Thursday, December 18, 2014

[OPINI] Tentang Kenaikan Harga BBM Bersubsidi




Dalam kenaikan harga BBM Bersubsidi ini, begitu banyak respon dari semua kalangan baik itu dari masyarakat biasa, para politikus, para Ekonom dan para mahasiswa pun ikut bereaksi tentang kenaikan harga bbm ini, ada yang mengkritik sampai menolak keras rencana tentang kenaikan harga bbm bersubsidi ini, para mahasiswa mengajukan aspirasi mereka dengan turun kejalan dengan menolak keras tentang adanya kebijakan pemerintah dgn kenaikan harga BBM, dan ada pula yang mendukung rencana kenaikan harga bahan bakar ini.


Nah dan sekarang mengapa gue nulis ke blog ini, karna gue ingin meluangkan aspirasi gue tentang kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi ini. Yah dari pada gue turun kejalan, demo masutnya seperti yang dilakukan mahasiswa sekarang ini, lebih baik gue nulis aspirasi gue, ke dalam blog gue ini, nga ada panas-panasan di luar, teriak-teriak itu pun kalo di dengar :-)

Oke sebelum gue menulis pandangan gue tentang permasalahan ini, sebelum gue mengomentari  kebijakan pemerintah, yang  gue harus mengungkapkan dan mengetahui dulu  ada apa dengan BBM,? Kenapa kenapa kenaikan harga BBM ini menimbulkan banyak sekali pro dan kontra di pandangan masyarakat ?,

langsung saja penjelasan yang gue dapat dari sumber yang mungkin terpecaya - - 

BBM Bersubsidi adalah bahan bakar minyak yang dijual kepada rakyat dengan harga di bawah harga bahan bakar dunia. Hal ini dikarenakan rakyat telah mendapatkan bantuan dana dalam bentuk potongan harga sebelum BBM sampai ke tangan konsumen. Potongan biaya tersebut termasuk dalam proses pengolahan minyak mentah hingga proses distribusi bahan bakar minyak ke tangan konsumen. Pemerintah menerapkan demikian karena BBM dinilai sebagai salah satu komoditas primer yang harus diberikan subsidi  agar daya beli masyarakat dapat ditingkatkan.

 Dampak besar dari kenaikan harga BBM  adalah :

  • Perekonomian Indonesia yang kian melejit.
  • Harga kebutuhan pokok naik.
  • Naiknya biaya transportasi dan inflasi.
  • Akan mengakibatkan semakin meluasnya masalah kemiskinan.
  • Akan mengakibatkan efek berantai terhadap harga kebutuhan pokok rakyat.
  • Akan memicu kenaikan harga barang lainnya.
  • Dapat memicu konflik sosial dalam masyarakat.
  • Memperparah masalah pengangguran, 

Beberapa alasan/pandangan orang kenapa menolak kenaikan harga BBM


  • Pemerintah terlalu terburu-buru menerbitkan kebijakan,
  • Pemerintah malas dan hanya mencari jalan pintas, akan mengakibatkan semakin meluasnya masalah kemiskinan.

Yang jadi perdebatan saat ini adalah kenapa pada saat harga minyak dunia melemah, tapi pemerintah tetap merencanakan kebijakan tentang kenaikan harga BBM itu sendiri. Kenapa harus menaikan harga BBM,? Apakah tidak ada solusi lain.


Next langsung ke aspirasi gue:

Kalau menurut Gue, Gue setuju dengan rancangan kebijakan pemerintah tentang kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi, asalkan pemerintah mampu mengoptimalkan hasil dari kenaikan BBM bersubsidi itu dan tidak disalah gunakan kebijakan tsb.


 Kenapa gue Setuju,?

Kenapa? karna gue pendukung jokowi bukan, bukan karna gue dijodohin sama anak jokowi yah ini lagi ya jelas bukan lah. Gue  menanggapi nya dgn berfikiran positif, dan meyakini diri gue bahwa pemerintahan yang sekarang akan mengelola hasil dari kenaikan harga BBM dengan sebaik-baiknya dan tidak merugikan rakyat kecil' .

Karna menurut gue sebagai seorang ekonom dan seorang mahasiswa yang masi menempuh pelajaran Ilmu ekonomi, dengan kenaikan harga bbm ini, akan dapat berdampak positif dari kenaikan harga BBM, dapat menyelamatkan APBN,  dan  bertambahnya penghasilan negara yang langsung dapat dialihkan ke sektor pelayan  kesehatan, Pendidikan, pertanian, sosial, ekonomi dan lainnya, dan dapat menghambat para oknum2 yang tidak bertanggung jawab dalam pencurian atau penggelapan BBM bersubsidi tsb,dan gue sebagai pengguna BBM, ya dgn cara menghemat dan mengefisiensikan dlm penggunaan BBM itu sendiri.

