikel tentang ini ?

Awal ceritanya begini, banyak yang ngajakin gue untuk ikutan menjadi bagian dari bisnis MLM tersebut. Bukan hanya satu, bahkan lebih sampai tumpeh-tumbeh yang ngajakin gue untuk masuk ke bisnis MLM ini. Dari temen gue, sahabat gue, sampai orang yang tidak gue kenal pun menyuruh gue untuk jadi member dalam bisnis MLM ini.

Boleh dikata tiap hari terima telepon nanya sesuatu tentang bisnis yang ribet ini.

"Gimana bisa datang dipresentasinya ntar ?? "
"Gimana materinya??"
"Seru atau tidak ? "
"kapan join geng??"
Macam-macam lah pertanyaannya.

Seperti ini kayak gini :








Ini pengalaman gue
Disini, gue ingin bercerita sedikit tentang pengalaman gue yang ditawari Bisnis MLM.

Karena gue dulu orang awam yang belum tau tentang bisnis ini, jadi  gue ngikut aja lagi. Gue diajakin ketemuan dengan orang-orang bergelut dalam bisnis MLM ini. Gue ditawarin bukan hanya sekali tapi dua kali. *huft, 
gila sekali lagi gue dapat payung mungkin.  



Oke yang PERTAMA, awalnya gue diajakin sama temen gue, temen lama yang sudah jarang ketemu, lalu kami ketemuan,  setelah kami ketemuan gue diajaklah sama temen gue ini, ketempat kawannya, sebetulnya pass janjian mau ketemuan, sumpah gue tidak tau mau ngapain, dia juga tidak bilang kalo ada acara atau urusan. katanya cuma mau ketemuan aja.

Karena teman lama yang sudah lama tidak gue jumpai, untuk menyambung silahturami, jadinya yah gue memutuskan untuk ketemuan lah sama beliau.

Yahh gue ngikut aja. Singkatan cerita di bawalah gue ke sebuah markas mereka. Di situlah gue baru mengerti maksut dan tujuan teman gue mengajak gue untuk ketemuan. 

Gue ditawari dengan salah satu prodak dari bisnis MLM mereka itu, disitu gue ketemu sama leader atau pemimpin mereka dan ternyata eh ternyata, gue di prospek. Mulailah mereka berkoar tentang produk mereka, menerangkan tentang prodak MLM, agar gue mau jadi member mereka gitu, dengan enbel - embel dapat Mobil. gilak siapa yang tak mau mobil, Kapal Pesiar, Pesawat dan lain-lain.

Untungnya disaat itu, gue mulai sadar dan tidak menanggapin dengan serius bisnis tersebut. yah gue abaikan aja.

Kajadian nya persis seperti gambar (Ilustrasi) berikut :

Sumber Gambar : Kaskus


*pembahasannya yah tentang cara cepet sukses, cara gimana dapat uang banyak, cara cepat punya mobil, sampai dia bilang Rp 1 M itu harapan yang bisa di capai atau cuma mimpi, ya kalo gitu sama aja seperti pelajaran Akuntansi gue di kuliah cuma ngitung doang, tapi tidak pernah pegang uangnya atau (PHP) doang.

Yang ke - 2, lagi-lagi mau aja gue diajakin ke acara yang sama, acara yang begituan. 

Untuk yang kedua ini, ceritanya sama dengan yang pertama, teman gue mengajak gue ke sebuah acara di Hotel. Waw ini lebih mewah, yang kemaren di markas sekarang di Hotel. Yang ngajakin gue Ini beda orang yaa, bukan teman gue yang pertama tadi. Ini teman gue satu lagi, Dia tidak bilang juga ada acara apa, jadi sebagai teman yang baik, gue ngikutin aja lagi. Gue ketemuan lah sama beliau, kemudian gue diajak ketempat acara yang sama sekali gue tidak tau acaranya apa.

Sesampai di tempat acara, yang gue pikirkan saat itu hanyalah acara sukuran beliau, gue diajak ke sebuah ruangan gedung serba guna yang ada di hotel tersebut. Ehh ternyata, gue kembali lagi ke markas MLM yang ruangannya lebih besar, Dari yang pertama, ruangan gedung Serba guna. Dengan agenda seminar tentang bisnis dari MLM tersebut. Disitu keadaan pintunya ditutup, jadi yang ada di dalam ruangan itu hanyalah orang awam sebagai target konsumen, anggota dan leader dari bisnis MLM saja. ini yang ke 2 kalinya gue diprospek, dan hasil yang gue dapat dari seminar itu tidak ada sama sekali , hanya otak gue puyeng seperti di hipnotis atau pencucian otak (menurut gue ).