Dan alasan lain yang membuat gue setuju adalah, penjelasan (konsep) yang telah di buat pemerintah, cukup jelas bagi gue dan dapat gue pahami. yg penjelasanya  seperti berikut :
















* Menurut gue sih konsepnya dapat di mengerti.

Yang akan menjadi pertanyaan ?

Menurut gue, yang menjadi permasalahannya adalah apakah pemerintah sanggub menggelola hasil dari kenaikan BBM bersubsidi itu sendiri,?, apakah pemerintah tidak memamfaatkan keuntungan deri kenaikan BBM bersubsidi ini,? Apakah yang di lakukan pemerintah tidak merugikan masyarakat, dari sisi lain, dari kalangan masyaraka Indonesia adanya rasa ketidak percayaan masyarakat terhadap pemerintah yang selalu berpikiran sinis terhadap kebijakan-kebijakan yang telah di buat pemerintah sebelumnya, maka dengan itu.


Solusi yang ingin gue tulis  dari aspirasi gue,

Ko Ahok

Solusinya Menurut gue, 
                                            
yang pertama harus dilakukan pemerintah adalah memberikan rasa kepercayaan pada rakyatnya bahwa kebijakan pemerintah itu tidak merugikan rakyatnya.

selanjutnya pemerintah harus memberikan penjelasan yang se detail2 nya kepada semua kalangan masyarakat agar dapat mengerti tentang kebijakan-kebijakan yang di buat oleh pemerintahan itu sendiri.

Dan yang paling terpenting adalah pemerintah harus bersih dari yang namanya KORUPSI
dan selalu bersikap tranparan dalam kebijakan-kebijakanya agar kami sebagai masyarakat dapat mengawasi dan mengritik sendiri tentang kebijakan yang telah di buat pemerintah itu sendiri.

Permasalahan yang akan dihadapi ?

Mungkin menurut gue yang menjadi permasalahan dan membuat tentang opini kenaikan harga BBM ini menjadi sangat menakutkan dari kalangan kami sebagai rakyat Indonesia adalah “POLITIK” Kenapa gue bisa bilang politik?, karna politik berpengaruh besar tentang memberikan  pandangan kepada rakyat Indonesia baik itu bersifat positif maupun negative, yang jadi pertanyaan kok bisa,?

Oke gue akan jelaskan dari segi politik, karna dengan adanya politik orang bisa mendapatkan tahta yang dia inginkan, jadi orang malakukan berbagai cara agar dapat memuluskan ambisinya.

Untuk di Indonesia yang system pemerintahannya Presidensil, ini banyak tokoh-tokoh politik di dalamnya, ada yang namanya kubu pendukung pemerintah.

Dan  ada kubu penentang atau oposisi yang mereka sebut dengan pengawas pemerintah yang sebagai mana apabila pemerintah itu melakukan masalah mereka akan mengambil kesempatan tersebut untuk menjatuhkan pemerintahan yang sedang di pimpin lawan politiknya.

Yak kita masuk lagi ke pokok permasalahaan kenapa politik berpengaruh pada pandangan masyarakat,? yah karna itu setiap kebijakan yang di keluarkan pemerintah pasti memiliki pandangan pro dan kontra, yang membuat kondisi sekarang tentang harga BBM Bersubsidi tak lain dan tak bukan adalah atmosfir politik sekarang yang kian memanas, para kubu oposisi melakukan penolakan keras terhadap kebijakan tersebut, dan efeknya membuat pandangan masyarakat Indonesia pun menjadi pro dan kontra.

Itu aja mungkin pandangan gue tentang Kenaikan harga BBM bersubsidi, gue sebagai masyarakat indonesia hanya bisa memberikan solusi dan pandangan, kritik dan selalu berpikiran positif tentang apa yang ada dilakukan pemerintah sekarang , semoga kebijakan trsebut dapat di mamfaatkan oleh seluruh masyarakat Indonesia.Aamin


TERIMAKASIH TELAH MEMBACA OPINI GUE TENTANG " KENAIKAN HARGA BBM 

1 comment:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG :-) JANGAN LUPA TINGALKAN JEJAK YA

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...