Ini beneran, gue seperti di hipnotis, bayangkan kalian didalam ruangan, pintu ruangan ditutup semua, didalamnya hanyalah kalian sebagai orang yang tidak tau sama sekali tentang bisnis MLM, kita diharuskan mendengarkan pidato dari narasumber yang pembahasan pokoknya tentang produk MLM tersebut.


Mayoritas didalam ruangan tersebut adalah para member. Salah satu leadernya berpidato, dia menerangkan bagaimana dia bisa punya Mobil, punya rumah, punya taik hidung yang besar. Lalu gantian temannya satu lagi bercerita tentang jalan-jalan ke eropa. Sumpah yang gue tangkap Dari pembahasan ini, hanyalah tentang Pamer kekayaan dan tentang khasiat produknya cuma sikit. Diawal doang. Lebih parahnya para membernya teriak-teriak tidak jelas, seperti Monyet. 

Yang gue tangkap mereka menyebutkan kata DASYAT berulang - ulang, waktu itu gue berpikiran akan datang Olga Syahputra Dan Raffi Ahmad yang di acara musik itu. Rupanya itu hanya mark Dan kata sesepuh  dari mereka.

Dari situlah gue mulai cari tau apa itu bisnis MLM, Dari pada gue kenak yang ketiga Kali-nya.

Sebelum gue memutuskan untuk bergabung atau tidaknya ke dalam bisnis tersebut, gue ingin mencari tau tentang apa itu bisnis MLM.

Dari penelusuran gue, berikut data yang gue dapat dari pencarian mesin Google dan para penghuni kaskus .

Menurut WIKIPEDIA

MLM adalah pola pemasaran langsung, dengan cara konsumen sebagai sebagai penyalur.

Menurut Kartun Ngampus

Target dari bisnis ini adalah seorang mahasiswa terutama mahasiswa yang awal atau baru masuk kesebuah universitas atau pun sekolah tinggi, seperti berikut :


Sumber : Kartun Ngampus

Sumber : Kartun Ngampus

Sumber : Kartun Ngampus

Sumber : Kartun Ngampus

Menurut lubangkecil.com

seperti berikut :

Sumber : Lubangkecil

Menurut Aceng watanabe 

Sumber gambar : Aceng watanabe 

dan berikut pandangan para blogger lain tentang bisnis MLM :



Dari situlah gue putusin tidak tertarik dengan bisnis MLM tersebut, yang paling menyakinin gue dari situs kaskus seperti berikut ini :




Alasan gue tidak memilih untuk mau bergabung ke bisnis MLM tersebut, adalah pertama Kali gue kenal dengan bisnis ini, gue sama sekali tidak tertarik. Apalagi dengan sistem marketing yang sepertinya, memaksa untuk bergabung dengan embel - embel hadiah kapal pesiar, yang telah gue Alami, dan sudah dijelasin diatas.

Terlebih lagi gue tidak suka cara temen gue ini, yang ikut bisnis tersebut, mengajak gue dengan tidak tudu poin, kalau ingin mengajak gue ke bisnis tersebut. Sampai gue harus dibawa-bawa ke acara seminar yang tidak jelas.

Sebenarnya kecewa, tapi yasudahlah. Itu juga sudah terjadi, jadi anggap aja pengalaman.

Terakhir, tulisan gue ini dibuat bukan untuk menjelekkan atau gimana, tapi hanya sekedar sharing tentang pengalaman mengenai bisnis MLM.

Jujur gue sangat dan sangat tidak tertarik dengan yang namanya  bisnis MLM ini, yang paling tidak gue sukai dari bisnis ini, adalah cara mereka mengajak untuk bergabungnya. Menurut gue mereka memaksa  secara halus untuk gabung, untung gue mulai sadar.

Untuk kalian teman gue, ataupun bukan, jangan ngajakin gue lagi , gue sangat tidak tertarik dengan bisnis ini, tapi jika kalian nganggap bahwa bisnis MLM ini menguntungkan bagi kalian, bisnis ini bisa membuat kalian sukses. Itu terserah dengan kalian sendiri, gue dukung kalian 100%, dan apabila ada kata yang tidak enak di baca mohon maaf ini hanya sekedar ungkapan Dari gue pribadi saja TERIMAKASIH 

2 comments:

  1. hahaha.. bagus.. mendign jualan barang yg pasti2 aja drpd ikut MLM :D

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...